BREAKING! Siswa Tenggelam di Siring Banjarmasin Akhirnya Ditemukan Selamat! bank bjb Raih Penghargaan Prestisius di Indonesia Financial Top Leader Award 2021 “Ritual Panggil Datu”, Siswa Hilang di Sungai Martapura Disebut Terjebak Detik-Detik Pembunuhan Brutal di Gambah HST, Korban Asyik Cabut Uban Mapolsek BAS HST Gempar! ODGJ Bawa Balok Ngamuk-Kejar Petugas

Pemkab Banjar Paparkan Dua Inovasi Unggulan di Ajang Kompetisi Pelayanan Publik

- Apahabar.com     Rabu, 14 Juli 2021 - 08:16 WITA

Pemkab Banjar Paparkan Dua Inovasi Unggulan di Ajang Kompetisi Pelayanan Publik

FOTO: Pemkab Banjar saat mempresentasikan inovasi unggulan dari Pemkab Banjar, pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2021 secara virtual, di Command Center Martapura, Selasa (13/7). Foto-apahabar.com/Istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar memaparkan dua inovasi unggulan dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2021 secara virtual, Selasa (13/7).

Kompetisi diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI.

Dua inovasi unggulan tersebut yakni, Jemput Bola Pelayanan Administrasi Penduduk (Jempol Pelanduk) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta Gerakan Bersama Realisasi Akses Sanitasi (Gebraks) dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjar

Di hadapan Tim Panel Independen yang dipimpin Prof Dr Eko Prasojo, Pemkab Banjar mempresentasikan dua inovasi unggulan tersebut.

“Inovasi Jempol Pelanduk dari Disdukcapil Banjar dengan tujuan memberikan pelayanan prima untuk masyarakat, dengan mendatangi langsung ke rumah warga yang sakit dan lansia,” kata Bupati Banjar melalui Kadisdukcapil Banjar, Azwar didampingi Sekda, Kepala Bappedalitbang dan Kadis PUPR.

Azwar melanjutkan, untuk mendapatkan pelayanan Jempol Pelanduk itu warga harus bersurat dulu ke Disdukcapil.

“Setelah mengirimkan surat, tim langsung mendatangi warga bersangkutan yang kemudian melakukan proses perekaman dan pembuatan e-KTP, sehingga mereka tidak perlu repot datang ke kelurahan kecamatan maupun Kantor Disdukcapil,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Banjar HM Hilman memaparkan inovasi ‘Gebraks’. Inovasi ini berlatarbelakang dari persoalan pencemaran sungai akibat limbah masyarakat dan lingkungan permukiman tepian, sehingga sungai kurang layak.

Dijelaskan Hilman, pencemaran sungai sudah menjadi permasalahan lama yang belum terpecahkan karena budaya masyarakat cenderung restricted.

“Oleh karena itu Dinas PUPR Banjar mengeluarkan kebijakan inovasi Gerakan Bersama Realisasi Akses Sanitasi dengan beberapa tujuan, di antaranya mengurangi pencemaran air sungai Martapura yang disebabkan air limbah domestik khususnya limbah tinja manusia,” kata Sekda Banjar.

Hilman menambahkan, tujuan lainnya untuk
mewujudkan partisipasi aktif pemerintah pusat, kabupaten dan desa, BUMD, swasta serta masyarakat dalam penyelenggaraan prasarana dan sarana air limbah yang baik.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kapolres Cup Banjar

Pemkab Banjar

Lama Vakum, Turnamen Tenis Kapolres Cup Banjar Kembali Cari Juara

Pemkab Banjar

Sekda Banjar: Kebocoran Pipa Air Masih Jadi Tantangan PDAM Intan
Si Melon

Pemkab Banjar

Tekan Kelangkaan Si Melon, Bupati Banjar Launching Kartu Kendali Elpiji Bersubsidi
PPKM Level III

Pemkab Banjar

Dilema PPKM Level III, Kabupaten Banjar Kurang Ribuan Vaksin
Opini WTP

Pemkab Banjar

8 Kali Berturut-turut, Pemkab Banjar Kembali Raih WTP
apahabar.com

Pemkab Banjar

Buka Grand Final Nanang Galuh, Bupati Banjar Ingin Pariwisata Tumbuh Berkembang

Pemkab Banjar

Pemkab Banjar Sembelih Delapan Sapi Kurban
DPRD Banjar

Pemkab Banjar

DPRD Banjar Mulai Bahas Raperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com