Mulai Esok, RS Idaman Banjarbaru Kembali Terima Pasien Baru PPKM Level IV: Banjarmasin Jauh Lebih Boros Ketimbang Banjarbaru Ssttt.. Satu Pembunuh Perawat RSDI Banjarbaru Lolos Penyergapan di Jawa Laut Cerita Relawan Banjar: Pahitnya Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan Bantu Pasien Isoman, Menteri Muhadjir Pantau Asman Toga di Banjarmasin Utara

Pengurangan Sampah Plastik Kurban, DLH Kalsel Siapkan Bakul Purun

- Apahabar.com     Senin, 19 Juli 2021 - 16:40 WITA

Pengurangan Sampah Plastik Kurban, DLH Kalsel Siapkan Bakul Purun

Ilustrasi besek. Foto-Liputan6.com

apahabar.com, BANJARBARU – Pengurangan sampah plastik terus digencarkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel demi keberlangsungan lingkungan Banua.

Pun pada pelaksanaan perayaan kurban Iduladha 1442 H yang jatuh pada, Selasa 20 Juli 2021 besok. Masyarakat diimbau agar mengurangi sampah plastik dalam membungkus daging dan diganti dengan bahan ramah lingkungan.

Kepala DLH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan besek sebagai pengganti kantong plastik untuk membungkus daging yang bakal dibagikan pada perayaan kurban besok.

“Selain itu, kami juga membagikan bakul sebagai alternatif lainnya,” ucap Kadis LH ditemui apahabar.com, Senin (19/7).

Hal ini sebenarnya, kata dia, tindaklanjut dari surat edaran (SE) Kementerian LKH RI dan SE Gubernur Kalsel.

“Timbunan sampah plastik ini masih jadi persoalan yang serius dan harus kita tangani bersama,” timpalnya.

Kepada para pemangku kepentingan, Hanifah menuturkan, juga panitia pelaksana kurban, agar kiranya dapat mengedukasi penggunaan besek atau bahan ramah lingkungan.

“Agar timbunan sampah plastik berkurang. Hal ini harus ada kesadaran masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, Hanifah menyebut, langkah ini sebagai pelopor bakul purun hasil olahan orang Banua.

“Selain pengurangan sampah plastik, ini juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

“Nanti juga kami adakan Satgas dalam pelaksanaan kurban di setiap kabupaten/kota,” tandasnya.

Sebelumnya, H-2 Iduladha 1442 H, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi penggunaan plastik pada pembagian daging kurban nanti.

Imbauan itu berdasar pada Surat Edaran (SE) Gubernur yang tertuang dalam Nomor 660/01050/DLH/-Tahun 2021 tentang pengurangan penggunaan kemasan plastik pada pembagian daging kurban Hari Raya Iduladha 1442 H.

Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan Iduladha dan sebagai komitmen upaya pemerintah daerah untuk mengurangi timbunan sampah plastik sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Nomor 18 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Sampah dan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 08 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Sampah.

“Pada masa pandemi Covid-19 ini, perlu kiranya memberi perhatian khusus terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah Iduladha,” ucap Safrizal, Minggu (18/7).

Mengenai penerapan prokes dalam penyelenggaraan Salat Id dan pelaksanaan kurban, kata dia, terutama dengan memperhatikan aturan zona.

Safrizal mengimbau, para pemangku kepentingan baik Lembaga/pemerintah daerah/organisasi kemasyarakatan dan panitia, agar melakukan pengurangan
penggunaan kemasan kantong, botol dan gelas berbahan plastik sekali pakai.

Lalu, mempelopori dan menerapkan penggunaan bakul purun, besek atau bahan lain berbahan ramah lingkungan sebagai kemasan pembagian daging kurban.

“Menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah, seperti tempat sampah terpilah di lokasi pelaksanaan salat Id dan pembagian daging,” imbuhnya.

Selanjutnya, melakukan penanganan/pemilahan sampah di lingkungan tempat tinggal/tempat pemotongan hewan kurban sesuai dengan pengkategorian sampah yaitu sampah organik dan sampah anorganik dan sampah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Mengelola limbah (darah, kotoran hewan qurban) hasil pemotongan hewan kurban dengan cara dimasukkan ke tempat sampah terpilah, ditanam atau dikirim ke tempat pengolahan komposting.

“Terakhir, menyediakan satuan tugas khusus di lapangan yang menangani sampah sekaligus sebagai tenaga kampanye dan edukasi publik dalam pengurangan sampah plastik,” tuntasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pasca-Bom Makassar

Kalsel

Pasca-Bom Makassar, Polda NTT Waspada
apahabar.com

Kalsel

Sempat Flu, Jasad Pria di Banjarmasin Utara Dievakuasi Standar Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Relawan Banua Rescue dan 911 Urunan Uang Bantu Orang Terlantar di Banjarmasin
Covid-19

Kalsel

Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 6 Orang, Positif 3

Kalsel

Waswas Covid-19, RT Surgi Mufti Siasati Pembagian Sembako
apahabar.com

Kalsel

Prihatin dengan Korban Kebakaran di Kotabaru, Driver Ojek Online Galang Dana Bantuan
Pengunjung

Kalsel

Tarik Pengunjung, Duta Mall Banjarmasin Gelar Auto Show Chapter 2020
apahabar.com

Kalsel

BREAKING NEWS: Ditemukan Pingsan, Tukang Becak Lanjut Usia di Banjarmasin Dinyatakan Meninggal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com