Kalsel Tidak Izinkan Tenaga Kerja Asing Masuk Berhasil ke Antariksa, Miliarder Dunia Jeff Bezos Disebut Titisan Alien Demang Lehman Sosok Panglima Perang Banjar, Penelusuran Misteri Kematian dan Makamnya Hari Ini, Belasan Pasien Covid-19 Tanah Bumbu Sembuh! Khawatir Ada Korban, Warga Kotabaru Ramai-Ramai Tangkap Buaya Liar

Program Komunitas Adat Terpencil Kemensos Sasar Dua Desa Kapuas

- Apahabar.com     Sabtu, 17 Juli 2021 - 23:25 WITA

Program Komunitas Adat Terpencil Kemensos Sasar Dua Desa Kapuas

Tim Dinas Sosial Kabupaten Kapuas saat melakukan survey lokasi program KAT di Desa Masuparia, Kecamatan Mandau Talawang. Foto-apahabar.com/istimewa.

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Program komunitas adat terpencil (KAT) dari Kementerian Sosial (Kemensos) tahun ini juga menyasar dua desa di Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Dua desa itu adalah Desa Lawang Tamang dan Desa Masuparia, Kecamatan Mandau Talawang yang merupakan kecamatan paling terujung di Kabupaten Kapuas.

Dalam program KAT masyarakat penerima manfaat akan mendapat bantuan biaya untuk pembangunan rumah dan bantuan lainnya seperti pemberian jatah hidup (Jadup) dan pemberdayaan berupa pelatihan dan lain sebagainya.

Kepala Dinas Sosial Kapuas Budi Kurniawan melalui Kasi Perlindungan Sosial Anak dan KAT, Wahyu kepada apahabar.com mengatakan, program KAT adalah untuk memberdayakan masyarakat yang hidupnya terpencar-pencar yang kemudian dikumpulkan dalam satu komunitas.

“Jadi, pemerintah membuat program agar masyarakat kumpul jadi satu komunitas sehingga mudah diberdayakan. Makanya sasaran program ini menyasar daerah-daerah yang belum tersentuh atau daerah pedalaman,” katanya, Sabtu (17/7) malam.

Wahyu bilang, saat ini proses program KAT tersebut sudah dalam tahap penyiapan kondisi masyarakat dengan melibatkan dari perguruan tinggi, Badan Pertanahan Nasional, Dinas Dukcapil dan pihak terkait lainnya.

“Setelah penyiapan kondisi masyarakat selesai dan asesmen dari Kemensos selesai, selanjutnya program KAT akan diluncurkan yang bentuknya bantuan pembangunan perumahan, pemberian jatah hidup dan pemberdayaan,” jelas Wahyu.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Puluhan Desa di Kobar Kalteng Dilanda Banjir
Arthon Dohong

Kalteng

Arthon Dohong Minta Kader PDIP Kalteng Solid Besarkan Partai
apahabar.com

Kalteng

Lewat Tamban Catur, Siap-Siap Dihentikan Petugas
apahabar.com

Kalteng

Rakor Pilkada, Wakapolda dan Gubernur Kalteng Ingatkan Ini

Kalteng

Hari Ini Belasan Warga Kapuas Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Bacok Tetangga, Pemuda di Kapuas Lebaran di Bui
apahabar.com

Kalteng

PSBB Palangka Raya, Tanpa Disiplin Masyarakat Tidak Berjalan Efektif
apahabar.com

Kalteng

Kapuas Fokuskan Penanganan Stunting di 68 Desa dan 7 Kelurahan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com