Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Sedang ‘Sakit’, Kinerja PDAM dan PD Panunjung Tarung Kapuas Disorot

- Apahabar.com     Rabu, 7 Juli 2021 - 19:25 WITA

Sedang ‘Sakit’, Kinerja PDAM dan PD Panunjung Tarung Kapuas Disorot

Ketua Fraksi PPP DPRD Kapuas Darwandie menyampaikan pandangan umum fraksi dalam rapat paripurna, Rabu (7/7). Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum dan Perusahaan Daerah atau PD Panunjung Tarung Kapuas, Kalteng, tengah disorot.

Pasalnya, kondisi PDAM dan PD Panunjung Tarung Kapuas saat ini tengah mengalami kesulitan bahkan degradasi. Sorotan tajam datang dari Fraksi PPP DPRD Kabupaten Kapuas.

Ketua Fraksi Darwandie menilai apa yang dialami 2 perusahaan itu akibat kelalaian direksi.

Ia beranggapan ada kesalahan dalam pengelolaan manajerial, sehingga mengakibatkan kondisi sulit dan ‘sakit’.

“Hal semacam ini tentu saja tidak kita harapkan. Sebaliknya kita berharap dua lembaga keuangan perusahaan daerah tersebut harus menjadi kebanggaan kita, sebab di samping keduanya bergerak di bidang sosial juga aktif melaksanakan pelayanan kepada masyarakat,” tegas Darwandie dalam rapat paripurna DPRD Kapuas, Rabu (7/7).

Fraksi PPP berharap ke depan PDAM dan PD Panunjung Tarung dapat menjadi perusahaan yang menghasilkan keuntungan dari pengelolaan usaha yang ada.

Dengan begitu, kedua perusahaan tersebut dapat dijadikan pilar bagi sumber pundi-pundi keuangan daerah.

Untuk itu kata Darwandie, pihaknya dari Fraksi PPP merekomendasikan Bupati Kapuas selaku kuasa saham agar segera mengambil langkah-langkah konkret dalam upaya perbaikan bahkan melakukan penyehatan terhadap PDAM dan PD Panunjung Tarung.

“Dalam hal ini, perbaikan struktur organisasi kelembagaan dengan berorientasi pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku (taat azas) melakukan kondisi penyehatan finansial perusahaan,” ujarnya.

“Yaitu melalui langkah-langkah audit internal keuangan perusahaan agar kondisi yang terjadi saat ini tidak sampai pada terganggunya pelayanan terhadap masyarakat penerima manfaat,” pungkas Darwandie menyampaikan pandangan umum Fraksi PPP DPRD Kapuas terhadap Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kapuas 2020.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Pemprov Kalteng Salurkan BST Tahap III
apahabar.com

Kalteng

Lagi, Pelaku Judi Kupu di Kapuas Kalteng Diciduk Polisi
apahabar.com

Kalteng

Wing Air Buka Rute Muara Teweh-Banjarmasin, Cek Jadwal dan Harga Tiketnya
apahabar.com

Kalteng

Banyak Pasar Mingguan di Muara Teweh Perlu Perhatian
Polres Kapuas

Kalteng

Kompol Aris Setiyono Resmi Jabat Kabagops Polres Kapuas
Kapuas

Kalteng

Sanggar Senam dan Arena Futsal di Kapuas Sementara Ditutup
Jelang Idulfitri

Kalteng

Jelang Idulfitri, Baznas Kapuas Saluran Bantuan Bapok
apahabar.com

Kalteng

Dua Mantan Atlet Kalteng Sampaikan Uneg-Uneg Kekecewaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com