IKN Dipimpin Kepala Otorita, Sederet Nama Kandidat Termasuk Ahok Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung? Mimpi Ibnu Sina, Masyarakat Banjarmasin Lepas Masker Awal Tahun 2022 Bocah 8 Tahun Hilang di Samarinda, Pencarian Selami Selokan Genangan Banjir Target Vaksinasi di Tanah Laut Terkendala Stok Vaksin

Sepekan Pendaftaran CPNS 2021 di Banjarbaru, Puluhan Pelamar Gugur!

- Apahabar.com     Rabu, 7 Juli 2021 - 16:42 WITA

Sepekan Pendaftaran CPNS 2021 di Banjarbaru, Puluhan Pelamar Gugur!

Ilustrasi CPNS. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Puluhan pendaftar CPNS 2021 di Banjarbaru gugur atau tidak memenuhi syarat.

Hal ini berdasarkan data per Rabu (7/7) pukul 11.00 Wita atau sepekan setelah pendaftaran CPNS 2021 dibuka.

“Yang sudah mengisi formulir 2.074 dan yang sudah pasti mendaftar di kami atau submit itu 388. Berdasarkan hasil verifikasi kami, sudah terverifikasi memenuhi syarat (MS) 93, lalu tidak memenuhi syarat (TMS) 60 dan sisanya masih kami periksa (belum verifikasi),” ujar Pelaksana Tugas Kepala Bidang Perencanaan dan Pembinaan Aparatur BKPP Kota Banjarbaru, Budi Rifani, kepada apahabar.com, Rabu (7/7).

Dia mengungkapkan alasan mengapa banyak pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Salah satunya karena tidak ada akreditasi di dalam ijazah. Lalu, juga ada kesalahan latar belakang foto yang mestinya berwarna merah, tapi sebagian pelamar malah menggunakan warna lain.

Penyebab lain gugurnya pelamar karena mereka melakukan kesalahan dalam pengolahan surat lamaran.

“Surat lamaran tidak ditulis tangan. Lalu yang ditulis tangan tidak bisa dibaca. Yang jelas kami minta itu tujuan dan jabatan yang dilamar (benar) serta tanda tangan basah. Itu saja. Tidak rumit sebenarnya,” ungkap Budi.

Dia menerangkan sebenarnya BKPP Kota Banjarbaru sudah memberi contoh surat lamaran yang benar melalui semua akun sosial medianya.

“Kita sudah jelaskan sampai kami bikin panduan di sosmed kami. Contohnya bisa di-download. Tapi kebanyakan pelamar mengambil contoh surat lamaran dari provinsi atau kabupaten kota lain. Itu jelas form-nya beda,” jelasnya.

Selain itu, ada juga pelamar yang memilih formasi yang tidak relevan dengan pengalaman kerjanya, khususnya pelamar PPPK Non Guru.

“Mengacu aturan Kemenpan RB, salah satu juknis mengatur tentang persyaratan pengalaman kerja, mensyaratkan sekurang-kurangnya tiga tahun memiliki pengalaman, dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani serendah-rendahnya pejabat pimpinan tinggi pratama bagi instansi pemerintah,” paparnya.

Bagi instansi swasta dapat ditandatangani oleh direktur atau HRD bidang SDM.

Dari total 2.074 yang mengisi formulir, 1.851 di antaranya formulir CPNS, dengan jumlah submit 319. Sementara yang sudah terverifikasi MS sebanyak 93, TMS 59 dan sisanya belum verifikasi.

“Lalu ada 105 yang mengisi formulir PPPK Non Guru, 12 sudah submit. 11 belum terverifikasi, 1 sudah terverifikasi TMS,” bebernya.

Sedangkan untuk 118 yang sudah mengisi formulir PPPK Guru, 57 di antaranya sudah submit.

Seperti diketahui, pendaftaran CPNS dibuka hingga 21 Juli 2021. Pengumuman hasil seleksi administrasi akan dilakukan pada 28-29 Juli 2021.

Proses ini kemudian akan dilanjutkan dengan masa sanggah pada 30 Juli-1 Agustus, jawab sanggah pada 30 Juli-8 Agustus 2021, dan pengumuman pascasanggah pada 9 Agustus 2021.

Sementara pelaksanaan SKD dimulai pada 25 Agustus hingga 4 Oktober 2021.

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Non-guru akan dilaksanakan setelah pelaksanaan SKD selesai di masing-masing titik. Pengumuman hasil SKD dilakukan pada 17 hingga 18 Oktober 2021.

Kemudian, persiapan pelaksanaan SKB mulai 19 Oktober hingga 1 November 2021.

Penyampaian hasil integrasi SKD dan SKB serta seleksi PPPK Non-guru pada 15-17 Desember 2021.

Sementara pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada 18 sampai 19 Desember 2021 yang dilanjutkan dengan masa sanggah pada 20-22 Desember, jawab sanggah pada 20-29 Desember 2021, dan pengumuman pascasanggah pada 30 sampai 31 Desember 2021.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tinjau Kesiapan Pilkada 2020, Paman Birin Sambangi KPU dan Bawaslu
apahabar.com

Kalsel

Kalimantan Selatan Dukung Pelantikan Jokowi-Maruf Amin
apahabar.com

Kalsel

Bersama KNPI Batola, Satlantas Bicara Ketertiban Lalu Lintas
apahabar.com

Kalsel

Dalam Sekejap, Sebuah Rumah di Jalan Belitung Darat Ludes Dilalap Api
apahabar.com

Kalsel

Program Hapus Seribu Jamban Terapung Pemkab Banjar Berlanjut
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polresta Banjarmasin Gelar Patroli Cipkon
apahabar.com

Kalsel

Seleksi Penerimaan Bintara Polri di Kalsel Terapkan Protkes Covid-19 Ketat
apahabar.com

Kalsel

Acer Day 2019 Gebrak Banjarmasin, Menangkan Trip ke Korea dan 2222 Hadiah Sensasional
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com