Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas Masih Berlangsung! Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUP HSU

Siap-Siap! Hasnur Mau Lepas Saham Perusahaan Kapalnya ke Publik

- Apahabar.com     Rabu, 28 Juli 2021 - 19:05 WITA

Siap-Siap! Hasnur Mau Lepas Saham Perusahaan Kapalnya ke Publik

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan langkah PT Hasnur Internasional Shipping untuk melepas sebagian sahamnya ke publik. Foto: Ist

apahabar.com, BANJARMASIN – PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HIS) berencana melepas sebagian sahamnya ke publik.

HIS merupakan anak perusahaan Hasnur Grup yang bergerak di bidang jasa transportasi laut. Sebanyak 525.250.000 saham baru bakal ditawarkan. Atau sebanyak-banyaknya 20%, dari total modal disetor dan ditempatkan penuh perseroan dengan nilai nominal Rp100 per saham.

Penawaran awal saham HIS dilakukan dengan rentang harga Rp230-Rp300 per lembar saham. HIS memberi PT RHB Sekuritas Indonesia mandat bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi untuk bisa mencatatkan saham HIS pada kuartal ketiga tahun ini.

Menariknya, HIS bakal mengalokasikan sebanyak-banyaknya 5% dari jumlah saham yang ditawarkan dalam Penawaran Umum Perdana Saham untuk program kepemilikan saham oleh karyawan (Employment Share Allocation atau ESA) atau sebanyak-banyaknya 26.262.500 lembar saham.

Direktur Utama HIS Jayanti Sari menyampaikan rencana penggunaan dana dari IPO ini akan dialokasikan seluruhnya untuk pengembangan usaha HIS. Termasuk entitas-entitas anak perusahaan yang seluruhnya bergerak di bidang usaha transportasi laut dan jasa kepelabuhanan.

“Sebanyak 46% dari hasil IPO untuk belanja modal untuk membeli 3 set armada kapal dan tongkang, dengan indikasi harga senilai Rp150 miliar,” ujarnya, dilansir Detik.com, Rabu (28/7).

Jika dari 46% hasil IPO tersebut tidak cukup untuk mendanai pembelian 3 kapal dan tongkang, maka kekurangannya akan menggunakan dana pihak ketiga yang akan diusahakan setelah IPO.

“Manajemen berharap pembelian 3 set armada tersebut akan memperbaiki kinerja operasional, melalui perbaikan komposisi penggunaan armada antara kapal sewa (rent ship) dan kapal milik sendiri (own ship),” sambungnya.

Lalu sebanyak 23% dana dari hasil IPO akan disalurkan kepada entitas anak Hasnur Resources Terminal dalam bentuk pinjaman untuk pembelian peralatan untuk mendukung rencana pengembangan serta peningkatan fasilitas dalam menjalankan kegiatan usahanya di bidang Jasa Kepelabuhanan. Kemudian sisanya 31% akan digunakan untuk modal kerja untuk mendukung kegiatan operasional.

Sebagai bentuk apresiasi kepada pemegang saham publik, HIS menganggarkan kebijakan pembayaran dividen sebesar sebesar-besarnya 30% dimulai dari tahun 2022 berdasarkan laba tahun berjalan tahun buku 2021.

“Ini adalah bentuk komitmen dari manajemen perseroan untuk dapat bertumbuh dan berkembang bersama semua pemangku kepentingan perseroan, terutamanya kepada para pemegang saham yang telah dan akan terus mendukung perjalanan bisnis Perseroan di masa yang akan datang,” lanjut Jayanti yang merupakan generasi kedua dari keluarga pendiri Hasnur Grup.

PT Hasnur Internasional Shipping Tbk adalah salah satu entitas anak perusahaan yang berada di bawah Hasnur Grup, perusahaan induk yang berdiri pada 1966 yang didirikan oleh mendiang H. Abdussamad Sulaiman HB dan (Almh) Hj. Nurhayati yang merupakan tokoh daerah di Kalimantan Selatan.

Hasnur Grup dan entitas anaknya merupakan salah satu grup usaha konglomerasi dengan lini bisnis usaha yang mencakup beberapa industri strategis termasuk forestry, mining, agribisnis, media, services dan logistic.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Tsunami PHK, Berikut Daftar Bank yang Kurangi Jumlah Karyawan

Ekbis

Pemerintah Tindak Tegas Badan Usaha Langgar Harga BBM
emas antam

Ekbis

Naik 1.000 per Gram, Segini Harga Emas Antam Hari Ini
apahabar.com

Ekbis

Jadi Pengusaha Itu Harus Direncanakan
apahabar.com

Ekbis

Keluhan Gubernur Kaltim Sering Didikte Bangsa Lain
apahabar.com

Ekbis

Update H-6 Lebaran, Harga Bahan Pokok di Banjarmasin Berangsur Turun
apahabar.com

Ekbis

Hingga Juni 2020, Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik
Akselerasi Negeri, Telkomsel Kembali Dukung Cap Go Meh Singkawang 2020

Ekbis

Akselerasi Negeri, Telkomsel Kembali Dukung Cap Go Meh Singkawang 2020
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com