Update Banjir HSU, 9 Kecamatan Mulai Terendam Banjir Kalsel Meluas, Kemensos RI Kirim Bantuan 10 Kontainer Logistik Ibnu Sina Beberkan Fakta Terbaru Penundaan Pelantikan Sekdakot Banjarmasin Korupsi Bupati HSU: KPK Periksa Saksi Baru, Pejabat Bank Kalsel Korupsi Bupati HSU: KPK Cecar Pendiri Ponpes-Swasta soal Mobil

Sssttt… Investor Kilang Ratusan Triliun asal Oman Tinjau Kotabaru

- Apahabar.com     Minggu, 4 Juli 2021 - 20:51 WITA

Sssttt… Investor Kilang Ratusan Triliun asal Oman Tinjau Kotabaru

Perwakilan perusahaan multinasional tersebut diam-diam sudah datang langsung meninjau calon lokasi pembangunan kilang di Kotabaru. Foto: Ist

Rencananya, perusahaan membangun industri hilir untuk pengolahan minyak mentah menjadi bahan jadi siap pakai, seperti minyak sebagai bahan bakar dan lainnya.

Pembangunan dilakukan di daerah paling selatan Pulau Laut Kotabaru, yakni di Kecamatan Pulau Laut Selatan.

“Perusahaan tersebut memerlukan lahan sekitar 1.500 hektare, yang akan digunakan untuk pembangunan kilang minyak dan sarana yang lainnya,” ujar Said.

Pemkab Kotabaru mengaku telah mengeluarkan perizinan bagi perusahaan tersebut. Saat ini, lanjut Said, manajemen tengah menghitung biaya pembebasan lahan mengingat lahan yang diperlukan cukup luas, yakni sekitar 1.500 hektare.

Selain, itu perusahaan juga menghitung populasi penduduk yang ada di daerah pantai, untuk pembangunan pipa dan pelabuhan.

“Berdasarkan data sementara jumlah perumahan yang akan diganti rugi sekitar 800 kepala keluarga (KK) di Pulau Laut Selatan, itu kalau jadi,” jelas Said.

Pemkab memberikan alternatif mengingat sulitnya pembebasan lahan. Alternatif itu adalah penggunaan tanah seluas 4.000 hektare milik Pemkab Kotabaru, yang kini masih berupa kandang ternak.

Nanti, Pemkab Kotabaru bisa menawarkan solusi kepada pihak perusahaan apakah dengan sistem sewa atau menjadi saham. Dengan demikian, investor bisa merealisasikan investasi agar memberikan dampak positif bagi penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan peredaran uang di Kotabaru.

“Oleh karena itu, kami berharap semua pihak komitmen untuk memberikan kemudahan perizinan masuknya investor tersebut. Jangan belum apa-apa perusahaan dimintai ini dan itu, hal itu akan membuat perusahaan tidak nyaman,” ujar Said.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Jelang Lebaran, Bulog Jamin Stok Bapok Kalsel Aman
apahabar.com

Ekbis

IHSG Anjlok 5 Persen, Perdagangan Saham Dibekukan Sementara
Isoman

Ekbis

Sepi, Fave Hotel Banjarmasin Masih Tampung Ratusan Tim Medis Covid-19

Ekbis

Pelatihan Wartawan Ekonomi, BI Kalsel Hadirkan Ketua Dewan Pers
apahabar.com

Ekbis

Tahun Ini, 30 Pesawat Garuda Group Akan Dipasang Wifi
Sri Mulyani

Ekbis

Waduh! Sri Mulyani Pungut Pajak Penjualan Pulsa dan Token Listrik
apahabar.com

Ekbis

Ini Estimasi Biaya Perbaikan Mobil yang Terendam Banjir
apahabar.com

Ekbis

Di Masa Pandemi, BEI: Optimisme Pasar Akan Terus Dijaga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com