Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas Masih Berlangsung! Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUP HSU

Subsidi Gaji Rp1 Juta Segera Ditransfer, Lihat 3 Informasi Terbaru

- Apahabar.com     Jumat, 30 Juli 2021 - 22:49 WITA

Subsidi Gaji Rp1 Juta Segera Ditransfer, Lihat 3 Informasi Terbaru

Subsidi Gaji Rp1 juta segera ditransfer. Foto-Ilustrasi/Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memperkirakan total penerimaan bantuan subsidi gaji/upah (BSU) Rp1 juta ada 8,7 juta pekerja.

Program tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/upah Bagi Pekerja/buruh Dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Bagaimana progres penyalurannya?

1. Data 1 Juta Pekerja Dikantongi
Kemnaker telah mengantongi data 1 juta pekerja yang bakal mendapatkan subsidi gaji Rp 1 juta. Data tersebut diperoleh dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Jumlah data yang diserahkan hari ini kita memulai dari 1 juta calon penerima BSU, dari estimasinya 8,7 juta pekerja akan menerima BSU. Jadi tentu data ini sangat dinamis melihat sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah, kutip Detikcom.

2. Data Diperiksa Supaya Tepat Sasaran
Data 1 juta calon penerima BSU selanjutnya akan dicek dan diskrining oleh Kementerian Ketenagakerjaan untuk memastikan kesesuaian format data dan menghindari duplikasi data.

Lebih lanjut dijelaskan Ida, variabel yang akan diperiksa adalah kelengkapan data, antara lain nomor rekening, NIK, kemudian sektornya.

Sektor yang diutamakan adalah pekerja pada sektor usaha industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali jasa pendidikan dan kesehatan, sesuai dengan klasifikasi data sektoral di BPJS Ketenagakerjaan.

3. Harus Pakai Rekening Bank BUMN

Ida menuturkan penerima subsidi gaji Rp 1 juta harus memakai rekening bank BUMN, yakni BRI, BNI, Mandiri, dan BTN. Khusus di Aceh menggunakan rekening bank syariah milik negara, Bank Syariah Indonesia (BSI).

Dia menjelaskan bahwa bank penyalur bantuan subsidi gaji adalah bank-bank yang disebutkan di atas. Nah, buat pekerja yang memenuhi syarat tapi belum memiliki rekening salah satu bank tersebut akan dibuatkan secara kolektif.

“Bagi penerima bantuan yang belum memiliki rekening di bank-bank tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan akan membukakan rekening secara kolektif di bank Himbara (BUMN) dan BSI,” kata Ida.

Mekanisme tersebut berbeda dengan penyaluran subsidi gaji atau BSU yang diselenggarakan pada 2020. Pada tahun lalu, penerima subsidi gaji bebas menggunakan rekening bank apapun. Ida menjelaskan mekanisme yang diberlakukan saat ini bertujuan untuk memudahkan proses penyaluran subsidi gaji Rp 1 juta.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kapolri Rombak Posisi Pati, Termasuk Kapolda Kalsel

Nasional

Polda Metro Kerahkan 6.394 Personel Amankan Demo Hari Buruh

Nasional

Menko Luhut Dorong Integrasi Data dalam Penanganan Covid-19

Nasional

Berkat Baliho, Puan Maharani Kini Makin Populer
apahabar.com

Nasional

Saat Tunjuk Najmul Akhyar jadi Sekjen, Apkasi Salurkan Bantuan Bencana Rp3,1 M
BBM

Nasional

Viral! Video Isi Bensin Rp1.000 di SPBU, Apa Kata Pertamina

Nasional

Soroti Arogansi Firli Cs, ICW Minta SK 75 Pegawai Via Jokowi
Gisel

Nasional

Inilah MYD, Sosok Pria Dalam Video Syur Gisel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com