Mulai Esok, RS Idaman Banjarbaru Kembali Terima Pasien Baru PPKM Level IV: Banjarmasin Jauh Lebih Boros Ketimbang Banjarbaru Ssttt.. Satu Pembunuh Perawat RSDI Banjarbaru Lolos Penyergapan di Jawa Laut Cerita Relawan Banjar: Pahitnya Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan Bantu Pasien Isoman, Menteri Muhadjir Pantau Asman Toga di Banjarmasin Utara

Tangani Pandemi, Ini Saran Pakar ULM untuk Pemkot Banjarmasin

- Apahabar.com     Selasa, 13 Juli 2021 - 22:03 WITA

Tangani Pandemi, Ini Saran Pakar ULM untuk Pemkot Banjarmasin

Ilustrasi. Foto-Ist

apahabar.com, BANJARMASIN – Sama dengan daerah lainnya di Indonesia, pandemi Covid-19 di Banjarmasin belum reda.

Pada hari Selasa (13/7) jumlah penduduk yang dikonfirmasi positif Covid-19 bertambah sebanyak 135 kasus, atau sebanyak 44 persen dari 307 kasus provinsi.

Jika diakumulasikan jumlah kasus positif di Kota Banjarmasin sejak 1 Juli hingga hari ini, terdapat 377 kasus positif, 173 sembuh, dan 9 orang meninggal dunia.

Tim Pakar Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Hidayatullah Muttaqin, menyampaikan sejumlah masukan untuk Pemkot Banjarmasin.

Pertama Walikota harus turun tangan langsung dalam penanganan pandemi, membaca data dengan baik dan mendengarkan masukan dari banyak pihak.

Kedua, menunda pembelajaran tatap muka demi kebaikan bersama, khususnya mencegah penularan lebih masih di kalangan anak usia sekolah dan guru.

Ketiga, merancang strategi kebijakan untuk menurunkan mobilitas penduduk baik mobilitas lokal maupun keluar masuk Banjarmasin.

Keempat, tingkatkan operasi penegakan protokol kesehatan tetapi dilakukan dengan cara humanis. Kelima, siapkan strategi kebijakan terkait dampak sosial ekonomi jika dilakukan pengetatan.

Terakhir, wali kota harus hadir dalam penanganan pandemi, baik dalam memimpin rapat-rapat di kota maupun rapat koordinasi provinsi, dan kabupaten kota lainnya tanpa diwakilkan kepada bawahan.

“Wali kota harus hadir setiap hari berkomunikasi kepada masyarakat melalui channel televisi lokal dan media sosial untuk menyampaikan pesan-pesan dan motivasi kepada masyarakat bahwa kita bisa berjuang bersama mengatasi pandemi,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bandar Udara GSA Kotabaru Gelar Program Padat Karya
apahabar.com

Kalsel

Arraudah Qurratu Ainie: Dari Atlet Basket hingga Putri Pariwisata Kalsel 2019
apahabar.com

Kalsel

Menilik Langkah Bupati HSS Lestarikan Hutan Loksado
apahabar.com

Kalsel

Dugaan Money Politics Pilgub Kalsel, Lanjut atau Tidak?
Putusan MK

Kalsel

Detik-detik Putusan MK, Lokasi Pengumpulan Massa Dijaga Ketat Aparat

Kalsel

Breaking News!!! Pria asal Kandangan Ditemukan Tak Bernyawa di Rumah Sewaan
apahabar.com

Kalsel

Polres Batola Imbau Cara Pemakaian Masker yang Benar
apahabar.com

Kalsel

Operasi Zebra Intan, Satlantas Polres Tabalong Berbagi Masker ke Pengendara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com