IKN Dipimpin Kepala Otorita, Sederet Nama Kandidat Termasuk Ahok Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung? Mimpi Ibnu Sina, Masyarakat Banjarmasin Lepas Masker Awal Tahun 2022 Bocah 8 Tahun Hilang di Samarinda, Pencarian Selami Selokan Genangan Banjir Target Vaksinasi di Tanah Laut Terkendala Stok Vaksin

Tarif Sewa Meter Air PDAM Bandarmasih Naik, Borneo Law Firm: Membebani Masyarakat!

- Apahabar.com     Sabtu, 3 Juli 2021 - 19:50 WITA

Tarif Sewa Meter Air PDAM Bandarmasih Naik, Borneo Law Firm: Membebani Masyarakat!

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Penyesuaian tarif sewa meter air PDAM Bandarmasih mendapat reaksi negatif dari berbagai kalangan.

Salah satunya datang dari Borneo Law Firm, Muhamad Pazri. Dia meminta PDAM Bandarmasih tidak menaikkan biaya sewa meter pelanggan dengan alasan apapun.

“Perlu diingat saat ini di masa Pandemi Covid 19 ekonomi masih sangat sulit, sangat tidak tepat ada kebijakan kenaikan tarif sewa meter yang membebankan pelanggan atau masyarakat,” ujarnya.

Dia menilai kebijakan yang diambil PDAM Bandarmasih sangat kontradiktif. Urgensi kebijakan tersebut juga dinilai tidak jelas.

“Karena kita semua ingat, sebelumnya tarif pukul rata 10 kubik diturunkan, tapi sekarang ada kenaikan sewa meter,” ucapnya.

Semestinya, lanjut dia, PDAM Bandarmasih bisa bercermin dengan pihak lainnya. Misalnya seperti PDAM Tirta Projotamansari Bantul yang turut peduli kepada pelanggannya di masa pandemi.

Selain membagikan sembako, perusahaan plat merah itu melakukan penghapusan denda keterlambatan dan pengurangan pembayaran sebesar 10-30%.

“Ini di Banjarmasin malah sebaliknya naik. Tidak pro rakyat,” tegasnya.

Pazri sangat berharap Wali Kota Banjarmasin ikut mempertimbangkan penerapan kebijakan ini. Dia juga meminta DPRD Banjarmasin yang memiliki fungsi pengawasan untuk mencabut dan membatalkan kebijakan tersebut.

Jika permintaan ini tidak diindahkan, tak menutup kemungkinan pihaknya akan menempuh jalur hukum untuk menggugat kebijakan tersebut.

Setelah menerima kuasa dari masyarakat sebagai legal standing,
Borneo Law Firm berencana akan mengirimkan pernyataan keberatan, melakukan banding administrasi sesuai Undang-Undang Pemerintahan, dan kemudian melaporkan ke Ombudsman.

Sekadar diketahui, kenaikan tarif tersebut berdasarkan SK Direksi Nomor: PDAM.59/KPTS/VII/2021 yang berbunyi kenaikan tarif sewa meter mengalami kenaikan dengan jumlah variasi tergantung klasifikasi dan golongan pelanggan. Kenaikan berkisar antara 50 hingga 100 persen.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kelurahan Jawa Gelar Pelatihan Membuat Kue Kekinian
Tanjung

Kalsel

Srikandi PN Tanjung Kenakan Ikat Merah Putih, Simbol Semangat Kemerdekaan
apahabar.com

Kalsel

Pasang Spanduk, Polsek Belawang: Ayo Pakai Masker

Kalsel

Polda Kalsel Berduka, Kombes Pol Sapta Maulana Marpaung Tutup Usia
apahabar.com

Kalsel

ULM Banjarmasin Bantu Pendirian Fakultas Kehutanan Universitas Pahlawan di Riau
apahabar.com

Kalsel

Bupati H Akhmad Fikry Bertekad Entaskan Kemiskinan di HSS
apahabar.com

Kalsel

Napi Lapas Martapura Cuci Uang Narkoba Rp 5,2 M, Kemenkumham Kalsel Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

Malam Tahun Baru, Bupati HSS Hadir di Acara Zikir Bersama
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com