Update Pemakaman Istri Guru Ijai: Sekumpul Lengang, Polisi Berjaga di Puluhan Titik Banjarmasin PPKM Berjilid-jilid: Prokes Malah Jeblok, Kematian Pecah Rekor! Ditegur Saat Minum Miras, Dua Pemuda Banjar Bacok Pria di Banjarmasin Timur Hoaks Jenazah Covid-19 di Banjarbaru Diburu Polisi, Kadinkes Doakan Pelaku Insyaf “Kalsel Lagi Sakit”, Aktivis Lingkungan Beri Catatan Kritis ke BirinMU

Terobosan Pelayanan Masyarakat Ditlantas Polda Kaltim Diganjar Penghargaan Lemkapi

- Apahabar.com     Jumat, 9 Juli 2021 - 16:35 WITA

Terobosan Pelayanan Masyarakat Ditlantas Polda Kaltim Diganjar Penghargaan Lemkapi

Lemkapi memberikan penghargaan kepada Ditlantas Polda Kaltim karena mampu dongkrak kepercayaan masyarakat melalui terobosan pelayanannya. Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Republik Indonesia (Lemkapi) memberikan penghargaan terhadap Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim pada Jumat (9/7).

Penghargaan diserahkan Edi Saputra Hasibuan selaku Direktur eksekutif Lemkapi kepada Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Singgamata.

Edi mengatakan terobosan yang dilakukan oleh Ditlantas Polda Kaltim cukup baik, yakni melalui aplikasi Samsat Delivery dan E-Samsat Bhabinkamtibmas. Bahkan aplikasi ini dapat menjadi role model bagi Polda lainnya untuk menerapkannya.

“Tentu saja saya harapkan seluruh polda juga akan memberikan inovasi-inovasi baru seperti Polda Kaltim. Tentu saja sebagai masyarakat kita berikan apresiasi dan terima kasih yang sudah memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat dan ini semua sangat memudahkan masyarakat,” kata Edi.

Terobosan ini juga untuk menghindari adanya tindakan pungli yang dilakukan oleh oknum kepolisian. Selain itu Edi mengapresiasi program E-Samsat Bhabinkamtibnas Delivery. Program tersebut cukup baik dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada polisi.

“Di Dirlantas Polda Kaltim ini yakni inovasi samsat bhabinkamtibmas terus juga inovasi samsat delivery, ini sangat bagus. Ini karena pelayanan yang transparant, bisa dibayangkan ada STNK bisa diurus oleh Bhabinkamtibmas dan ini tidak dipungut biaya karena mereka sudah mendapatkan insentif,” ujarnya.

Sementara itu Dirlantas Polda Kaltim, Kombes Pol Singgamata mengaku bersyukur pihaknya mendapat penghargaan dari Lemkapi melalui dua aplikasi E-Samsat Bhabinkamtibmas dan Samsat Delivery. Hal ini menjadi motivasi dirinya untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan terhadap masyarakat.

“Jadi dua aplikasi berbasis IT inilah yang kita operasionalkan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik polri bagi masyarakat,” tuturnya.

Singgamata mengatakan dua aplikasi tersebut telah berlaku sejak 1 Juli 2021 lalu di Balikpapan. Adanya dua aplikasi tersebut masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor Samsat untuk mengantri, cukup melalui smartphone dan internet guna mengakses layanan tersebut.

“Masyarakat yang akan melakukan pembayaran pajak tahunan tidak perlu lagi kesamsat, cukup buka handphone dan langsung browsing E-Samsat Delivery (playstore juga ada). Dan untuk di desa-desa temuin bhabinkamtibmasnya bisa menggunakan jasanya untuk akuntabilitas bhabinkamtibmasnya diberikan akun tersendiri dari Bank Kaltimtara. Sehingga tidak ada lagi yang nitip-nitip dan bisa timbul fitnah,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Temuan Janin

Kaltim

Sempat Geger, Temuan Janin di Perumnas Balikpapan Tak Sesuai Dugaan Warga
D614G

Kaltim

Balikpapan Waspada Virus Baru D614G, Diduga Pemicu Tingginya Kasus Covid-19

Kaltim

Mengejutkan! Pemancing Lompat ke Sungai Mahakam dan Menghilang
Kantor Golkar

Kaltim

Demo Depan Kantor Golkar Kaltim Ricuh, Ada yang Terluka
Vaksin

Kaltim

13.380 Vial Vaksin Untuk Kaltim Tiba, Balikpapan Kebagian 1.040 Vial
apahabar.com

Kaltim

Asa Kaltim, Pusat Tuntaskan Jembatan Pulau Balang
apahabar.com

Kaltim

Menteri Keuangan Siap Bantu UMKM Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Pupuk Kaltim Boyong Proper Emas Dua Kali Berturut-turut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com