Update Pemakaman Istri Guru Ijai: Sekumpul Lengang, Polisi Berjaga di Puluhan Titik Banjarmasin PPKM Berjilid-jilid: Prokes Malah Jeblok, Kematian Pecah Rekor! Ditegur Saat Minum Miras, Dua Pemuda Banjar Bacok Pria di Banjarmasin Timur Hoaks Jenazah Covid-19 di Banjarbaru Diburu Polisi, Kadinkes Doakan Pelaku Insyaf “Kalsel Lagi Sakit”, Aktivis Lingkungan Beri Catatan Kritis ke BirinMU

Tindaklanjuti Temuan BPK, DPRD Banjarbaru Belajar ke DPRD Barut

- Apahabar.com     Kamis, 15 Juli 2021 - 20:23 WITA

Tindaklanjuti Temuan BPK, DPRD Banjarbaru Belajar ke DPRD Barut

Anggota DPRD Banjarbaru foto bersama dengan DPRD Barito Utara usai kunjungan kerja. Foto-Istimewa

apahabar.com, MUARA TEWEH – Tim Panitia Khusus Laporan Pertanggungjawaban (LPj) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjarbaru, Kalsel melaksanakan kunjungan kerja ke DPRD Barito Utara, Kamis (15/7).

Kunjungan kerja ini terkait tindaklanjut hasil temuan BPK RI mengenai LPj APBD tahun 2020 Kabupaten Banjarbaru.

Ketua Pansus DPRD Banjarbaru Fadilansyah mengatakan, pihaknya hearing dan tukar pendapat ke DPRD Barut terkait temuan BPK yang perlu diselesaikan..

“Kami ingin mengetahui bagaimana DPRD Barito Utara merekomendasikan agar temuan tersebut tidak berulang-ulang,” kata Fadilansyah.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya melihat pengelolaan aset dan keuangan di Kabupaten Barito Utara sudah cukup baik, karena itulah DPRD Banjarbaru memilih daerah ini sebagai tujuan hearing.

Hal ini terbukti bahwa Pemkab Barito Utara elah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak tujuh kali berturut-turut dari BPK RI.

“Jadi dari disclaimer hingga menjadi WTP, makanya kami memilih studi banding ke Barito Utara,” tambahnya.

Sementara Ketua DPRD Barito Utara, Hj Mery Rukaini mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih dan sebuah kehormatan karena DPRD Banjarbaru telah memilih kabupaten ini sebagai tujuan studi banding.

Diungkap Mery, Tim Pansis LPj DPRD Banjarbaru melaksanakan kunker ini untuk melakukan penyelarasan program terkait LPj APBD.

“Kami bangga menerima kunker DPRD Banjarbaru terkait pansus LPj APBD tahun 2020 karena mereka menilai peran DPRD Barito Utara dalam LPj APBD sangat baik,” kata Merry Rukaini.

Disampaikannya, bahwa DPRD Barito Utara hanya melakukan rapat pembahasan dengan waktu yang cukup singkat, sedangkan disana mereka melakukan pembahasan dalam beberapa bulan.

DPRD Barut saat kunjungan kerja dalam daerah maupun reses, sekaligus melakukan fungsi pengawasan pelaksanaan pembangunan sumber APBD. Hal ini telah berjalan sejak awal tahun.

“Seperti tahun 2021 ini sudah berjalan dari Januari hingga Juli, kita dari awal setelah melakukan kunjungan kerja membuat catatan dari fraksi masing-masing mengenai program pemerintah agar tidak lepas dari RPJMD,” ujarnya.

Sehingga pembahasan lebih mudah, karena dilakukan evaluasi secara bertahap.

“Begitu keluar LHP dari BPK, kita hanya perlu mempelajari temuan-temuan tersebut. Apakah temuan tersebut benar sesuai evaluasi kita di lapangan,” tutup politisi Partai Demokrat ini.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

DPRD Barito Utara

DPRD Barut

DPRD Barito Utara Setujui Dua Raperda Jadi Perda
DPRD Barut

DPRD Barut

Anggota DPRD Barut: Pengalokasian Belanja Daerah Harus Pertimbangkan Keadilan dan Pemerataan
RPJMD

DPRD Barut

Sidang Paripurna, DPRD Terima Raperda Perubahan RPJMD

DPRD Barut

RDP di DPRD Barut, Bahas Pilkades dan Kawasan Tanpa Rokok

DPRD Barut

Anggota DPRD Barut Dorong Pemerintah Tertibkan Bangunan Liar

DPRD Barut

DPRD Barut Minta Penggunaan Anggaran Desa Koordinasi dengan Kabupaten
legislator barut

DPRD Barut

Legislator Barut Minta Masyarakat Jaga Kerukunan Umat Beragama

DPRD Barut

Banyak Lubang Tambang, DPRD Barito Utara Soroti Soal Reklamasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com