Update Pemakaman Istri Guru Ijai: Sekumpul Lengang, Polisi Berjaga di Puluhan Titik Banjarmasin PPKM Berjilid-jilid: Prokes Malah Jeblok, Kematian Pecah Rekor! Ditegur Saat Minum Miras, Dua Pemuda Banjar Bacok Pria di Banjarmasin Timur Hoaks Jenazah Covid-19 di Banjarbaru Diburu Polisi, Kadinkes Doakan Pelaku Insyaf “Kalsel Lagi Sakit”, Aktivis Lingkungan Beri Catatan Kritis ke BirinMU

Tingkatkan Imunitas, 8 Trik Mudah Taklukan Covid-19

- Apahabar.com     Senin, 12 Juli 2021 - 08:54 WITA

Tingkatkan Imunitas, 8 Trik Mudah Taklukan Covid-19

Olahraga massa pandemi Covid-19 diyakini mampu tingkatkan imunitas. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Mengikuti anjuran pemerintah untuk di rumah saja selama PPKM Darurat, bukan berarti Anda tak bisa meningkatkan imunitas.

Berikut ini sejumlah senjata untuk melawan Covid-19 varian baru.

Hendri Pardede, healthy lifestyle coach, mengatakan, ada delapan cara mudah untuk mendongkrak imunitas tubuh saat Anda di rumah saja selama PPKM Darurat dan pandemi virus corona.

“Senjata-senjata yang bisa kita lakukan untuk melawan virus corona,” katanya dalam video suplemen bertajuk Jakarta Pasti Bisa kerjasama MRT Jakarta dan iDea Run, kutip dari Kontan.id.

Hendri menyebut delapan cara meningkatkan imunitas tubuh tersebut: NEW START. Singkatan dari Nutrition, Exercise, Water, Sun, Temprament, Air, Rest, Trust.

Berikut delapan cara meningkatkan imunitas tubuh saat di rumah saja selama PPKM Darurat dan pandemi virus corona:

1. Nutrition (nutrisi)

Menurut Hendri, apa yang Anda konsumsi akan menentukan kualitas daya tahan tubuh. “Anda harus mengonsumsi makronustrisi dan mikronustrisi secara seimbang,” ujar Founder Olah Fit ini.

Makronutrisi, misalnya, makanan yang mengandung karbohidrat, protein, juga lemak. Sedang mikronutrisi, contohnya, makanan mengandung vitamin dan mineral.

“Makronutrisi dan mikronutrisi bisa meningkatkan metabolisme,” kata Hendri. “Makanan dengan nutrisi sehat dan seimbang merupakan senjata melawan virus corona”.

Yang tidak kalah penting, cara mengolah makanan juga berpengaruh terhadap kandungan nutrisi. Karena itu, mengolah makanan harus direbus, dikukus, dan ditumis

Kemudian, Hendri menegaskan, hindari makanan olahan. “Konsumsi makanan yang sebenarnya. Contoh, jambu biji, makanlah yang sebenarnya, jangan jus dalam kemasan,” imbuh Hendri.

2. Exercise (olahraga)

Sekalipun di rumah saja selama pandemi virus corona, pastikan Anda olahraga setiap hari selama 30 menit hingga 45 menit. “Intensitasnya rendah saja,” katanya.

Misalnya, senam ringan. “Heart rate (detak jantung) di zona aerobik. Jadi, nafas saat berolahraga normal, tidak terengah-engah,” ujar Hendri yang juga pelari.

3. Water (air)

Kualitas dan volume air yang Anda minum juga menentukan imunitas tubuh. “Minum air mineral sebanyak dua liter hingga dua setengah liter sehari,” ujar dia.

Hendri bilang, jika tubuh kekurangan air, maka bisa membuat metabolisme menurun. Ujungnya, daya tahan tubuh ikut turun.

4. Sun (matahari)

Cara meningkatkan imunitas tubuh lainnya adalah berjemur di bawah sinar matahari. Sebab, Hendri menjelaskan, sinar matahari bisa meningkatkan kualitas vitamin D.

“Cukup berjemur selama 15 menit sampai 20 menit setiap hari. Sinar matahari kaya vitamin D, dan gratis,” sebutnya.

5. Temprament (perangi)

Selama pandemi virus corona, berita negatif dan tidak mengenakkan selalu ada. Ambil contoh, jumlah kasus dan kematian akibat Covid-19 yang terus meningkat.

Menurut Hendri, informasi-informasi semacam itu bisa memengaruhi emosi juga menyulut rasa takut yang berlebihan. Buntutnya, hormon kortisol bisa meningkat.

“Ini membuat imun tubuh menurun. Jadi, Anda harus bisa memilah informasi. Konsumsi informasi yang baik dari berita-berita yang muncul setiap hari,” kata Hendri.

6. Air (udara)

Lantaran Anda sering di rumah saja selama pandemi virus udara, maka sirkulasi udara, seperti pintu dan jendela, harus terbuka lebar setiap pagi.

Sehingga, ada pertukaran oksigen lama dengan yang baru. “Ini penting untuk imunitas. Anda harus selalu dengan kondisi oksigen yang baik,” tegas Hendri.

7. Rest (istirahat)

Tidur yang cukup juga membantu meningkatkan imunitas tubuh. Hendri menyarankan, sebaiknya tidur malam, tidur malam selama tujuh hingga delapan jam.

“Pada saat tidur, di dalam tubuh terjadi detoksifikasi (lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun), recovery (pemulihan) sel, banyak hal positif terjadi,” ujar dia.

8. Trust (keyakinan)

Apa pun keyakinan Anda, Hendri menegaskan, tetap meningkatkan ketakwaan. “Ibadah kepada Tuhan, karena kita tidak tahu sampai kapan masa pandemi berakhir, supaya diberi kekuatan melewati semua ini,” katanya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pemilu 2019, Ribuan Napi di Kalsel Terancam Gagal Nyoblos..!

Nasional

KSP Moeldoko Bantah Isu Dana Haji Dipakai Pemerintah
apahabar.com

Nasional

Keanggotaan BPJS Kesehatan Diusulkan Jadi Syarat Pelunasan Biaya Haji
Gempa

Nasional

Pemerintah Catat 9 Wilayah Rawan Gempa Perlu Diwaspadai
apahabar.com

Nasional

155 Sembuh, Total 2.472 Pasien Sembuh di RS Darurat Wisma Atlet
apahabar.com

Nasional

Jelang HUT KNPB, Polisi Tingkatkan Pengamanan
apahabar.com

Nasional

Pandemi Covid-19, Cak Lontong Hibur Ketum Hipmi Se-Indonesia
apahabar.com

Nasional

Bocah di Deli Serdang Sudah 20 Hari Tidur
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com