3 Profesor Bertarung di Pilrek UIN Antasari, DEMA-Senat Beri Sederet Catatan Kritis Arab Saudi Izinkan Wisatawan Asing Masuk Mulai 1 Agustus, Intip Syaratnya Siap-siap! Sejumlah Kawasan Banjarmasin Timur Bakal Alami Gangguan Air Bersih Jokowi: Lompatan Kasus Covid-19 Bisa Direm karena PPKM DITANGKAP! Pengeroyok-Penusuk Remaja di Warung Miras Banjarmasin

Vaksinasi Massal di Balikpapan, Pelajar Kebagian Seribu Dosis dari BIN

- Apahabar.com     Rabu, 14 Juli 2021 - 13:18 WITA

Vaksinasi Massal di Balikpapan, Pelajar Kebagian Seribu Dosis dari BIN

Vaksinasi massal bagi pelajar di SMP Negeri 5 Balikpapan sekaligus virtual dengan Presiden Joko Widodo. apahabar.com / istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pemerintah melakukan vaksinasi massal bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) di 14 Provinsi yang menjadi wilayah episentrum Covid-19, salah satunya Balikpapan.

Vaksinasi kali ini menyasar para pelajar. Balikpapan sendiri terdapat empat sekolah yang mendapat kesempatan untuk melakukan vaksinasi terhadap siswa-siswinya. Yakni total keseluruhan sebanyak 1.000 dosis vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengapresiasi upaya vaksinasi dari BIN. Menurutnya, cukup membantu mempercepat cakupan vaksinasi kepada masyarakat khusus pelajar.

“Ya tentu saja kami menerima karena kami ingin sekali meningkatkan cakupan vaksinasi di Balikpapan sementara kan orang tua mereka sudah kita vaksin ya jika anak-anak pun sudah bisa maka sudah lengkap satu keluarga terlindungi,” katanya.

Vaksin yang digunakan adalah jenis sinovac. Penyuntikan vaksin untuk pelajar ini sebelumnya dilakukan proses screening kesehatan terlebih dahulu dan atas persetujuan dari orang tua siswa.

“Vaksin yang digunakan sinovac. Sama 0,5 ml di lengan kiri juga sama. Insya Allah nggak ada efek samping karena ini juga sudah melalui pengujian IDAI, kemudian Balai POM dan Kemenkes sendiri. Proses skriningnya juga sama,” jelasnya.

Dipilihnya Balikpapan lantaran salah satu daerah yang menjadi penyumbang tertinggi Covid-19.

“Kaltim tanggal 13 Juli kemarin itu yang paling beludak sampai tembus 1.598 kalau tidak salah, nah penyumbang paling banyak itu salah satunya dari Balikpapan. Penyumbang terbanyak kabupaten kota, satu Balikpapan, dua Berau, tiga Bontang. Nah di Balikpapan tertanggal 12 Juli itu masih 200-an sekian pas tanggal 13 Juli itu sampai 599 kasus,” ungkap Kepala Badan Intelijen Daerah Kaltim, Brigjen TNI Donni Koswara.

Dari jumlah kasus tersebut Kaltim masuk dalam kategori episentrum. Danni mengatakan tujuan vaksinasi pelajar ini agar tidak terpapar Covid-19 lantaran merupakan penerus bangsa.

“Untuk melaksanakan penyehatan atau supaya anak-anak usia 12 sampai 17 tahun itu jangan sampai jadi suspek karena itu adalah generasi penerus kita. Makanya diarahkan usia 12 sampai 17 tahun,” pungkasnya.

Diketahui sekolah yang mendapat jatah vaksinasi yakni SMP Negeri 5, SMP 10, SMP 14, SMP 18 dan SMK 1.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Pejuang SIGAP Bantu Tata Kelola Kampung di Berau
Balikpapan

Kaltim

Pesawat Hilang Kontak Terjatuh di Laut Balikpapan, Basarnas Gelar Simulasi

Kaltim

Takut Lewati Pos Penyekatan di Tenggarong, Pengendara Motor Ini Ternyata Bawa Sabu 10 Gram
Ilmu Hitam

Kaltim

Sadis! Suami Sembelih Istri dan Anak di Sangatta, Diduga Belajar Ilmu Hitam

Kaltim

Taksi Air Karam di Perairan Mahulu: Penumpang Tercebur, Kendaraan Mengapung

Kaltim

Arkeolog Temukan Jejak Peradaban Manusia di Wilayah IKN, Ada Gua hingga Fosil Tulang Manusia
Olah TKP Kebakaran

Kaltim

Olah TKP Kebakaran di Gunung Polisi Balikpapan, “Alat Masak” Diamankan Petugas
Lee Min Ho

Kaltim

Pasca-viral, Lee Min Ho Kalimantan Ditawari Casting Film di Thailand
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com