Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas Masih Berlangsung! Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUP HSU

Warga Tembok Gede Surabaya Rakit Robot Delta untuk Penyemprotan Disinfektan

- Apahabar.com     Sabtu, 31 Juli 2021 - 23:52 WITA

Warga Tembok Gede Surabaya Rakit Robot Delta untuk Penyemprotan Disinfektan

Robot Delta hasil inovasi terbaru yang dibuat secara swadaya oleh warga di kampung Jalan Tembok Gede III Surabaya. Foto-Antara/Hanif Nashrullah

apahabar.com, SURABAYA – Warga Jalan Tembok Gede III, Surabaya, Jawa Timur merakit Robot Delta untuk penyemprot disinfektan.

Hal itu sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di lingkungan sekitar.

“Warga membuatnya secara swadaya dan otodidak,” ujar Ketua RT 3/ RW 2 Kelurahan Bubutan, Aseyan, kepada wartawan di Surabaya, seperti dilansir Antara, Sabtu (31/7).

Aseyan menjelaskan nama pada robot tersebut diambil dari Covid-19 varian Delta yang belakangan semakin meresahkan warga.

“Kami rakit dalam kurun waktu sepekan. Kini kami fungsikan untuk menyemprot disinfektan di lingkungan permukiman warga demi pencegahan penularan Covid-19,” ucap Aseyan.

Lingkungan Tembok Gede III selama ini telah dikenal sebagai Kampung Pintar karena sebelumnya juga pernah menciptakan sebanyak dua unit robot.

Hanya, dua unit robot terdahulu belum bisa bergerak atau berjalan jarak jauh, namun berhasil mengeluarkan suara yang bersifat imbauan.

“Robot Delta adalah inovasi terkini dari warga kampung Tembok Gede Surabaya. Ke depan, semoga dapat juga menarik kunjungan wisatawan,” katanya.

Berbeda dengan dua unit robot pendahulunya, Robot Delta dapat dioperasikan dari jarak jauh menggunakan remot kontrol sehingga dapat bergerak atau berjalan dalam radius 100 meter.

“Robot Delta sebenarnya juga bisa berfungsi sebagai pelayan, dapat menghidangkan berbagai suguhan kepada tamu-tamu yang berkunjung ke kampung kami, dalam rangka menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

Dibuat secara swadaya oleh warga kampung setempat, Aseyan menyebut satu unit robot menghabiskan biaya belasan juta rupiah.

Sama dengan pembuatan dua unit robot sebelumnya, bahan-bahannya menggunakan barang-barang bekas pakai.

Perakitan komponen elektronika atau motorik pada Robot Delta ini dipimpin langsung oleh Ketua RT yang mengaku belajar secara otodidak.

“Ya, setidaknya tiap malam bisa dioperasikan di kampung sebagai hiburan bagi warga. Harapannya dengan adanya tiga unit robot yang sudah kami buat bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke kampung ini,” katanya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Tangkal Hoaks, Jokowi Langsung yang Ingin Bertemu Masyarakat Kalsel 27 Maret
Webometrics

Nasional

Webometrics Rilis 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia 2021, Universitasmu?
apahabar.com

Nasional

Jokowi Instruksikan Kementerian dan Pemda Selesaikan Tumpang Tindih Lahan
apahabar.com

Nasional

Duh, Saudi Tutup Pintu Umrah Sepanjang Tahun Ini
apahabar.com

Nasional

FK Unram Temukan Bayi Tanpa Anus Dampak Merkuri dari Peti di Sumbawa
Habib Thohir Alkaff

Nasional

Kabar Duka, Habib Thohir Alkaff Tegal Meninggal Dunia
apahabar.com

Nasional

Dua Solusi Wapres JK untuk Perbaiki Pemilu Indonesia
apahabar.com

Nasional

Aa Gym: Indonesia Harus Move-on
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com