Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru

Antisipasi Varian Delta, Anggota Dewan Banjarbaru Ajak Masyarakat Pakai Masker 2 Lapis

- Apahabar.com     Jumat, 6 Agustus 2021 - 14:07 WITA

Antisipasi Varian Delta, Anggota Dewan Banjarbaru Ajak Masyarakat Pakai Masker 2 Lapis

Ilustrasi pakai masker 2 lapis. Foto-net

apahabar.com, BANJARBARU – Menyikapi terdeteksinya Covid-19 varian delta di Kalsel, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru mengingatkan masyarakat taat Prokes dan menggunakan masker 2 lapis.

“Perihal masalah varian baru Delta, kita masih belum tahu itu dimana lokasi pastinya di Kalsel. Kita berharap semoga bukan di Banjarbaru. Masyarakat kudu mengantisipasi dengan menerapkan prokes lebih ketat,” ujar Wakil Ketua I DPRD Banjarbaru, Taufik Rachman kepada apahabar.com, Jumat (6/8).

Setidaknya, katanya masyarakat wajib disiplin 3 M yakni Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

“Apalagi ada arahan dari pemerintah pusat, pakai masker kalau bisa 2 lapis sekarang. Artinya masyarakat harus memiliki rasa mencintai diri sendiri dan keluarganya. Karena kita tahu Covid-19 ini sudah masuk ke klaster-klaster keluarga,” tutupnya.

Sebagai informasi, kasus Covid-19 varian Delta sudah terdeteksi di Kalsel. Data ini diperoleh dari laporan mingguan Kementerian Kesehatan pada 24-30 Juli 2021.

Laporan tersebut mengungkap ada satu kasus varian Delta pada satu minggu terakhir di Kalsel. Whole Genum Sequencing (WGS) juga terjadi di Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua Barat.

“Terdapat penambahan kasus varian Delta pada satu minggu terakhir di Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua Barat pada sampel yang diambil pada periode bulan Mei-Juli 2021,” Kemenkes dalam laporan mingguan tertulisnya.

Untuk diketahui, kasus pertama Delta terkonfirmasi di Jakarta pada bulan Januari 2021 dan Papua Barat pada bulan Mei 2021 yang diikuti dengan lonjakan kasus Covid-19 di bulan Juni.

Sedangkan kasus pertama Delta di Maluku dan Sulawesi Utara terjadi saat dimulainya kenaikan kasus di bulan Juni. Walaupun ada penambahan jumlah spesimen yang dilakukan WGS dari Provinsi Jambi, namun tidak ditemukan adanya kasus varian Delta.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

DPRD Banjarbaru

DPRD Banjarbaru

Jelang Tahun Baru, DPRD Banjarbaru Ingatkan Satgas Covid-19 Antisipasi Omicron
PPKM

DPRD Banjarbaru

DPRD Dukung Tindakan Tegas PPKM Mikro Pemkot Banjarbaru
dprd banjarbaru

DPRD Banjarbaru

DPRD Banjarbaru Bahas Raperda Perubahan Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah

DPRD Banjarbaru

Terima Komplain Terkait PPKM Level IV, Wakil Ketua DPRD Banjarbaru Minta Satgas Adil
Opini WTP

DPRD Banjarbaru

Raih Opini WTP, Pemkot Banjarbaru Diberi Aplaus Wakil Rakyat
Anggota DPRD Banjarbaru

DPRD Banjarbaru

Anggota DPRD Banjarbaru Divaksinasi, Windi: Mari Sukseskan Pemberantasan Covid-19
Ancaman Banjir

DPRD Banjarbaru

Ancaman Banjir Masih Hantui Banjarbaru, Dewan Minta Ada Antisipasi Nyata

DPRD Banjarbaru

Pansus C DPRD Banjarbaru Bahas Raperda tentang Penanaman Modal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com