Sssttt.. Catcalling Mahasiswi di Banjarmasin Cuma Satu dari Sekian Banyak Kasus KPK Rilis Hasil Penggeledahan Kedua di Amuntai HSU Kritik Pedas Pengamat Soal Komunitas Moge Lintasi Jembatan Alalak Baru Dua Hari Menghilang, Seorang Pria Ditemukan Tewas di Bawah Kolong Rumah Banjarmasin Utara Nekat Buka Lahan, Dua Penambang Ilegal di Kukar Kaltim Ditangkap

Buaya Ganas Muncul di Sungai Mentaya Bikin Cemas Warga Sampit, BKSDA Turun Tangan

- Apahabar.com     Senin, 2 Agustus 2021 - 00:11 WITA

Buaya Ganas Muncul di Sungai Mentaya Bikin Cemas Warga Sampit, BKSDA Turun Tangan

Komandan Jaga BKSDA Pos Sampit Muriansyah bersama warga saat memantau lokasi kemunculan buaya ganas di Sungai Mentaya, Minggu (1/8). Foto-Antara

apahabar.com, SAMPIT – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah (Kalteng) akhirnya turun tangan, Minggu (1/8). Menyusul munculnya buaya ganas di Sungai Mentaya bikin cemas warga Sampit, tempo hari.

BKSD Kalteng mengecek lokasi kemunculan buaya di Sungai Mentaya wilayah Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, sekaligus mengimbau masyarakat untuk lebih waspada.

“Kami ingin memastikan di mana lokasi kemunculan buaya kemarin. Selain itu kami juga mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati saat beraktivitas di sungai untuk menghindari serangan buaya,” kata Komandan Jaga BKSDA Pos Sampit, Muriansyah di Sampit seperti dilansir Antara, Minggu.

Kemunculan buaya di perairan Kelurahan Mentaya Seberang Kecamatan Seranau terjadi pada Sabtu (31/7) sekitar pukul 12.00 WIB.

Saat itu warga sempat mengabadikan momen kemunculan buaya tersebut menggunakan kamera telepon seluler.

Muriansyah menemui seorang motoris bernama Iyan (25). Iyan adalah saksi mata sekaligus orang yang merekam video kemunculan buaya tersebut.

Berdasarkan keterangan yang didapat, buaya tersebut diperkirakan jenis buaya muara dengan panjang sekitar tiga meter.

Lokasi kemunculan buaya di perairan wilayah Kelurahan Mentaya Seberang, berseberangan dengan Pusat Perbelanjaan Mentaya dan tempat rekreasi ikon Patung Jelawat.

Dalam pemantauan tersebut Muriansyah memberikan pengarahan pada warga yang dijumpai di sekitar lokasi kemunculan buaya agar selalu berhati-hati saat beraktivitas, terlebih saat hari sudah gelap karena rawan serangan buaya.

Muriansyah juga menemui ketua RT setempat untuk memberikan penjelasan dugaan penyebab kemunculan buaya di lokasi tersebut.

Dia meminta ketua RT membantu petugas untuk mengimbau warga agar berhati-hati saat beraktivitas di sungai, terutama pada waktu malam dan subuh hari.

“Kami terus melakukan pemantauan lokasi kemunculan buaya. Kami juga terus melakukan pengarahan kepada warga terkait dugaan-dugaan penyebab kemunculan buaya di lokasi tersebut sehingga warga lebih hati-hati,” ujar Muriansyah.

BKSDA Pos Sampit telah memasang tiga plang peringatan di wilayah perairan Sungai Mentaya terkait lokasi rawan serangan buaya.

Papan peringatan tersebut rencananya akan ditambah di dua lokasi lainnya agar masyarakat lebih waspada.

Muriansyah mengatakan, buaya menyasar perairan dekat permukiman warga untuk mencari makanan karena sumber makanan di habitat aslinya semakin sulit didapat.

Masyarakat diimbau tidak membuang bangkai binatang maupun sampah rumah tangga ke sungai karena bisa memicu kedatangan buaya lantaran akan menjadi sumber makanan buaya.

Warga juga diimbau tidak memelihara ternak dekat sungai karena juga bisa memancing kedatangan buaya.

Viral Penampakan Buaya Ganas di Sungai Mentaya Kalteng, Warga Sampit Was-was

 

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalteng

Bertambah 30, Kasus Sembuh Covid-19 di Kapuas Jadi 4.569 Orang
apahabar.com

Kalteng

Aksi Tolak UU Cipta Kerja di Palangka Raya Kalteng Sempat Ricuh
apahabar.com

Kalteng

ASN di Kapuas Diminta Tidak Menambah Libur
apahabar.com

DPRD Palangka Raya

DPRD Palangka Raya dan Tanbu Bertemu Bahas Program PEN
Sadis

Kalteng

Rekonstruksi Pembunuhan Sadis di Teweh, Pelaku Mendadak Kesurupan
Nadalsyah

Kalteng

Pakai Dana Pribadi Nadalsyah, Demokrat Kalteng Bangun Kantor Baru

Kalteng

Camat di Kapuas Diberikan Kewenangan Pungut Pajak PBB-P2
Polres Kapuas

Kalteng

Cukup di Motor, Polres Kapuas Siapkan Ratusan Dosis Vaksin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com