Curi Susu Demi Keponakan, Perkara Remaja Banjarmasin Dihentikan Lewat Restorasi Justice Fakta Baru Pembacokan di SPBU Banjar, Tak Ada Duit yang Hilang Dear KPK! Jangan Sia-siakan Pengorbanan Kades Aisyah Kotabaru Anies Baswedan untuk Presiden 2024 Mulai Bergaung di Kalsel Diterjang Banjir Rob, Pemukiman Warga Pesisir Pantai Tala Porak Poranda

Cair Pekan Depan, Ketahui Syarat dan Kriteria Pekerja Dapat Subsidi Gaji

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah kembali memberikan bantuan subsidi gaji atau subsidi upah ke pekerja yang terdampak
- Apahabar.com     Jumat, 6 Agustus 2021 - 08:52 WITA

Cair Pekan Depan, Ketahui Syarat dan Kriteria Pekerja Dapat Subsidi Gaji

Pekerja melakukan perawatan gedung bertingkat di Jakarta, Rabu (28/7/2021). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan selain pekerja di wilayah PPKM Level 4, subsidi upah juga akan diberikan kepada pekerja di wilayah PPKM Level 3.asional. Foto;Liputan6.com

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah kembali memberikan bantuan subsidi gaji atau subsidi upah ke pekerja yang terdampak pandemi. Nantinya subsidi gaji yang disebut Bantuan Subsidi Upah (BSU) ini diberikan bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Diprediksi bantuan subsidi upah pekerja akan disalurkan mulai minggu depan. “Belum, kita terus merampungkan kelengkapan termasuk data, mudah-mudahan awal minggu depan,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi, kutip Liputan6.com.

Disebutkan bila subsidi gaji pada kali ini ditargetkan untuk 8,7 juta pekerja yang terdampak pandemi Covid-19. Kriteria penerima tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 tahun 2021.

Namun para pekerja harus tahu jika pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan syarat dan kriteria pekerja atau buruh yang bisa mendapatkan bantuan subsidi upah selama berlangsungnya PPKM.

Anwar Sanusi, beberapa waktu lalu telah mengatakan bahwa calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) ditentukan dari beberapa kriteria yang sudah dirumuskan oleh pemerintah.

“Jadi data dari perusahaan pemberi kerja akan disetorkan ke BPJS Ketenagakerjaan. Sesuai dengan Permenaker No 16 Tahun 2021, syarat penerima adalah pekerja yang aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021,” jelas dia.

Beberapa syarat dan kriteria juga diumumkan melalui akun resmi Kemnaker di Instagram @kemnaker. Yuk, simak apa saja persyaratan penerima bantuan subsidi gaji untuk pekerja ini.

Syarat Penerima Bantuan Subsidi Upah/Gaji
• Warga Negara Indonesia (WNI)
WNI akan dibuktikan melalui kepemilikan NIK.

• Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021.

Memiliki gaij/upah paling banyak sebesar 3,5 juta. Pekerja/buruh di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota besar dari 3,5 juta, maka persyaratan gaji tersebut paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota yang dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh.

Misalnya, upah mininum Kabupaten Karawang adalah Rp4.789.312,00 akan dibulatkan menjadi Rp4,8 juta.

• Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan 4 yang sudah diterapkan pemerintah.
Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti, dan real estate, perdagangan dan jasa, kecuali pendidikan dan kesehatan (sudah ditentukan sesuai dengan kualifikasi sektoral BPJSTK)

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Update Virus Corona, Lebih dari 50 Persen Sembuh
apahabar.com

Nasional

4 Anggota DPRD Kalteng Didakwa Terima Suap dari Anak Usaha Sinarmas
apahabar.com

Nasional

Resmi, Jadwal Pengumuman SBMPTN Diundur Agustus 2020
4 Pasien Positif Covid-19 di Depok Meninggal Dunia

Nasional

4 Pasien Positif Covid-19 di Depok Meninggal Dunia
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 Indonesia 8 November: 437.716 Positif, 368.298 Sembuh
apahabar.com

Nasional

Tragedi Speedboat Paspampres, Ratu Belanda Belum Tentu Datang
KPC-PEN

Nasional

Dialog KPC-PEN Bedah Kunci Sukses Bangun Wirausaha Pemuda: Mental Jadi Penentu
apahabar.com

Nasional

Tok! Hakim Vonis Rizieq Shihab 4 Tahun Penjara Kasus Swab RS UMMI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com