OTT KPK di Amuntai HSU: Kadis PU hingga Eks Ajudan Bupati Diamankan, Modusnya Fee Proyek BREAKING! Polisi HSU Bekuk Pembunuh Brutal di Amuntai Tengah Terbongkar! Pembunuh Paman Es Kandangan Pura-Pura Anak di Bawah Umur Usai Penarikan Besar dalam Persediaan AS, Harga Minyak Melonjak OTT di Amuntai HSU, KPK Tangkap Pegawai-Pengusaha hingga Segel Ruang Bidang

Cek, Daftar Bansos yang Cair di September 2021

- Apahabar.com     Selasa, 31 Agustus 2021 - 15:49 WITA

Cek, Daftar Bansos yang Cair di September 2021

Ilustrasi, bansos. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah masih terus menyalurkan bantuan sosial (bansos) pada September 2021. Hal ini dilakukan

Demi mengurangi beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi covid-19, pemerntah terus menyalurkan bantuan sosial (bansos) ke masyarakat. Pada September 2021, ada sejumlah bansos yang akan diberikan.

Mengutip CNNIndonesia.com, Selasa (31/8), berikut rincian bansos yang akan diberikan pemerintah pada bulan depan

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Pemerintah memberikan bantuan PKH untuk masyarakat yang rentan sesuai dengan indeks bantuan atau kebutuhan. Nominal yang diberikan berbeda-beda antar keluarga.

Mengutip laman resmi Kementerian Sosial, untuk keluarga penerima manfaat (KPM) yang memiliki anak usia dini dan ibu hamil diberikan bantuan sebesar Rp2,4 juta.

Lalu, KPM yang memiliki anak di bangku SD diberikan bantuan sebesar Rp900 ribu, KPM yang memiliki anak di bangku SMP sebesar Rp1,5 juta.

KPM yang memiliki anak di bangku SMA diberikan bantuan dana Rp2 juta, memiliki anak disabilitas berat sebesar Rp2,4 juta, dan lanjut usia Rp2,4 juta.

2. Diskon Listrik

Pemerintah masih akan memberikan diskon listrik untuk pelanggan 450 VA dan 900 VA. Diskon berlaku hingga akhir September 2021.

Targetnya, stimulus akan diberikan kepada 32,6 juta pelanggan PT PLN (Persero). Pelanggan 450 VA diberikan diskon 50 persen dari tagihan dan 900 VA 25 persen dari tagihan.

Diskon yang diberikan lebih rendah dari sebelumnya. Dalam periode sebelumnya, pemerintah menggratiskan tagihan listrik untuk pelanggan 450 VA, sedangkan pelanggan 900 VA diberikan diskon 50 persen.

3. Bantuan Sosial Tunai (BST)

Pemerintah akan menyalurkan bantuan tunai sebesar Rp300 ribu per penerima. BST adalah program bansos yang sempat dihentikan pada April 2021 lalu.

BST rencananya diberikan kepada 10 juta penerima. Penyaluran BST dilakukan lewat kantor PT Pos Indonesia (Persero).

4. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Pemerintah menargetkan BPNT disalurkan untuk 18,8 juta penerima. Dana yang diberikan kepada penerima sebesar Rp200 ribu per bulan.

Dana itu disalurkan melalui akun elektronik. Nantinya, penerima bisa menggunakan dana tersebut untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan atau e-warong yang bekerja sama dengan bank.

5. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Gaji

Pemerintah masih akan menyalurkan BLT gaji atau subsidi bantuan upah (BSU) kepada pekerja bulan depan. Penyaluran dilakukan lewat Kementerian Ketenagakerjaan.

Masing-masing penerima akan mendapatkan bantuan sebesar Rp1 juta. Bantuan diberikan kepada pekerja bergaji maksimal Rp3,5 juta per bulan.

Pemerintah menargetkan menyalurkan BLT gaji kepada 8 juta pekerja. Namun, seluruh pekerja harus menjadi anggota aktif program jaminan sosial di BPJS Ketenagakerjaan.

Bantuan ini diberikan sesuai aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji atau Upah Bagi Pekerja atau Buruh dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Jalur Tergenang, Transjakarta Hentikan Sementara Sejumlah Koridor
Aset Negara

Nasional

Aset Negara Naik Jadi Rp11.098 Triliun pada 2020
apahabar.com

Nasional

Eijkman: Pasien Sembuh dari Covid-19 Bisa Terinfeksi Lagi
apahabar.com

Nasional

Rusuh Jakarta Semalam, Anies: Ratusan Luka, 6 Meninggal Dunia
apahabar.com

Nasional

Kemenhukum Kawal Proses Hukum Tragedi Limpasu HST
apahabar.com

Nasional

Jokowi Sapa Warga Palangkaraya dan Kupang, Prabowo ke Yogyakarta
Ilustrasi Gempa. Foto-Istimewa

Nasional

Manokwari Selatan Digoyang Gempa 4,1 M, Tak Berpotensi Tsunami
apahabar.com

Nasional

Mappilu PWI Desak Aparat Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan di Pilkada Serentak 2020
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com