Kaltim Raup Rp 19,8 M dari Pisang Kepok Gerecek di Expo Pangan Nusantara Respons Bupati Barito Timur Soal Warning Mensos Risma Terkait Banjir ‘Banyu’ Naik, Remaja Tewas Tersetrum di Siring Amuntai Kala Tapin Siap Jadi Lumbung Pangan IKN Baru di Kaltim Rangkaian Hari Menanam Indonesia, Wali Kota dan DLH Banjarbaru Tanam Ribuan Pohon

Chef Agus Sasirangan Unjuk Kebolehan Variasi 3 Menu, Ibu PKK HST Optimis Berinovasi

- Apahabar.com     Selasa, 24 Agustus 2021 - 19:37 WITA

Chef Agus Sasirangan Unjuk Kebolehan Variasi 3 Menu, Ibu PKK HST Optimis Berinovasi

Agus Sasirangan saat menampilkan praktik memasak dari 3 menu berbahan dasar ikan dan pangan lokal kepada ibu-ibu PKK HST, Senin (23/8). Foto-Diskominfo HST for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Ada yang menarik saat TP PKK Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar praktik memasak.

Kehadiran sosok Chef Agus Gazali Rahman atau dikenal sebagai Runner Up Master Chef Musim Pertama, Agus Sasirangan membuat ibu-ibu semakin berinovasi dalam memasak. Terutama yang berbahan dasar ikan dan pangan lokal.

Unjuk kebolehan Agus Sasirangan ini dibuktikan dengan 3 menu berbeda. Ada untuk menu balita, keluarga dan kudapan.

“Resep pertama Labu Cendol Murakata, kedua Rolled Patin Jalukap dan terakhir resep kudapan dengan nama Batu Benawa,” kata Ketua TP PKK HST, Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi, Selasa (24/8).

Cheri bilang, praktik yang ditampilkan Agus diharapkan mampu membuat inovasi-inovasi baru. Terlebih dalam memanfaatkan pangan lokal sebagai bahan dasarnya.

“Semoga hasilnya menjadi sebuah menu dan hidangan yang dapat menggugah selera masyarakat dan semakin mencintai produk pangan lokal banua kita,” harap Cheri.

Sebelumnya , Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan bekerjasama dengan TP PKK HST menggelar Praktik Keterampilan Inovasi Masak Berbahan Dasar Ikan dan Pangan Lokal.

Agenda ini dilaksanakan di Pendopo Bupati HST dengan menghadirkan Chef ternama di Kalsel, Agus Sasirangan, Senin (23/8).

Cheri dalam sambutannya menyebutkan tujuan dari pelaksanaan kegiatan itu untuk meningkatkan keterampilan memasak para peserta anggota PKK. Mereka dilatih dan dipersiapkan untuk mengikuti Lomba Inovasi Masak Berbahan Dasar Tingkat Propinsi Kalsel ke depannya.

Selain itu, dengan menu-menu yang telah diberikan Agus dapat memperkenalkan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan dan pangan lokal kepada masyarakat.

“Iovasi menu masakan pangan lokal, menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan,” terang Cheri.

Sebagai suatu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat, ketersediaan pangan belum tentu dapat menjamin terhindarnya penduduk dari masalah pangan dan gizi.

Selain ketersediaannya, perlu diperhatikan aspek pola konsumsi rumah tangga atau keseimbangan kontribusi jenis pangan yang di konsumsi. Tujuannya agar memenuhi standar gizi yang dianjurkan.

Dengan letak geografis dan potensi pertanian dan perikanan yang besar di HST, pemerintah dan masyarakat mampu memanfaatkan kondisinya. Salah satunya dengan memanfaatkan pangan lokal dan ikan untuk dijadikan berbagai variasi menu yang sehat tanpa mengurangi nilai gizinya.

“Hal ini untuk menghindari kejenuhan dan kebosanan terhadap menu makanan yang sudah ada, sehingga dapat menumbuhkembangkan kreatifitas bagi kita semua,” tutup Cheri.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

HST

Tanpa Chairansyah, Ernawati Dimakamkan Secara Prokes di Birayang HST
Jasad Guru

HST

Jasad Guru di Komplek Murakata HST Membusuk, Diduga Penyakit Kambuh Usai Makan Rambutan
Pengeroyokan Maut

HST

Pengeroyokan Maut di Haur Gading HST, Korban Mabuk dan Tantang Pengunjung Warung
apahabar.com

HST

Logistik Pilkada 2020 Berdatangan, KPU HST Masih Tunggu Kelengkapan APD

HST

Bawa Sajam di Malam Tahun Baru, Seorang Pemuda Diamankan Polres HST

HST

Tunggu Realisasi, Warga Hantakan HST Gotong Royong Bangun Jembatan Darurat 
Pencuri

HST

Dua Bulan Perburuan, Pencuri Puluhan Gram Emas Berlian di Bulau HST Berhasil Dilibas Buser
Donasi Banjir HST

HST

Terus Mengalir, Donasi Banjir HST Capai Ratusan Juta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com