BREAKING! KPK Periksa 11 Nama, Salah Satunya Bupati HSU Abdul Wahid Bantuan Rp 300 Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak Fakta Baru! Motif Lain Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan OTT Amuntai, Belasan Nama Baru Dua Hari Diperiksa KPK BREAKING! KPK Periksa 10 Nama Terkait OTT Amuntai, dari Sekda hingga Swasta

Dua Kementerian Kolaborasi Perkuat UMKM

- Apahabar.com     Rabu, 18 Agustus 2021 - 19:52 WITA

Dua Kementerian Kolaborasi Perkuat UMKM

Riyatno menunjukan dokumen Perjanjian Kerjasama antara Kementerian Investasi BKPM dengan Kementerian BUMN. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), berkomitmen menjalin kerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memperkuat usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM.

Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM, Riyatno mengatakan kolaborasi dua kementerian untuk memperkuat UMKM tersebut, diharapkan dapat membantu pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19.

“Banyak UMKM yang belum memiliki legalitas dalam hal ini Nomor Induk Berusaha (NIB). Target pemerintah khususnya Kementerian Investasi yaitu membantu memberikan legalitas kepada UMKM sebanyak mungkin,” kata Riyatno dalam sambutannya usai penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kementerian Investasi BKPM dengan Kementerian BUMN, secara daring di kantor masing-masing, Rabu (18/8), di Jakarta.

Riyatno mengungkapkan bahwa Kementerian BUMN selama ini telah banyak memberikan kontribusi bagi pengembangan UMKM melalui berbagai perusahaan maupun anak perusahaan BUMN.

Salah satu program yang telah diluncurkan adalah Pasar Digital (PaDi) UMKM yang merupakan bukti nyata keberpihakan pemerintah dalam memperluas pasar dan meningkatkan daya saing UMKM secara global.

Melalui kerja sama itu, kedua pihak dapat melakukan pertukaran data dan informasi antara sistem Online Single Submission (OSS) dengan platform PaDi UMKM, pertukaran data dan informasi lainnya di luar platform PaDi UMKM, serta kegiatan promosi bersama antara para pihak dan BUMN.

Selain itu, ruang lingkup kerja sama juga mencakup kegiatan fasilitasi bagi BUMN, anak perusahaan BUMN, dan UMKM di bawah binaan BUMN dan/atau yang terdaftar pada platform PaDi UMKM, antara lain fasilitasi perizinan berusaha, pemberian fasilitas penanaman modal, sosialisasi penyampaian Laporan

Kegiatan Penanaman Modal (LKPM), penyelesaian hambatan berusaha, kemitraan dengan penanaman modal skala besar, serta peningkatan kapasitas dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto mengatakan ruang lingkup yang dijelaskan dalam perjanjian kerja sama sudah sejalan dengan program Pemerintah untuk lebih memberikan perhatian kepada UMKM.

“Apabila data UMKM sudah tersistem secara baik dan informasinya lebih akurat, maka akan memudahkan pemerintah dan elemen lainnya dalam melakukan evaluasi, monitoring, dan penyusunan kebijakan pengembangan UMKM termasuk dalam pemberian ragam insentif khusus UMKM,” ujar Susyanto.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) saat ini mencapai 64,2 juta. Angka itu mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia. UMKM juga menyerap 120 juta dari 130 juta angkatan kerja Indonesia baik formal maupun informal.

Sementara itu, berdasarkan catatan Kementerian Investasi sejak dioperasikannya sistem OSS Berbasis Risiko tanggal 4 Agustus 2021 hingga hari ini pukul 12.50 WIB telah diterbitkan 36.629 NIB. Mayoritas skala usaha UMKM merupakan yang dominan di mana NIB usaha mikro mendominasi sebanyak 35.980, kemudian usaha kecil sebanyak 506 serta usaha menengah sebanyak 66.

Melalui kolaborasi tersebut pemerintah ingin membantu UMKM untuk naik kelas menjadi pelaku usaha dengan legalitas dan tata kelola yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan ketersediaan lapangan kerja dan menumbuhkembangkan ekonomi lokal, serta memperkuat perekonomian nasional.

Editor: Tim Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

KBRI Beijing Imbau WNI di China Pulang ke Indonesia
apahabar.com

Nasional

Terdengar Ledakan, Polisi Evakuasi Pengunjung Pasar Sampang
Erick Thohir

Ekbis

Resmikan 6 Subholding, Erick Thohir Ingin Pertamina Kejar Target 100 Miliar Dolar
apahabar.com

Nasional

Gugus Tugas Pertimbangkan Buka Tempat Ibadah untuk Salat Id
Kemenkes

Nasional

Kemenkes Minta RS Swasta Gotong Royong Tampung Pasien Covid-19
apahabar.com

Nasional

Mardani H Maming Siap Wujudkan Harapan Presiden Jokowi
Pasca Observasi 238 WNI dari Wuhan, Bupati Natuna: Tingkatkan Fasilitas Kesehatan Kami

Nasional

Pasca Observasi 238 WNI dari Wuhan, Bupati Natuna: Tingkatkan Fasilitas Kesehatan Kami  
apahabar.com

Nasional

Kapolri Keluarkan Maklumat Guna Tekan Penyebaran Corona
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com