Bantuan Rp 300 Disetop, Puluhan Ribu Keluarga di Banjarmasin Terdampak Fakta Baru! Motif Lain Pembunuhan Paman Es Kandangan di Paramasan OTT Amuntai, Belasan Nama Baru Dua Hari Diperiksa KPK BREAKING! KPK Periksa 10 Nama Terkait OTT Amuntai, dari Sekda hingga Swasta Salah Tangkap Mahasiswa HMI di Barabai, Rafi Boyong Selongsong Peluru ke Polda

Evakuasi Berakhir, Pesawat Militer Terakhir AS Tinggalkan Afghanistan

- Apahabar.com     Selasa, 31 Agustus 2021 - 09:28 WITA

Evakuasi Berakhir, Pesawat Militer Terakhir AS Tinggalkan Afghanistan

Bandara Kabul Afghanistan. Foto-AP

apahabar.com, KABUL – Pesawat militer terakhir Amerika Serikat telah resmi meninggalkan bandara Kabul, Afghanistan. Penerbangan terakhir pesawat militer tersebut juga sebagai penanda berakhirnya proses evakuasi Amerika Serikat terhadap warganya dan warga Afghanistan dari kelompok Taliban.

Seperti dilansir AFP, Selasa (31/8/2021), penarikan militer AS juga menjadi pertanda selesainya peperangan yang telah berlangsung selama 20 tahun di Afghanistan dan telah menghabiskan dana miliaran dolar. Tak hanya itu, tembakan perayaan pun terdengar di Kabul pada dini hari Selasa, dan pejabat senior Taliban yang gembira memuji peristiwa itu sebagai momen yang menentukan.

Penerbangan terakhir dilaporkan berangkat pada 1929 GMT Senin – tepat sebelum awal Selasa di Kabul. Penerbangan terakhir itu terjadi sebelum batas waktu terakhir yang ditetapkan oleh Presiden Joe Biden, yakni akhir 31 Agustus.

“Saya di sini untuk mengumumkan selesainya penarikan kami dari Afghanistan dan berakhirnya misi militer untuk mengevakuasi warga Amerika,” kata Jenderal AS Kenneth McKenzie mengatakan kepada wartawan Senin waktu Washington.

“Penarikan diri malam ini menandakan akhir dari komponen militer evakuasi tetapi juga akhir dari misi hampir 20 tahun yang dimulai di Afghanistan tak lama setelah 11 September 2001,” lanjutnya, kutip Detikcom.

Biden pun menyebut dirinya akan berpidato di depan negara pada hari Selasa di Washington terkait berakhirnya evakuasi tersebut.

Sementara itu, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan Afghanistan telah “mendapatkan kemerdekaan penuh” dengan penarikan AS. Sedangkan Anas Haqqani, seorang pejabat senior Taliban, mengatakan dia “bangga” menyaksikan “momen bersejarah ini”.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Australia

Internasional

Langgar Aturan Karantina Australia, Seekor Merpati yang Terbang Lintasi Pasifik Akan Disuntik Mati
apahabar.com

Internasional

China Uji Coba Vaksin Covid-19 pada Manusia di Uni Emirat Arab
Uji Coba

Internasional

Vaksin Covid-19 pada Anak, Moderna Perbesar Skala Uji Coba
Status Darurat Medis

Internasional

Desak Pemerintah Dukung Kesehatan, Ikatan Dokter Jepang Nyatakan Status Darurat Medis
apahabar.com

Internasional

Cek Fakta, Putri Vladimir Putin Tewas Setelah Dosis Kedua Vaksin Covid-19
apahabar.com

Internasional

Pengakuan Sang Adik, Wawancara Puteri Diana Tahun 1995 Diwarnai Tipu Daya
apahabar.com

Internasional

Masih Jadi Misteri, Tiga Pangeran Arab Wafat dalam Sebulan

Internasional

Bebas dari Tahanan India, Puluhan Nelayan Aceh Dipulangkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com