‘Banyu’ Naik, Remaja Tewas Tersetrum di Siring Amuntai Kala Tapin Siap Jadi Lumbung Pangan IKN Baru di Kaltim Rangkaian Hari Menanam Indonesia, Wali Kota dan DLH Banjarbaru Tanam Ribuan Pohon Ternyata Rumah Ambruk di Gatot Subroto Banjarmasin tidak Kantongi IMB Kebanjiran Terus, Kalsel Siapkan Megaproyek Kolam Regulasi, Wabup HST Bantah Ilegal Logging

Guru PAUD di HSS Ikuti Diklat Peningkatan Kompetensi

- Apahabar.com     Kamis, 12 Agustus 2021 - 22:05 WITA

Guru PAUD di HSS Ikuti Diklat Peningkatan Kompetensi

Ketua TP PKK HSS Isnaniah Achmad Fikry didampingi Wakil Srie Astuti Syamsuri Arsyad membuka Diklat K13. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Meningkatkan kompetensi mengajar, guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) penguatan kurikulum 2013 atau K13, Kamis (12/8).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSS, Siti Erma, menjelaskan pembukaan Diklat K13 bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dilaksanakan mulai 12, 13, 14 dan 16 Agustus 2021 secara virtual.

“Peserta berjumlah 110 orang, terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan Taman Kanak-kanak (TK) berjumlah 53 orang, Kelompok Bermain (KB) berjumlah 57 orang,” katanya.

Siti Erma menuturkan tujuan dari Diklat untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD dengan harapan mampu menerapkan kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran sekolah agar menjadi lebih baik.

Diklat K13 dibuka secara resmi oleh Ketua TP PKK HSS Isnaniah Achmad Fikry yang juga selaku Bunda PAUD secara virtual di Sekretariat TP PKK Lantai II.

Bunda PAUD HSS Isnaniah Achmad Fikry berpesan agar seluruh peserta dan panitia agar tetap mematuhi dan mentaati protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran Covid-19.

“Mari kita dukung bersama program pemerintah, baik tingkat pusat maupun daerah guna memutus rantai penularan virus corona,” lanjutnya.

Menurut Isnaniah, pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik supaya pada masa emas nantinya perkembangan anak mendapatkan stimulasi yang utuh.

“Sehingga dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak, salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut adalah dengan program pendidikan yang terstruktur,” jelasnya.

Kurikulum PAUD 2013 dibuat dengan tujuan mendorong perkembangan peserta didik secara optimal, memberi dasar untuk menjadi generasi penerus yang memiliki banyak kemampuan.

Sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif, serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara.

“Jika ada kendala maupun hal yang masih belum jelas terkait materi, diharapkan dapat disampaikan dan ditanyakan kepada narasumber,” pesannya.

Sementara narasumber pada Diklat penguatan K13 tersebut berasal dari Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Kalsel, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSS, Pimpinan TK Ayah Bunda Kecamatan Simpur dan Guru TK Aisyiyah 1 Kandangan.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Masjid Al-Ittihad Loksado

Pemkab HSS

Pembangunan Masjid Al-Ittihad Loksado HSS Menanti Uluran Tangan Donatur

Pemkab HSS

Pemkab HSS Tanggapi Ambrolnya Tanggul Sungai Desa Lungau

Pemkab HSS

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Bupati HSS Beri Penghargaan pada Guru Berprestasi
TP PKK HSS

Pemkab HSS

TP PKK HSS Bimtek Keterampilan Anggota di Daha Barat

Pemkab HSS

Bupati HSS Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kubah Makam Guru Kapuh
Tirta Amandit

Pemkab HSS

Perda Tirta Amandit Disepakati, Penuhi Kebutuhan Air Minum Masyarakat HSS

Pemkab HSS

Monitor Proyek Pembangunan, Wabup HSS Cek ke Lokasi

Pemkab HSS

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di HSS, Momentum Introspeksi Diri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com