Resmi, PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang 3 Pekan Setelah Viral Kisah Perjuangan Istri Alm Brimob Kalsel Hidupi 8 Anak Kronologi Lengkap Pembunuhan di Pelambuan Gara-Gara Istri Diganggu Fakta Baru Duel Maut di Sungai Miai Banjarmasin, Hanya Gara-Gara Rumput Laka di Kapar HST: Pengendara Vario Nyungsep ke Kolong Colt L-300

IDI Minta Pemerintah Siapkan Skenario Vaksin Dosis Ketiga untuk Masyarakat

- Apahabar.com     Kamis, 26 Agustus 2021 - 09:12 WITA

IDI Minta Pemerintah Siapkan Skenario Vaksin Dosis Ketiga untuk Masyarakat

Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengusulkan agar pemerintah dapat menyiapkan skenario vaksin Covid-19 dosis ketiga bagi masyarakat, khususnya mereka yang telah vaksin pada periode bulan Januari-April 2021 kemarin.

“Kami usulkan juga ada skenario kedua apabila itu (target vaksinasi) tidak tercapai, sehingga yang bulan Januari, Februari, Maret, April (sudah divaksin) perlu dilakukan booster. Karena antibiodinya sudah turun,” kata Wakil Ketua Umum IDI Slamet Budiarto dalam rapat kerja bersama dengan Komisi IX DPR RI, kutip Okezone.

Slamet menjelaskan, jika seandainya pemerintah melakukan penyuntikan 600 dosis vaksin kepada masyarakat setiap harinya, setidaknya butuh tujuh hingga delapan bulan untuk mencapai herd immunity.

“Kalo ini andaikan 600 ribu per hari, itu butuh tujuh sampai dalam bulan untuk terjadi herd immunity. Perlu kami sampaikan bapak ibu, sesuai analisa kami, vaksin ini dalam waktu enam bulan sampai 12 bulan ini sudah harus dilakukan booster,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini harus sudah bisa diantisipasi pemerintah. Di sisi lain jika melihat vaksinasi yang sedang dilakukan oleh pemerintah belakangan ini, dia pun optimis akhir tahun herd immunity tercapai.

“Tapi klo saya melihat seminggu ini InsyaAllah di akhir tahun bisa tercapai, dan itu mungkin sebuah apresiasi untuk Kementerian Kesehatan,” tutur dia melanjutkan.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Vaksin

Nasional

Setelah Indonesia, China Tak Layani Permintaan Asing Terkait Vaksin
apahabar.com

Nasional

Pemkot Batam Instruksikan Kurangi Penggunaan Plastik
apahabar.com

Nasional

Jokowi Diberi Gelar Adat Datuk Seri Setia Amanah Negara
apahabar.com

Nasional

Resmi Dilantik, Intip Nama-Nama Dewan Pengawas KPK
Indonesia

Nasional

Identitas Pelaku Parodi Lagu Indonesia Raya Mulai Terkuak

Nasional

Dor! Polisi Tembak Pembunuh Guru SD hingga Terungkap Pelaku Nekat Habisi Korban
apahabar.com

Nasional

Lihat Fakta Harta Miliaran Milik Menpora Imam Nahrawi
apahabar.com

Nasional

Tudingan Tanpa Bukti Jokowi Pakai Wireless Earphone
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com