Jokowi Resmikan Jembatan Alalak, Jalan Hasan Basri Kayutangi Macet Parah Jokowi Resmikan Pabrik Johnlin, Paman Birin Pinta Dua PSN Tiba di Banjarbaru, Presiden Jokowi Bertolak ke Banjarmasin Pak Jokowi! Siswa Peserta Vaksinasi Banjarmasin Tak Mau Sepeda Jokowi Tiba di Kalsel, Panggung Alalak Jadi Tontonan Warga

Imbas Error Personal, Ratusan Pelamar CPNS di Batola Kandas

- Apahabar.com     Selasa, 3 Agustus 2021 - 20:43 WITA

Imbas Error Personal, Ratusan Pelamar CPNS di Batola Kandas

Dari total 2.600 pelamar CPNS di Batola, tidak semuanya dapat mengikuti SKD yang dijadwalkan dimulai 25 Agustus 2021. Foto: CNBC

apahabar.com, MARABAHAN – Hasil seleksi administrasi seleksi CPNS Barito Kuala sudah diumumkan, Selasa (3/8). Hasilnya ratusan pelamar kandas di tengah jalan, karena tidak memenuhi syarat pendaftaran.

Tercatat 626 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat dari total 2.600 pelamar yang mengirimkan berkas melalui laman ssacn.bkn.go.id.

Dengan demikian, 1.974 pelamar dinyatakan lulus. Mereka pun tinggal bersiap menghadapi pelaksanaan Seleksi Keterampilan Dasr (SKD) yang dijadwalkan 25 Agustus hingga 4 Oktober 2021.

Berdasarkan analisis yang dilakukan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Batola, terdapat sejumlah penyebab kegagalan pelamar memenuhi syarat.

Salah satunya hanya mengunggah salah satu dari surat pernyataan bersedia mengabdi dan tidak pindah selama 15 tahun sejak diangkat sebagai PNS, serta surat pernyataan kebenaran dan keabsahan data.

Selain hanya mengunggah salah satu dari surat pernyataan itu, kesalahan pelamar adalah menggunakan materai yang sama untuk dua surat pernyataan dimaksud.

Kemudian pelamar dengan kualifikasi pendidikan profesi seperti dokter, ahli pertama perawat atau apoteker, tidak melampirkan ijazah dan transkrip S1.

Juga terjadi kesalahan format lamaran dan surat pernyataan, karena pelamar mengambil dari daerah atau instansi lain. Pun sebagian pelamar tidak lengkap mengisi data.

Error lain adalah berkas yang diunggah terpotong atau tidak lengkap. Padahal berkas itu krusial, seperti ijazah dan transkrip nilai.

Seharusnya dipindai lengkap dari kop sampai tanda tangan, beberapa pelamar justru mengunggah berkas tanpa kop atau tanda tangan, hingga bahkan nilai.

Kendati demikian, jumlah pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi persyaratan berpotensi akan berkurang, seiring ketersediaan masa sanggah.

“Pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, masih memiliki kesempatan untuk melakukan sanggah,” jelas Kepala BKPP Batola, H Akhmad Mawarni.

Sesuai penjadwalan yang disusun Badan Kepegawaian Nasional (BKN), periode sanggah berlangsung sejak 4 hingga 6 Agustus 2021.

“Masa sanggah digunakan pelamar yang merasa berkas sudah sesuai, tapi dianggap salah oleh verifikator,” beber Mawarni.

“Namun apabila kesalahan oleh pelamar sendiri, sanggahan tidak akan diterima karena masa sanggah bukan untuk perbaikan berkas,” tegasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Batola

Ditutup Sejak Maret 2020, Posyandu di Batola Dibuka Kembali
Remaja

Batola

Alami Celebral Palsy Berat, Remaja Kuripan Batola Ini Hanya Bisa Berebah

Batola

Anjir Muara Batola Dilanda Api Lagi, Dua Rumah Ludes
Menderita Tumor Bawaan

Batola

Menderita Tumor Bawaan, Kondisi Balita di Belawang Batola Ini Semakin Memprihatinkan
Sekolah

Batola

Belajar Tatap Muka Mulai 4 Januari, Berikut Prokes Sekolah di Batola
Batola

Batola

Banjir di Batola, Jumlah Pengungsi Meningkat Menjadi 9.170 Orang

Batola

Simpan Sabu Dalam Bola Lampu, Warga Karya Tani Batola Dijemput Polisi

Batola

Tuntut Transparansi PT ABS, Polemik Plasma Sawit di Wanaraya Batola Mulai Dimediasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com