Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Jalan Rusak di Matang Asam Lawahan, PUPR Tapin Akan Turun ke Lapangan

- Apahabar.com     Kamis, 5 Agustus 2021 - 20:55 WITA

Jalan Rusak di Matang Asam Lawahan, PUPR Tapin Akan Turun ke Lapangan

Kondisi jalan rusak di Matang Asam Desa Lawahan, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin. Foto-apahabar.com/Sandy

apahabar.com, RANTAU – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tapin angkat bicara terkait jalan rusak di Matang Asam Desa Lawahan, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin.

Kepala Dinas PUPR Tapin, H Yustan Azidin mengatakan pihaknya akan segera evaluasi rusaknya jalan Matang Asam tersebut.

“Masyarakat bisa sampaikan saja usulan di Musrembang dan nanti akan akan segera kita tindaklanjuti dengan evaluasi,” jelasnya kepada apahabar.com, Kamis (5/8).

Ia mengatakan bila kerusakan jalan tersebut akibat angkutan material pembuatan sarang walet, maka pihaknya akan kembali intens melakukan evaluasi.

“Bagaimana pun caranya, perlu ada evaluasi yang intens karena jika sudah diperbaiki dan masih ada aktivitas itu otomatis jalan pasti kembali rusak,” jelasnya.

Ia mengatakan untuk masyarakat di sepanjang jalan tersebut pasti terdampak selama masih ada aktivitas angkut material untuk pembangunan sarang walet.

“Nanti kita cek dulu gimana kondisi kerusakannya,” ucap Kepala Dinas PUPR Tapin.

Diwartakan sebelumnya, Jalan di Matang Asam, Desa Lawahan, Tapin Selatan, Tapin, mengalami rusak parah dalam beberapa tahun ini.

Diduga rusaknya jalan di daerah tersebut akibat angkutan material untuk pembangunan sarang walet.

Kepala Desa Lawahan, Indriyadi, mengatakan bahwa rusaknya jalan di Matang Asam memang sudah lama dan sebelumnya tiap tahun sudah diusulkan untuk dilakukan perbaikan.

“Sekitar 2 tahun yang sempat ingin diperbaiki namun terhenti, mungkin karena ada Covid-19. Setiap tahun kita ajukan terus, pokoknya kalau ada musrembang kita usulkan terus,” jelas pria akrab di panggil Pembakal Yadi.

Ia mengatakan rusaknya jalan tersebut diduga akibat mobil angkutan material pembangunan sarang walet dan lamanya sudah sekitar tiga tahunan yang lalu.

“Mobil angkutan material untuk membangun sarang burung walet, ada sekitar sepuluhan sarang burung dan tidak ada retribusi buat desa. Cuma, itu waktu sebelum kita menjabat sebagai kepala desa,” ungkapnya.

Pembakal Yadi berharap di sepanjang jalan Matang Asam itu agar secepatnya bisa diperbaiki, karena ada ada ratusan kepala keluarga yang tinggal dan utama mereka.

“Ada 250 kepala keluarga. Kalau bisa kepada pemerintah daerah tolong diperbaiki karena sudah banyak keluhan masyarakat,” harapnya.

“Kalau memakai dana desa itu tidak cukup, karena banyak juga untuk keperluan pembangunan yang lain. Panjang jalannya kurang lebih 3 kilometer,” tutup Yadi.

PUPR Tapin

Kepala Dinas PUPR Tapin, H Yustan Azidin. Foto- apahabar.com/Sandy

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tapin

Arifin Arpan Sedih HUT Tapin Tak Dirayakan Bersama Warga
Paskibraka

Tapin

Asah Fisik dan Bentuk Mental, Kodim 1010/Tapin Latih Paskibraka Terpilih
Surat Suara PSU

Kalsel

Pleno Kecamatan di Tapin Rampung, Surat Suara PSU Dijaga Ketat Aparat
Polda Kalsel

Tapin

Polda Kalsel Temukan Alat Berat Saat Patroli di Wilayah PKP2B PT. SKB

Tapin

Operasi Sikat Intan 2021, Polres Tapin Berhasil Ungkap Belasan Kasus

Tapin

Belasan Babinsa Kodim 1010/Rantau Serap Ilmu Wartawan Tapin

Tapin

Kail Pancing Sangkut di Kabel Listrik, Buruh Sawit di Tapin Meregang Nyawa
Vaksinasi

Tapin

Binda Kalsel Gelar Vaksinasi untuk Pesantren dan Masyarakat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com