Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas Masih Berlangsung! Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUP HSU

Jangan Lupa! Esok Puasa Tasua, Ini Keutamaannya

- Apahabar.com     Selasa, 17 Agustus 2021 - 21:58 WITA

Jangan Lupa! Esok Puasa Tasua, Ini Keutamaannya

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Pada 9 Muharam umat Islam disunahkan untuk melakukan puasa Tasua. Momentum tersebut jatuh pada Rabu (18/08) esok hari.

Puasa Tasua adalah puasa sunah yang dilakukan setiap 9 Muharram atau sebelum hari Asyura atau puasa Asyura pada 10 Muharram. Hukum melakukan puasa Tasua adalah sunah.

Nabi Muhammad SAW memerintahkan umat Islam untuk berpuasa pada hari Tasua yaitu 9 Muharram agar menjadi pembeda dengan orang Yahudi dan Nasrani.

“Kalau saja aku hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan berpuasa Tasua,” kata Nabi Muhammad, dalam hadis riwayat Imam Muslim, seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa (17/08).

Namun, Rasulullah tak sempat melakukan puasa Tasua karena beliau meninggal dunia di tahun tersebut.

Berikut 5 keutamaan puasa Tasua:

1. Menjadi pembeda dari agama lain
Keutamaan puasa Tasua pada 9 Muharram adalah menjadi pembeda dari agama lain.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk berpuasa di hari Tasua agar menjadi pembeda dengan yang dilakukan oleh agama lain.

2. Melengkapi puasa Asyura
Puasa Tasua dilakukan sehari sebelum puasa Asyura yang dapat menghapus doa setahun yang lalu. Berpuasa di hari Tasua akan melengkapi amal ibadah puasa Asyura.

3. Puasa yang utama
Hadis yang diriwayatkan Imam Muslim juga menyebutkan puasa yang paling utama setelah puasa wajib di bulan Ramadan adalah puasa di bulan Muharram.

“Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam,” bunyi Hadis Riwayat Muslim.

Puasa Tasua dan puasa sunah yang dilakukan di bulan Muharram lainnya, termasuk puasa Asyura, memiliki nilai dan keutamaan yang besar dari Allah SWT.

4. Menjalani sunah Rasul
Mengamalkan puasa Tasua berarti mengikuti sunah Rasul. Allah SWT mencintai hambanya yang mengikuti sifat dan perilaku Rasulullah SAW.

5. Mendekatkan diri pada Allah
Puasa adalah cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Allah menjanjikan pahala dan tempat terbaik di surga untuk orang yang rajin berpuasa.

Untuk mendapatkan keutamaan puasa Tasua, umat Islam dapat melakukan puasa di hari Tasua pada 9 Muharram dengan khusyuk. Pada tahun ini puasa Tasua dapat dilakukan pada Rabu, 18 Agustus 2021. Tata cara puasa Tasua sama dengan puasa sunah lainnya yang diawali dengan niat dan menahan hawa nafsu dari waktu subuh hingga waktu Magrib.

 

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Habib Ali bin Syekh Abu Bakar Motivasi Warga Tanah Laut untuk Gemar ‘Ibadah’
Iklan Rokok

Habar

Kocak, Iklan Rokok Pajang Wajah Emak-Emak Viral Penghina Kurir COD
apahabar.com

Religi

Dakwah Melalui Institusi Negara Kerajaan Banjar
apahabar.com

Habar

Sempat Ingkari Kerasulan Nabi Muhammad SAW, Filsuf Ini Mendadak Masuk Islam
Sheikh Abdurrahman Sudais.Foto-net

Habar

Sheikh Sudais Umumkan Dua Masdjid Suci Beroperasi Selama Ramadan
apahabar.com

Habar

Komisi Fatwa Uni Emirat Arab Haramkan Umat Muslim ke Mars
apahabar.com

Habar

Setelah Nabawi, Masjid Kebanggaan Umat Islam Ini Juga Kembali Dibuka
apahabar.com

Habar

Darurat Covid-19 Kalsel dan Seruan Baca Ratibul Haddad, Simak Keutamaannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com