Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Kebijakan Terbaru, Perguruan Tinggi di Wilayah PPKM 1-3 Boleh PTM

Perguruan Tinggi di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-3 dapat melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM)
- Apahabar.com     Jumat, 27 Agustus 2021 - 20:51 WITA

Kebijakan Terbaru, Perguruan Tinggi di Wilayah PPKM 1-3 Boleh PTM

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Perguruan Tinggi di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-3 dapat melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Kebijakan tersebut disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dalam webinar Efektivitas Pendidikan Tinggi dengan PTM Terbatas dan Bantuan UKT Kuliah, Jumat (27/08).

Pelaksanaan PTM tersebut, kata Nadiem, dilakukan secara terbatas dan harus menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai SKB Empat Menteri.

“Kuncinya mengikuti SKB Empat Menteri, maka perguruan tinggi di wilayah PPKM Level 1-3 diperbolehkan mengadakan PTM terbatas. Tetap ada aturan main yang berlaku, ada berbagai prokes yang tetap harus dilaksanakan,” jelas Nadiem.

Nadiem mengatakan, kedisiplinan mahasiswa menjadi kunci berlangsungnya PTM terbatas di kampus.

“Poin terpenting adalah menjadi ini (disiplin pada prokes), karena kalau ini (kampus) jadi klaster, ini (PTM terbatas) akan bubar lagi), karena terbukti tidak disiplin. Kalau mahasiswa ingin melaksanakan (PTM terbatas), ini ada di tangan mahasiswa,” kata Nadiem.

Nadiem menjelaskan, sejumlah bentuk kedisiplinan mahasiswa dalam melaksanakan kuliah tatap muka terbatas juga mencakup komitmen dalam saling melindungi warga kampus satu sama lain. Ia menekankan, mahasiswa juga perlu melaksanakan vaksinasi.

“Memberitahu teman-teman yang sakit, flu atau demam, untuk tidak masuk, ini ada di tangan mahasiswa. Di samping itu, adik-adik yang belum divaksin, cari informasi tempat vaksinasi terdekat untuk mendapat vaksin,” kata Nadiem.

Nadiem menambahkan, bentuk kedisiplinan dalam pelaksanaan PTM terbatas juga mencakup penyebaran informasi yang benar terkait Covid-19 dan PTM terbatas.

“Manfaatkan media sosial untuk menyebarkan info yang benar, jangan menyebarkan info yang tidak benar atau hoax,” katanya.

Nadiem menekankan, pelaksanaan kuliah tatap muka terbatas bergantung pada komitmen mahasiswa. “Jadi saya ingin menekankan sekali lagi, (PTM Terbatas) ini bergantung pada komitmen adik-adik mahasiswa dalam melindungi (satu sama lain),” kata Nadiem.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Gempa M 5,5 Terjadi di Alor NTT
apahabar.com

Nasional

Jokowi-Ma’ruf Amin Menang Telak di TPS Sultan Yogya
apahabar.com

Nasional

Jokowi Minta NU Ikut Tangkal Hoaks dan Fitnah
apahabar.com

Nasional

Temukan Pelanggaran Pemilu 2019, Emak-Emak ‘Geruduk’ KPU Kalsel
apahabar.com

Nasional

Skandal Ukraina, Presiden AS Dimakzulkan oleh DPR
Pembunuhan Ibu dan Anak

Hukum

Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Polisi Dapatkan Titik Terang Sosok Pelaku
apahabar.com

Nasional

Kapan Covid-19 Berakhir? Simak Prediksi dari 27 Negara Termasuk Indonesia
apahabar.com

Nasional

Lima Kebakaran Lahan Melanda Kalsel, Enam Orang Terkurung Api
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com