Dievakuasi ke Banjarmasin, 7 Korban KM Ladang Pertiwi Selamat DITANGKAP! Terduga Pembunuh Undur di Bungur Tapin Fakta Baru Duel Maut di Arena Judi Datarlaga HST KM Ladang Pertiwi Tenggelam, Penumpang Dievakuasi ke Banjarmasin Makin Gacor, Atlet Panjat Tebing Kiromal Katibin Pertajam Rekor Dunia

Kemendikbudristek Pastikan Siswa di Bawah 12 Tahun Boleh PTM

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan siswa di bawah usia 12 tahun bisa melaksanakan
- Apahabar.com     Kamis, 12 Agustus 2021 - 13:46 WITA

Kemendikbudristek Pastikan Siswa di Bawah 12 Tahun Boleh PTM

Ilustrasi siswa sekolah dasar (SD) mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM). Foto-radarkudus.com/Indah Susanti

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan siswa di bawah usia 12 tahun bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Kepastian itu setelah pemerintah memutuskan PTM boleh dilaksanakan di daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level I-III dengan protokol kesehatan.

“[Kebijakan PTM] tanpa batas usia,” kata Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbudristek Jumeri seperti dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (12/8).

Kebijakan pembukaan sekolah sendiri diputuskan pemerintah setelah Kemendikbudristek mengusulkan pelonggaran PTM selama masa pandemi. Diketahui, pemerintah awalnya merencanakan pembukaan seluruh sekolah di Juli 2021. Namun rencana ini diurungkan karena lonjakan covid-19 pasca libur Idul Fitri.

“Siswa, orang tua, guru sudah mendesak untuk bisa PTM,” tutur Jumeri.

Sebelumnya, masih dilansir CNNIndonesia.com Plt Kepala Biro Kerjasama dan Humas Kemendikbudristek Hendarman mengatakan aturan pelaksanaan PTM di sekolah bakal mengacu pada SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Dalam aturan tersebut disampaikan bahwa sekolah wajib membuka opsi PTM dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) setelah guru dan tenaga kependidikannya mendapat vaksinasi covid-19.

Sementara siswa dapat mengikuti PTM atas seizin orang tua. Jika orang tua tidak memperkenankan, maka siswa masih bisa melaksanakan PJJ secara daring ataupun luring.

Pelonggaran aturan PPKM sendiri bukan hanya berlaku di sektor pendidikan, namun juga kegiatan masyarakat lainnya seperti pusat perbelanjaan hingga ibadah.

Namun di wilayah seperti di DKI Jakarta, vaksinasi covid-19 menjadi syarat bagi warga untuk mengikuti kegiatan. Anak dengan usia di bawah 12 tahun pun diimbau tidak berkunjung ke pusat perbelanjaan atau melakukan perjalanan jauh untuk sementara waktu.

Diketahui sejauh ini belum ada vaksinasi Covid-19 yang dapat digunakan untuk anak usia di bawah 12 tahun. Sementara vaksinasi anak usia 12 sampai 17 tahun sudah berjalan di sejumlah daerah.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Mendagri Sebut Kemauan dan Kemampuan Kepala Daerah Kunci Pengendalian Covid-19
apahabar.com

Nasional

Ibunda Jokowi Meninggal Bukan karena Covid-19
apahabar.com

Nasional

KPK Dalami Pemberian kepada Anggota DPRD Kalteng
apahabar.com

Nasional

Kabar Adanya Tsunami Susulan Hoaks
apahabar.com

Nasional

Polisi Tangkap Eggi Sudjana di Hari Pelantikan Presiden
apahabar.com

Nasional

May Day 2020, Tiga Tuntutan Buruh Hari ini
apahabar.com

Nasional

Haornas 2019: Tembus Kancah Internasional, Esport Kalsel Wajib Didukung
Sutardji Calzoum

Nasional

Penghargaan Nobel Sastra, Sosok Sutardji Calzoum Dinilai Pantas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com