STIA Amuntai Gelar Wisuda ke-16 Bagi Ratusan Lulusan D3 hingga S1 Cuaca Ekstrem, Gelombang Sapu Makam Tua di Mattone Pagatan Keluarkan Tulang Belulang MPP Banjarbaru Bawa Angin Segar, Investasi Lampaui Target hingga 124 Persen Peredaran Rokok Ilegal Tinggi, KAKI Kalsel Geruduk Kantor Ditjen Bea Cukai Status Siaga Banjir di Balangan Berlaku hingga 12 Desember

Masih PPKM, Mahasiswa Banjarmasin Unjuk Rasa Tetap Perhatikan Prokes

- Apahabar.com     Senin, 30 Agustus 2021 - 15:22 WITA

Masih PPKM, Mahasiswa Banjarmasin Unjuk Rasa Tetap Perhatikan Prokes

Unjuk rasa mahasiswa di depan Gedung DPRD Kalsel, Jalan Lambung Mangkurat digelar saat PPKM level IV Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Dalam aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Kalsel, mahasiswa Banjarmasin tetap perhatikan protokol kesehatan (Prokes).

Terlebih dalam unjuk rasa mahasiswa Banjarmasin kali ini masih diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV.

Apalagi, unjuk rasa mahasiswa juga menyuarakan 9 tuntutan terkait penanganan Covid-19 di Kalsel yang dianggap lemah.

Ratusan peserta aksi nampak displin prokes selama berada di Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, lokasi kantor DPRD Kalsel berada.

Di antaranya mereka jaga jarak, mengenakan masker dan tidak menimbulkan gesekan dengan aparat kepolisian.

Mereka hanya menuntut untuk bertemu perwakilan DPRD Kalsel. Beruntung Ketua Komisi IV Kalsel Lufti Saifudin berhadir di hadapan ratusan mahasiswa.

Mahasiswa membawa beberapa tulisan ‘PPKM (Pemerintah Penuhi Kebutuhan Masyarakat)’ hingga ‘Rakyat Hidup Sepangkut Sepangsih Dingalihi’.

Sebelumnya, Ketua DPRD Supian HK menyarankan mahasiswa menyampaikan aspirasinya melalui audiensi ketimbang menggelar aksi di jalan.

Sehingga, menurutnya mahasiswa bisa menyampaikan tuntutannya lebih tenang dan tanpa ada kerumuman yang ditimbulkan. “Kalau bisa audiesi saja,” Kata Supian HK kepada apahabar.com.

Untuk audiesi, DPRD sudah menyiapkan tempat untuk perwakilan mahasiswa. Dan ia pun sudah membuat surat ke Polda Kalsel untuk menggelar audiesi.

Alasan lain Supian menolak aksi unjuk rasa karena akan menimbulkan kerumunan dan beresiko menularkan Covid-19. “Sekarang ini kan sedang PPKM Level IV,” Sambung poltisi Golkar itu.

Ada pun sembilan tuntutan mahasiswa yakni:

1. Menuntut pemerintah mempercepat pelaksanaan vaksinasi gratis secara merata untuk masyarakat dengan selalu mengedepankan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

2. Menuntut pemerintah menjamin pembiayaan kesehatan untuk masyarakat seperti tes diagnosa covid-19, pemberian suplemen kesehatan pasca vaksin, memberikan jaminan rehabilitasi secara utuh; mulai dari pemenuhan kebutuhan makan, ekonomi dan kebutuhan medis pasca vaksin bagi rakyat, khususnya kelompok rakyat rentan, seperti, buruh, nelayan, pedagang kaki lima dan lain-lain, dan jaminan biaya pengobatan pasien covid-19, termasuk pasien yang melakukan isolasi mandiri.

3. Menuntut Pemerintah menjamin pemenuhan hak-hak dasar rakyat selama pandemi covid-19 melanda sesuai amanat UU No. 6 Tahun 2018.

4. Menuntut pemerintah menerapkan kebijakan karantina wilayah sebagaimana amanat UU No 6 Tahun 2018.

5. Menuntut pemerintah menjamin pemberian pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang berkeadilan dan berperikemanusiaan selama pandemi Covid-19.

6. Menuntut pemerintah untuk melakukan penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan yang progresif dalam upaya penanggulangan pandemi covid-19.

7. Menuntut pemerintah meningkatankan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kesehatan, terutama dalam menunjang upaya percepatan penanggulangan pandemi covid-19.

8. Menuntut pemerintah untuk memperjelas dan menjamin pengelolaan limbah penanganan covid-19.

9. Menuntut pemerintah meningkatkan jaminan ketersediaan alat kesehatan, farmasi, dan makanan untuk penanggulangan pandemi covid-19.

Respons Ketua DPRD Kalsel Saat Mahasiswa Gelar Aksi di Jalan

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Kalsel

Kurir 208 Sabu Kalsel Harap-Harap Cemas, Jaksa Ngotot Hukuman Mati
apahabar.com

Kalsel

Disebut Tak Berizin di Banjarmasin, Bos Travellindo Sebut Kemenag Aneh
apahabar.com

Kalsel

Menjelang Sertijab, Kapolres HST Terima Penghargaan
apahabar.com

Kalsel

Angin Kencang Hantam Rumah Warga di 6 Desa Kabupaten Banjar
Tenggelam di Sungai Amandit

Kalsel

Nih! Kronologis Lengkap Lelaki Paruh Baya Tenggelam di Sungai Amandit Loksado
apahabar.com

Kalsel

Kodim 1002 Beri Wawasan Kebangsaan pada Siswa SMKN Barabai
apahabar.com

Kalsel

Malam Nisfu Syakban, Simak Doa Guru Zuhdi untuk Indonesia
apahabar.com

Kalsel

Cegah Mafia Tanah, BPN Batola Kebut Sertifikat Tanah Pemerintah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com