Jembatan Ambruk, Warga Pingaran Ilir Terpaksa Menyeberang Pakai Perahu Tali Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng

Menkes: Covid Bukan Aib, Fatality Lebih Rendah dari TBC-HIV AIDS

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan penyebab lonjakan kematian akibat Covid. Keterlambatan penanganan di rumah sakit
- Apahabar.com     Senin, 2 Agustus 2021 - 13:28 WITA

Menkes: Covid Bukan Aib, Fatality Lebih Rendah dari TBC-HIV AIDS

Menkes Budi Gunadi Sadikin Foto-Biro Pers Sekretariat Presiden

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan penyebab lonjakan kematian akibat Covid. Keterlambatan penanganan di rumah sakit jadi salah satu alasannya dan Menkes meminta warga jangan takut melapor jika terinfeksi.

Dalam jumpa pers virtual, Senin (2/8/2021), Menkes menyebut rata-rata orang meninggal akibat Covid di IGD rumah sakit mendadak jadi lebih cepat dari 8 hari menjadi 3-4 hari. Data ini membuat Kemenkes heran.

“Ternyata kita lihat fakta berikutnya adalah orang masuk rumah sakit dulu tuh saturasinya masih 93, 92, 90, sekarang orang masuk rumah sakit sudah 70 saturasinya, sudah 80. Itu sudah telat sekali,” kata Menkes.

Dengan saturasi di bawah angka 90, Menkes menyebut virus sudah menyebar ke dalam paru-paru dan menimbulkan sesak. Menkes melihat kemungkinan masyarakat malu melapor karena merasa Covid itu aib.

“Sehingga kita melihat, oh kematian ini terjadi karena satu, mungkin karena edukasi masyarakat perkiraan kita ya sehingga orang takut kalau kena Covid seperti aib gitu ya. Ya jangan,” kata dia.

Menkes Budi berharap masyarakat terkena Covid tidak malu berobat ke rumah sakit jika saturasi sudah di bawah 90-an. Fatality Covid, disebut Menkes, lebih rendah dari TBC-HIV Aids dan dia yakin jika pasien dirawat dengan cepat harusnya akan sembuh.

“Covid ini secara fatality lebih rendah daripada TBC kok, lebih rendah daripada HIV Aids. Jadi kalau dia dirawat dengan cepat harusnya bisa sembuh,” kata Menkes.

“Nggak usah malu, nggak usah khawatir kalau kena. Yang penting lapor saja, begitu tes cepat-cepat tes, nggak usah takut dites. Begitu kita tahu, kita bisa tangani,” ujarnya menegaskan.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Mundur dari Menpora, Imam Nahrawi Ingatkan Koleganya Tetap Lanjutkan Kerja
apahabar.com

Nasional

Desak Kemenag Gunakan Rupiah Untuk Haji 2019
apahabar.com

Nasional

Kapolri: Tunjangan Kinerja Polri jadi 70 Persen
apahabar.com

Nasional

KPK Panggil Petinggi PLN Batubara dan Samantaka
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Ada Bank Wakaf Mikro, UMKM Bisa Hindari Rentenir
apahabar.con

Nasional

Ketika Wagub Hadi Semobil dengan Jokowi, Apa yang Dibicarakan?
apahabar.com

Nasional

Hina Moeldoko, Pemilik Akun Facebook di Jakarta Ditangkap Bareskrim
apahabar.com

Nasional

Hari Disabilitas 2018: Banjarmasin Tak Ramah untuk Kaum Difabel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com