BREAKING! KPK Rilis Hasil Penggeledahan Kedua di Amuntai HSU Kritik Pedas Pengamat Soal Komunitas Moge Lintasi Jembatan Alalak Baru Dua Hari Menghilang, Seorang Pria Ditemukan Tewas di Bawah Kolong Rumah Banjarmasin Utara Nekat Buka Lahan, Dua Penambang Ilegal di Kukar Kaltim Ditangkap Klaim Kantongi Rekom Pemkot, Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Beroperasi

PBNU Minta Pemerintah Larang Lomba Agustusan Tahun Ini

- Apahabar.com     Selasa, 3 Agustus 2021 - 21:50 WITA

PBNU Minta Pemerintah Larang Lomba Agustusan Tahun Ini

Ilustrasi lomba 17 Agustus. Foto-ANTARA

apahabar.com, JAKARTA – Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Lakpesdam-PBNU), Rumadi Ahmad meminta pemerintah pusat dan daerah untuk membuat aturan terkait peniadaan lomba dalam rangka perayaan HUT RI Ke-76 pada 17 Agustus tahun ini.

Ia menilai kegiatan itu perlu dilarang untuk menghindari penyebaran serta kondisi pandemi Covid-19 yang masih mengkhawatirkan.

“Sebenarnya peniadaan lomba-lomba yang memeriahkan Hari Kemerdekaan sudah ditiadakan juga tahun lalu. Tahun ini, melihat kondisi pandemi yang masih mengkhawatirkan pemerintah sebaiknya kembali memberi atensi soal ini. Pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah perlu membuat aturan soal [peniadaan lomba] ini,” kata Rumadi, kutip CNNIndonesia.com, Selasa (3/8).

Rumadi khawatir tradisi lomba memperingati Hari Kemerdekaan RI potensial jadi sarana penularan virus corona. Ia pun meyakini masyarakat tak akan memaksakan untuk menggelar lomba-lomba tersebut.

Ia lantas menyarankan masyarakat memanfaatkan platform digital untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-76. Salah satunya dengan memanfaatkan Rumah Digital Indonesia yang diluncurkan oleh pemerintah beberapa waktu lalu.

Rumah Digital Indonesia (RDI) merupakan sarana bagi masyarakat bisa berinteraksi, menonton berbagai konten hiburan seni dan budaya, melakukan lomba khas 17-an, hingga belanja produk lokal secara virtual.

“Lomba Agustusan tetap ada tapi ruangnya dipindah ke ruang virtual. Pemerintah Daerah, saya kira bisa memanfaatkan ruang ini untuk memeriahkan Agustusan,” tambah dia.

Tradisi lomba 17 Agustus selama ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Diketahui, pada tahun lalu banyak pemerintah daerah yang melarang warganya untuk menggelar acara lomba 17 Agustus imbas pandemi virus corona.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Omnibus Law Cipta Kerja Untungkan Siapa?

Nasional

Isak Tangis Warnai Pemakaman Herman Seventeen
100 Juta Dosis Vaksin

Nasional

Sri Mulyani Target 100 Juta Dosis Vaksin Beres Pekan Ini
apahabar.com

Nasional

KPK Sarankan Presiden Terpilih Bentuk Zaken Kabinet
apahabar.com

Nasional

Pagi Ini Rupiah Menguat ke Rp14.027/USD
Presiden Jokowi. Foto-Ist

Nasional

Vaksinasi Gotong Royong Dimulai, Jokowi Harap Herd Immunity Segera Terbentuk
apahabar.com

Nasional

35 Titik Percetakan Surat Suara Diamankan Polisi
KPK

Nasional

Kasus Benur KKP, KPK Sita Rp 3 Milar dari Saksi Syammy Dusman
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com