DITANGKAP! Pelaku Tabrak Lari Tewaskan Ibu-Anak di Kotabaru PT Maming 69 Hijaukan Pesisir lewat Mangrove, Puluhan Ribu Bibit Ditanam Tanah Bumbu Cetak Ribuan Sarjana lewat Beasiswa H Maming Hasil Liga 2 Grup D: Drama Menit Akhir, Persiba Gasak Persewar Potensi Hujan dan Angin Kencang Bayangi Agenda Jokowi di Kalsel Hari ini

Pemkab Banjar Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik di Surat Kedinasan

- Apahabar.com     Kamis, 26 Agustus 2021 - 11:12 WITA

Pemkab Banjar Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik di Surat Kedinasan

Diskominfo, Statistik, dan Persandian Banjar saat pembahasan draft rancangan Surat Keputusan Bupati Banjar tentang penerapan TTE di Aula Dinas Kominfo Banjar, Rabu (25/8). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar mulai menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) dalam surat-menyurat kedinasan.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, HM Aidil Basith mengatakan tanda tangan elektronik atau E-Sign terdiri atas informasi elektronik yang dilekatkan, terasosiasi dengan informasi elektronik lainnya.

Setiap sistem elektronik instansi yang membutuhkan persetujuan atau tanda tangan elektronik dari pejabat terkait, akan mengirimkan dokumen elektronik kepada sistem tanda tangan elektronik.

Sistem tanda tangan elektronik kemudian akan mengirimkan notifikasi ke perangkat yang digunakan oleh pejabat yang bersangkutan dan pejabat tersebut dapat menandatangani secara elektronik dokumen yang telah diterima.

“Tanda tangan elektronik berfungsi sebagai alat untuk memverifikasi dan autentifikasi atas identitas penandatanganan, sekaligus untuk menjamin keutuhan dan keautentikan dokumen,” ujar Basith di sela pembahasan draft rancangan Surat Keputusan Bupati Banjar tentang penerapan TTE di Aula Dinas Kominfo Banjar, Rabu (25/8).

Ia melanjutkan, TTE sama dengan tanda tangan manual yaitu bersifat unik, yakni seseorang akan berbeda dengan tanda tangan orang lain. “Setiap orang yang membuat tanda tangan elektronik, maka harus melalui verifikasi oleh Badan Sertifikasi Elektronik atau BSrE,” jelas Basith.

TTE mempresentasikan identitas penandatanganan yang diverifikasi, berdasarkan data pembuatan tanda tangan elektronik, dibuat secara unik yang hanya merujuk kepada penandatanganan.
“Penggunaan TTE akan mempermudah dalam urusan surat-menyurat serta disposisi surat bisa lebih cepat dilakukan. Saat ini sudah beberapa pejabat eselon II di Pemkab Banjar yang memiliki TTE terverifikasi,” kata Basith.

“Kita akan terus melakukan pengusulan secara bertahap agar nantinya seluruh pejabat di Kabupaten Banjar memiliki TTE,” tandas Basith.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Drainase di Kompas Martapura

Pemkab Banjar

Dinas PUPR Banjar Perbaiki Drainase di Kompas Martapura
workshop

Pemkab Banjar

Pentingnya Data Pasti, DKISP Banjar Gelar Workshop Satu Data Statistik Sektoral

Pemkab Banjar

Lebih Cepat, Pemindahan Makam di Sekumpul Selesai 3 Hari

Pemkab Banjar

RPJMD 2021-2026, Bupati Banjar Tetapkan 5 Program Pembangunan

Pemkab Banjar

Upaya Pemkab Banjar Atasi Masalah Sampah, Bidik 50 TPS dan 5 Truk
Pelajar SMA di Martapura

Pemkab Banjar

Giliran Seribu Pelajar SMA di Martapura Disuntik Vaksin Program BIN

Pemkab Banjar

Harjad 71 Kabupaten Banjar, Bupati Beri Penghargaan SKPD Berprestasi

Pemkab Banjar

Pekan Special Olympic Siap Digelar Awal Juli Ini di Kabupaten Banjar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com