Jurkani Dibacok, Tim Macan Kalsel Turun Gunung Advokat Jurkani Dibacok OTK di Angsana Menguji Klaim Jembatan Sei Alalak Antigempa hingga Tahan Seabad Gara-Gara Ratusan Ribu, Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup Dari Viralnya Aksi Istri di Kandangan Coba Akhiri Hidup, Ketahanan Keluarga Kian Rentan

Polisi Tangkap Peretas Situs Setkab

- Apahabar.com     Sabtu, 7 Agustus 2021 - 22:04 WITA

Polisi Tangkap Peretas Situs Setkab

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Bareskrim Polri menangkap terduga pelaku peretasan situs Sekretariat Kabinet (setkab.go.id). Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

“Sudah ditangkap. [Penangkapan] kemarin,” ujar Agus dilansir dari CNNIndonesia.com, Sabtu (7/8).

Agus enggan menyampaikan informasi lebih banyak terkait kronologi penangkapan berikut identitas terduga pelaku. Ia berujar pada Senin (9/8) mendatang pihaknya akan menjelaskan kepada publik. “Senin ya,” kata dia.

Sebelumnya, Deputi Dukungan Kerja Kabinet Setkab, Thanon Aria Dewangga, menuturkan bahwa Bareskrim Polri sudah mendeteksi terduga pelaku peretasan situs setkab.go.id.

Pekerjaan yang dilakukan oleh Bareskrim Polri ini menindaklanjuti laporan Setkab lantaran peretasan telah mengganggu penyampaian informasi kepada masyarakat.

Thanon menilai masyarakat dirugikan atas hal tersebut.

“Kami berpikir juga bahwa website ini tentu ada gunanya untuk masyarakat agar informasi pemerintahan bisa sampai ke masyarakat. Tiba-tiba ada yang nge-hack, berarti ini yang dirugikan bukan hanya Setkab tapi juga masyarakat. Makanya kami adukan ke Bareskrim Polri,” ujar Thanon.

Saat ini situs setkab.go.id masih dalam tahap pemulihan dengan dibantu oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Polri dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Situs Setkab diretas pada Sabtu (31/7). Laman Setkab menampilkan layar hitam dengan foto yang menampilkan demonstran membawa bendera merah putih.

Di bawahnya tertulis keterangan, “Padang Blackhat ll Anon Illusion Team Pwned By Zyy Ft Luthfifake”

Beberapa waktu kemudian Situs Setkab bertuliskan: Kami akan segera kembali! Mohon maaf untuk ketidaknyamanannya, saat ini kami sedang melakukan update sistem.

Peretasan situs setkab.go.id bukanlah kali pertama. Pada 2015 situs Setkab juga pernah diretas, tepatnya 24 Desember 2015.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Habib Rizieq

Nasional

Soal Penahanan Habib Rizieq, Polda Metro Jaya: Tergantung Hasil Pemeriksaan
Jokowi

Nasional

Ucapan Duka Cita Jokowi untuk Korban Meninggal Covid-19
apahabar.com

Nasional

Mendagri: Wiranto Sudah Bisa Bersalaman
Berikut

Nasional

Libur Akhir Tahun Dipangkas, Berikut Rinciannya
apahabar.com

Nasional

Diduga Terpapar Usai Amankan Demo Anti-Omnibus Law, 5 Polisi Positif Covid-19
apahabar.com

Nasional

KPK Soroti Praktik Korupsi Sektor Swasta di Pilkada
apahabar.com

Nasional

Mobil Pengawalan Delta Zone PT Freeport Ditembaki KKB
apahabar.com

Nasional

3 Pasien Positif Covid-19 di Makassar Dinyatakan Sembuh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com