Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan

PPKM Selesai Besok, Pakar: Jangan Dilonggarkan Semua!

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Hermawan Saputra, mengingatkan pemerintah bahwa pelonggaran kebijakan Pemberlakuan
- Apahabar.com     Minggu, 8 Agustus 2021 - 18:44 WITA

PPKM Selesai Besok, Pakar: Jangan Dilonggarkan Semua!

Pembatasan kegiatan masyarakat saat PPKM. Foto-Jawapos

apahabar.com, JAKARTA – Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) Hermawan Saputra, mengingatkan pemerintah bahwa pelonggaran kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 tidak boleh dilakukan secara signifikan setelah berakhir besok Senin (9/8).

Menurutnya, kasus penularan Covid-19 yang melandai saat ini masih sangat rentan, sebab diikuti dengan positivity rate serta kematian yang tinggi.

“Pelonggaran tidak bisa secara terbuka dan signifikan,” ujar Hermawan, kutip CNNIndonesia.com, Minggu (8/8).

Dia melanjutkan, pelonggaran juga tidak bisa dilakukan secara signifikan karena angka tes (testing) dan (tracing) pelacakan masih sangat lemah. Katanya, pemerintah sampai saat ini belum mampu memenuhi target minimal 500 ribu spesimen per hari.

Menurut Hermawan salah satu sektor yang belum bisa dilonggarkan saat ini ialah tempat pariwisata. Sedangkan sektor pekerjaan boleh dibuka secara terbatas demi memberikan efek ekonomi yang mempunyai daya tahan

“Kemudian titik kuliner dan wisata yang sifatnya tertutup perlu juga dipantau. Mal misalnya, tidak semua layanan esensial, tapi ada beberapa yang sifatnya esensial, nah itu mungkin dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Hermawan menambahkan, transportasi udara harus diatur secara terbatas alias tidak bisa terbuka umum. Menurutnya, kebijakan itu harus dilakukan demi mengantisipasi perpindahan kasus dari luar Jakarta ke Jakarta.

“[Penerbangan] tidak bisa terbuka langsung untuk umum karena yang berbahaya, saat ini bukan dari DKI ke daerah tapi daerah ke DKI,” tuturnya.

PPKM Level 4 akan berakhir besok pada Senin (9/8). PPKM ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran virus corona.

Kebijakan ini sebelumnya diberlakukan pada 21 hingga 25 Juli 2021, diperpanjang dari 26 Juli hingga 2 Agustus 2021, kemudian diperpanjang lagi dari 3 sampai 9 Agustus 2021.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Juliari

Nasional

Duh, Juliari Diduga Terima Fee Rp 10 Ribu per Paket Bansos
apahabar.com

Nasional

Masa Pandemi, Satgas Covid-19 Setuju Bioskop Dibuka

Nasional

Ribuan Perusahaan Antre Untuk Vaksinasi Mandiri

Nasional

IDI Minta Ulama dan Tokoh Agama Ingatkan Rakyat Taat Protokol Kesehatan
apahabar.com

Nasional

Warga Kaget KPK OTT Wali Kota Medan
apahabar.com

Nasional

Alami Gizi Buruk, Balita di Jepara Ini Butuh Bantuan
apahabar.com

Nasional

Heboh Pernikahan Sedarah Warga Bulukumba di Balikpapan
Jenderal

Nasional

Hari Ini, 2 Jenderal Akan Divonis Terkait Kasus Suap Djoko Tjandra
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com