OTT di Amuntai dan Sejarah Korupsi Kalsel yang Sudah Ada Sejak Zaman Kesultanan Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas

Resmi! Banjarbaru Tetapkan Harga Tertinggi Tes PCR

- Apahabar.com     Kamis, 19 Agustus 2021 - 14:17 WITA

Resmi! Banjarbaru Tetapkan Harga Tertinggi Tes PCR

FOTO: Ilustrasi tes PCR untuk mengetahui penularan Covid-19. Foto-net

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota Banjarbaru resmi menetapkan harga tertinggi tes PCR (Polymerase chain reaction) Rp525 ribu.

Ketetapan itu sesuai dengan keputusan Kementrian Kesehatan (Kemenkens) terkait terkait harga tertinggi tes PCR di luar Jawa dan Bali.

Selanjutnya, harga tertinggi tes PCR itu dituangkan dalam surat edaran Dinas Kesehatan Banjarbaru. Kemudian diedarkan ke fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan tes PCR.

“Kita sesuai dengan apa yang diputuskan oleh Kementerian Kesehatan untuk menetapkan harga PCR ya dengan batas maksimal kalau di luar Pulau Jawa Rp 525 rubu, maka kita mengikuti itu,” ujar Kadinkes Banjarbaru, Rizana Mirza kepada apahabar.com, Kamis (19/8).

Dinas Kesehatan Banjarbaru, lanjutnya sudah membuat surat edaran untuk meneruskan surat keputusan dari Kemenkes tentang harga baru tersebut.

“Mudah-mudahan itu bisa ditindaklanjuti oleh sarana – sarana kesehatan yang melaksanakan pemeriksaan PCR tersebut, jadi kami sudah ada membuat surat kepada fasilitas kesehatan yang melaksanakan PCR untuk mengikuti ketentuan pemerintah yang dikeluarkan oleh Kemenkes,” jelasnya.

Namun, Mirza menekankan bahwa sampai saat ini di Kota berjuluk Idaman itu belum ada klinik, rumah sakit atau laboratorium yang melayani tes PCR berbayar.

“Kami informasikan bahwa di Banjarbaru itu belum ada rumah sakit atau klinik atau laboratorium yang melakukan pemeriksaan Swab PCR ya, itu kita belum ada, memang ada rencananya salah satu RS Swasta yang mau melayani PCR tapi belum,” katanya.

Selama ini, terang Rizana yang melakukan pemeriksaan Swab PCR di Banjarbaru hanya Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Banjarbaru.

“Dan itu kan gratis tidak berbayar karena milik pemerintah yang melakukan pemeriksaan Swab PCR terhadap orang-orang yang kita duga terpapar Covid-19. Jadi perlu kami sampaikan di Banjarbaru tidak ada atau belum ada rumah sakit, klinik, lab yang melakukan Swab PCR berbayar, yang ada itu di Banjarmasin kemudian di Kabupaten Banjar,” tutupnya.

Serbuan Vaksinasi TNI AU Sjamsudin Noor, Danlanud: Jangan Termakan Hoaks

 

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

KMHDI Banjarbaru

Banjarbaru

KMHDI Banjarbaru Galang Donasi untuk Korban Banjir Bandang di NTT dan NTB
Wali Kota Banjarbaru

Banjarbaru

Bertahan di PPKM Level IV, Begini Penjelasan Wali Kota Banjarbaru
penyakit

Banjarbaru

Sejumlah Pengungsi di Banjarbaru Mulai Diserang Penyakit, Termasuk Kutu Air
apahabar.com

Banjarbaru

Kecelakaan Maut di Trikora Banjarbaru Diduga Tabrak Lari, Polisi Gelar Penyelidikan

Banjarbaru

Penutupan Giant Ekspres Banjarbaru Dipastikan Tak Picu Pengangguran Melonjak
Varian Delta

Banjarbaru

Antisipasi Covid-19 Varian Delta, Bandara Syamsudin Noor Terapkan Skema Pengawasan Internal dan Eksternal

Banjarbaru

Jelang Idulfitri, Baznas Kalsel Salurkan Ribuan Bapok
CPNS Banjarbaru

Banjarbaru

Peserta CPNS Banjarbaru yang Positif Covid-19 Bisa Ikut Ujian, Begini Caranya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com