Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Siap-Siap, Calon Ikon Baru Banjarmasin Sebentar Lagi Diresmikan

- Apahabar.com     Jumat, 13 Agustus 2021 - 22:19 WITA

Siap-Siap, Calon Ikon Baru Banjarmasin Sebentar Lagi Diresmikan

Wali Kota Ibnu Sina bersama rombongan saat memantau progres pembangunan jembatan Alalak. Foto: Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Bulan depan, Jembatan Alalak yang menghubungkan Kota Banjarmasin-Kabupaten Barito Kuala ditarget sudah dapat dinikmati warga.

Lantaran keindahannya, jembatan ini juga digadang menjadi ikon baru wisata Kalimantan Selatan khususnya Kota Seribu Sungai.

Jembatan berkonstruksi gantung yang dikerjakan pemerintah pusat hampir tiga tahun lamanya ini pun dikunjungi Wali Kota H Ibnu Sina, Jumat, (13/8).

Ibnu Sina mengunjungi pembangunan jembatan tersebut untuk mengetahui progres penyelesaiannya yang ditargetkan di tahun ini.

“Hari ini kami meninjau progres pembangunan Jembatan Alalak dan saya bersama Pak Syauqi dari Balai berharap ini sesuai dengan rencana akan selesai nanti tanggal 15 September 2021,” ujarnya, dilansir Antara.

Jembatan Alalak merupakan jembatan lengkung, sehingga tingkat kesulitan dari jenis jembatan tersebut menjadi salah satu faktor terlambatnya proses penyelesaian.

“Sempat tertunda memang, tetapi sengaja kami lihat situasi di lapangan memang progresnya sangat menggembirakan, apalagi ini menghubungkan Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan,” ucap Ibnu Sina.

Dengan berdirinya jembatan yang akan menjadi salah satu ikon destinasi wisata di Kalimantan Selatan khususnya Kota Banjarmasin itu, diharapkan setelah pembangunan jembatan tersebut juga dapat diperhatikan.

Seperti pemanfaatan ruang terbuka di lahan sisi jembatan yang dapat dimanfaatkan menjadi ruang publik, sehingga dapat menjadi daya tarik wisatawan dari dalam dan luar Kalimantan Selatan.

Setelah proses pembangunan jembatan tersebut selesai, Ibnu Sina berharap, Pemkot Banjarmasin dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, dalam menjaga keberlangsungan jembatan.

“Kita bisa sama-sama mengelola kawasan ini supaya betul-betul jelas peruntukannya, dan masyarakat pun jangan sampai nanti memanfaatkan kawasan ini untuk sesuatu yang tidak semestinya. Kemudian kita rawat sama-sama agar konstruksi ini bisa bertahan, kalau dalam perencanaan sampai 100 tahun saya kira itu,” ujarnya.

Selain Jembatan Alalak ini, Kota Banjarmasin juga memiliki satu jembatan yang menjadi ikon baru wisata, yakni jembatan Pulau Bromo di Banjarmasin Selatan. Jembatan berkonstruksi gantung tersebut menjadi unik karena seperti rollercoaster. Baru diresmikan juga 2021 ini.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sebelum Meninggal, Pasien Ulin-6 Komplikasi Penyakit
apahabar.com

Kalsel

Sambangi Warga Pinggiran Batola, KNPI Miris Lihat Nasib Petani dan Pencari Ikan
apahabar.com

Kalsel

Resmi Jabat Sekda Banjar, Intip Pesan Guru Khalil ke Hilman
apahabar.com

Kalsel

Berawal Cekcok Mulut dengan Suami, Istri di Hampang Kotabaru Nekat Gantung Diri
apahabar.com

Kalsel

Hari Ini Pasien Covid-19 Tanbu Bertambah 25 Orang
vaksinasi covid-19

Kalsel

Tonton Siaran Langsung Proses Vaksinasi Covid-19 Paman Birin Esok
apahabar.com

Kalsel

Banyak Pejuang Demokrasi yang Tumbang Tidak Terdaftar BPJS Kesehatan
Aliansi Tabalong

Kalsel

Banjir Besar Landa Kalteng, Aliansi Tabalong Ajak Warga Ulurkan Tangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com