Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas Masih Berlangsung! Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUP HSU

Siap-Siap, Perpanjangan PPKM Level IV Banjarbaru Diputuskan Hari Ini

- Apahabar.com     Minggu, 1 Agustus 2021 - 11:23 WITA

Siap-Siap, Perpanjangan PPKM Level IV Banjarbaru Diputuskan Hari Ini

Situasi pandemi Covid-19 di Banjarbaru juga belum membaik meski PPKM level IV diterapkan. apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level IV di Banjarbaru bakal berakhir pada 2 Agustus, esok.

Apakah diperpanjang atau tidak? Presiden Joko Widodo baru akan memutuskannya hari ini.

Wali Kota Aditya Mufti Ariffin belum mendapat sinyal perpanjangan PPKM level IV.

“PPKM di Banjarbaru sampai tanggal 2, berkaitan diperpanjang atau tidak rencananya hari ini akan diumumkan oleh presiden,” ujar Ovie, sapaan karibnya, Minggu (1/8) pagi.

Senada, Wakil Wali Kota Wartono mengatakan kemungkinan tidak diperpanjangnya PPKM level IV menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

“Rapat dengan kementerian indikasinya begitu. Tapi menunggu pengumuman presiden kalau gak hari ini besok. Karena data Banjarbaru masih tinggi termasuk BOR [tingkat keterisian tempat tidur di RS], dan terpapar,” tambahnya.

Sabtu 31 Juli, Wartono mengikuti rapat koordinasi secara daring dengan pemerintah pusat. Ia melaporkan evaluasi perkembangan dan tindak lanjut PPKM level IV.

POPULER SEPEKAN: Pilgub Kalsel Berakhir, ‘Musuh Harat’

Untuk diketahui, perkembangan kasus harian Covid-19 Kalsel, periode 31 Juli 2021, terdapat 185 warga di Banjarbaru dikonfirmasi terinfeksi Covid-19, dengan dua kasus meninggal dunia.

Banjarbaru menjadi daerah penyumbang kasus terbanyak setelah Banjarmasin yang mencatatkan 127 kasus terkonfirmasi positif.

Sementara hingga pukul 14.00, masih mengutip data Kementerian Kesehatan, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit alias BOR di Banjarbaru mencapai 76 persen.

Situasi pandemi Covid-19 di Banjarmasin dan Banjarbaru belum juga membaik meski PPKM level IV diterapkan. Rumah sakit penuh, masuk antre di IGD, hingga krisis oksigen.

Sejak diterapkannya PPKM level IV, dalam periode 26-30 Juli, jumlah warga yang dikonfirmasi terinfeksi Covid-19 malah bertambah sebanyak 795 orang di Banjarmasin, dan 571 di Banjarbaru atau mencakup 40% kasus konfirmasi Provinsi Kalimantan Selatan.

Sedangkan warga yang dinyatakan sembuh sebanyak 281 di Banjarmasin dan 187 orang di Banjarbaru. Adapun kasus kematian bertambah 12 di Banjarmasin dan 24 orang di Banjarbaru.

Pada dasarnya kasus yang terjadi selama pelaksanaan PPKM Level 4 saat ini masih berkaitan dengan penularan virus yang terjadi pada pekan sebelumnya.

Dampak penerapan PPKM akan mulai terlihat minggu depan. Hanya saja yang menguatirkan tim pakar adalah reduksi aturan pembatasan PPKM level 4 oleh pemerintah pusat dan tidak optimalnya implementasi oleh pemerintah daerah.

Pelandaian kasus masih sulit terjadi mengingat tingginya tingkat transmisi virus di masyarakat dan masih kurang seriusnya pengendalian Covid-19.

“Pada hari pertama penerapan PPKM level 4 kita bisa melihat menurunnya mobilitas masyarakat. Tapi setelah itu mobilitas lokal dan antardaerah kembali meningkat seperti biasa. Orang-orang bisa makan kembali di rumah makan dan warung, sedangkan yang tidak pakai masker dapat dengan mudah ditemui di jalan,” ujar Anggota Tim Pakar Covid-19, Universitas Lambung Mangkurat Hidayatullah Mutaqqin.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kesatuan Gerak PKK

Banjarbaru

Loktabat Utara Banjarbaru Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Nasional
PPPK Banjarbaru

Banjarbaru

Dear CPNS dan PPPK Banjarbaru, Rapid Antigen Digratiskan!
ppdi

Banjarbaru

Wacana Bentuk Komisi Disabilitas Daerah, PPDI Minta Saran KIP Kalsel
Banjarbaru

Banjarbaru

Blakblakan Trio Pembunuh Perawat RSDI Banjarbaru: Niat Awalnya Hanya Menakuti
Kalsel

Banjarbaru

Heboh Tipu-Tipu di Tabalong, Kawanan ‘Orang Pintar’ Diringkus Tim Macan Kalsel
Banjarbaru

Banjarbaru

BREAKING! PPKM Level IV Banjarbaru Diperpanjang sampai 9 Agustus

Banjarbaru

Presiden Gerakan Kaos Hitam Tuding Ketua DPRD Banjarbaru Plin-Plan
PSK Pembatuan

Banjarbaru

Delapan PSK Pembatuan Kalsel Kembali Dicokok Petugas, Dari Remaja hingga Emak-Emak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com