IKN Dipimpin Kepala Otorita, Sederet Nama Kandidat Termasuk Ahok Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung? Mimpi Ibnu Sina, Masyarakat Banjarmasin Lepas Masker Awal Tahun 2022 Bocah 8 Tahun Hilang di Samarinda, Pencarian Selami Selokan Genangan Banjir Target Vaksinasi di Tanah Laut Terkendala Stok Vaksin

Taliban Berkuasa, China Hormati Pilihan Rakyat Afghanistan

- Apahabar.com     Selasa, 17 Agustus 2021 - 09:55 WITA

Taliban Berkuasa, China Hormati Pilihan Rakyat Afghanistan

Para milisi Taliban menguasai istana kepresidenan Afghanistan setelah Presiden Afghanistan Ashraf Ghani melarikan diri dari negara itu, di Kabul, Afghanistan, Minggu (15/8/2021). Foto-AP/Zabi Karimi via Kompas

apahabar.com, BEIJING – China menghormati hak rakyat Afghanistan untuk menentukan nasib dan masa depannya sendiri setelah Taliban menguasai ibu kota Kabul.

China juga berkeinginan untuk membangun kemitraan dan bekerja sama dengan tetangga di wilayah barat daya itu.

“China berharap Taliban merealisasikan janji sebelumnya melalui negosiasi membangun sebuah pemerintahan Islam yang terbuka dan inklusif dan bertindak secara bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan rakyat Afghanistan dan misi asing di Afghanistan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Hua Chunying di Beijing, seperti dilansir Antara, Senin (16/8).

Menurut dia, gencatan senjata telah dicita-citakan lebih dari 30 juta rakyat Afghanistan dan komunitas internasional setelah berperang lebih dari 40 tahun.

Jubir perempuan itu menambahkan bahwa China akan selalu berperan konstruktif untuk mencari solusi dalam menyelesaikan isu-isu Afghanistan.

China juga telah menjalin hubungan dan komunikasi dengan Taliban dan pihak lain dengan tetap menghormati kedaulatan negara Afghanistan.

Menlu Wang Yi telah bertemu delegasi Taliban yang dipimpin oleh Ketua Komisi Politik Taliban Mullah Abdul Gani Baradar di Tianjin pada 28 Juli.

“Kami berharap Taliban Afghanistan akan membuat terobosan yang bagus dengan semua organisasi teroris, termasuk ETIM [Gerakan Islam Turkistan Timur] dan secara tegas dan efektif memerangi mereka, memainkan peran positif dan menciptakan kondisi yang memungkinkan untuk keamanan, stabilitas, pembangunan dan kerja sama di kawasan,” ujar Wang yang juga anggota Dewan Negara China pada saat itu.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Emas Naik

Ekbis

Inflasi AS Sesuai Harapan, Harga Emas Naik

Internasional

Arab Saudi Tayangkan Film tentang Palestina

Internasional

UPDATE Hasil Pilpres AS, Pidato ‘Kemenangan’ Joe Biden : Kami Bukan Musuh, Sudah Waktunya Kita Bersatu
apahabar.com

Internasional

Bersih-bersih Gereja, Pemuda Muslim Mosul Dipuji Pendeta
apahabar.com

Internasional

10 Ribu Orang Turun ke Jalan Tuntut Kebebasan Pers
Kudeta Militer Myanmar

Internasional

Viral ‘Ampun Bang Jago’ Saat Militer Myanmar Kudeta Suu Kyi
Taliban Juga Perintahkan Mahasiswi Tutupi Wajah

Internasional

Kelas Dipisah, Taliban Juga Perintahkan Mahasiswi Tutupi Wajah
apahabar.com

Internasional

Lindungi Anak dari Bahaya Internet, China Revisi UU
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com