Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel

Tambah Penghasilan di Masa Pandemi, Emak-Emak Bataguh Kapuas Bekerja Memanen Padi

Guna menambah penghasil di tengah pandemi Covid-19, para emak-emak di Pulau Kupang, Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalteng, bekerja memanen
- Apahabar.com     Minggu, 15 Agustus 2021 - 21:20 WITA

Tambah Penghasilan di Masa Pandemi, Emak-Emak Bataguh Kapuas Bekerja Memanen Padi

Kaum emak-emak di Kelurahan Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh, Kapuas bekerja memanen padi untuk menambah penghasilan di masa pandemi Covid-19. Foto: Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Guna menambah penghasil di tengah pandemi Covid-19, para emak-emak di Pulau Kupang, Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalteng, bekerja memanen padi.

Camat Bataguh, Syuryadin, mengatakan ada sekitar 20 orang warga yang terdiri dari para ibu-ibu di Kelurahan Pulau Kupang RT 29 Alai Dalam yang saat ini berkerja mengambil upah memanen padi milik ketua RT setempat.

“Jadi, mereka bekerja mengambil upah memanen padi di lahan seluas 3 hektare milik ketua RT. Panennya dilakukan secara tradisional,” katanya saat dihubungi apahabar.com, Minggu (15/8) malam.

Syuryadin yang mengaku baru pulang dari lokasi panen tersebut menerangkan, panen sengaja dilakukan secara tradisional karena apabila menggunakan alat mesin pertanian (alsintan) maka warga tidak dapat bekerja.

“Pemilik lahan sengaja memanen padinya dengan cara tradisional, supaya warga bisa bekerja untuk menambah penghasilan mereka. Kalau menggunakan alsintan, kasihan warga tidak ada kerjaan,” ujarnya.

“Padi yang dipanen atau di katam oleh warga dalam satu bleknya ditebus dengan harga Rp 10 sampai 15 ribu. Lumayanlah untuk menutupi uang belanja ibu-ibu di sana pada saat pandemi seperti sekarang,” imbuhnya.

Selaku Camat, Syuryadin mengimbau masyarakat Kecamatan Bataguh agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam melakukan aktivitas atau bekerja.

“Terapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar dalam beraktivitas sehari-hari, minimal memakai masker sehingga bisa mencegah penuluran Covid-19 yang saat ini masih terjadi,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Pemprov Kalteng Tanam Padi di Lahan Gambut
apahabar.com

Kalteng

Positif Covid-19 di Palangka Raya dan Kapuas Tembus 100
apahabar.com

Kalteng

Kabar Bahagia, Balita di Kalteng Sembuh Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Gubernur Kalteng Instruksikan Tembak di Tempat Bandar Narkoba
apahabar.com

Kalteng

Pemprov Kalteng Salurkan Bantuan Penyelesaian Studi kepada Mahasiswa S2 dan S3
apahabar.com

Kalteng

HUT RI, SPBU Nur Afnan Kapuas Bagikan Sembako ke Tukang Becak

Kalteng

Dandim Kapuas Instruksikan Personelnya Bantu Warga Terdampak Banjir
pdam

Kalteng

Sedang ‘Sakit’, Kinerja PDAM dan PD Panunjung Tarung Kapuas Disorot
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com