Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Target Vaksinasi 2 Juta Per Hari Belum Tercapai, Menkes Tetap Optimistis

Capaian vaksinasi Covid-19 sepekan pertama Agustus ini masih belum sesuai dengan target Presiden Joko Widodo.Sejak 1 hingga 6 Agustus ini
- Apahabar.com     Jumat, 6 Agustus 2021 - 21:39 WITA

Target Vaksinasi 2 Juta Per Hari Belum Tercapai, Menkes Tetap Optimistis

Presiden Joko Widodo. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Capaian vaksinasi Covid-19 sepekan pertama Agustus ini masih belum sesuai dengan target Presiden Joko Widodo.

Sejak 1 hingga 6 Agustus ini, capaian vaksinasi Covid-19 masih berada di bawah target 2 juta dosis sehari.

Berdasarkan laporan harian Satgas Covid-19, capaian vaksinasi Covid-19 terbanyak sepekan terakhir adalah pada hari ini, Jumat (6/8) dengan total 1.238.380 dosis disuntikkan.

Sementara di hari lainnya capaian vaksinasi Covid-19 berada di bawah 1 juta dosis, jauh dari target Jokowi.

Rinciannya, pada 1 Agustus capaian vaksinasi hanya 389.910 dosis, lalu 2 Agustus 469.661 dosis, pada 3 Agustus naik menjadi 922.208 dosis, 4 Agustus 907.515 dosis, dan kembali turun pada 5 Agustus 593.871 dosis.

Jika sesuai target Jokowi, semestinya total vaksinasi Covid-19 sepekan pertama Agustus kurang lebih 12 juta dosis telah disuntikkan.

Namun berdasarkan data Satgas Covid-19, baru 4.521.545 dosis digunakan dalam enam hari terakhir. Angka ini bahkan tidak mencapai setengah dari target vaksinasi Covid-19 yang dititahkan Jokowi.

Di samping itu, data Kementerian Kesehatan per 3 Agustus juga melaporkan baru Provinsi DKI Jakarta dan Bali yang mencatat cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama mencapai 90 persen dari target vaksinasi di daerah.

Provinsi lain dengan cakupan vaksinasi dosis pertama di atas 50 persen dari target daerah yakni Kepulauan Riau dengan 65,59 persen. Sementara daerah lainnya masih mencatat cakupan vaksinasi yang rendah.

Data tersebut menunjukkan bahwa cakupan vaksinasi Covid-19 di daerah masih rendah, bahkan belum mencapai setengah dari target sasaran vaksin Covid-19 di tiap-tiap daerah.

Presiden Jokowi sebelumnya menargetkan vaksinasi Covid-19 sebanyak 2 juta dosis sehari mulai Agustus ini. Jokowi bahkan menargetkan vaksinasi hingga 5 juta dosis sehari jika vaksin tersedia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga optimistis target Jokowi untuk melakukan suntik vaksin Covid-19 sebanyak 2 juta dosis sehari bisa tercapai mulai Agustus ini.

Keyakinan itu didukung dengan kedatangan 13 juta dosis vaksin Covid-19 pada awal Agustus. Vaksin Covid-19 tersebut juga telah didistribusikan ke daerah-daerah.

“Jadi insyaallah target 2 juta dosis vaksin sehari itu bisa tercapai. Kemarin kita kirim minggu lalu itu ada 13 juta dosis vaksin didistribusikan ke seluruh daerah, kekurangan vaksin itu hanya di akhir Juli saja,” kata Budi.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Donald Trump: China Seharusnya Bisa Hentikan Penyebaran Covid-19
apahabar.com

Nasional

8 Rumah Sakit di Bogor Putus Kontrak dengan BPJS Kesehatan
Mahoni

Nasional

Misterius! Mahoni Tua Keluarkan Api dan Asap, Cek Lokasinya

Nasional

Gunung Merapi Meluncurkan 19 Kali Guguran Lava Pijar
apahabar.com

Nasional

Dikritik Presiden, Legislator Kalsel di Senayan Dorong Akses Jalan Syamsudin Noor
Update Corona, Bintang Film hingga Pemain Juventus Terinfeksi

Nasional

Update Corona, Bintang Film hingga Pemain Juventus Terinfeksi
apahabar.com

Nasional

Dokumen Tak Lengkap, 8 Mobil Mewah Disita Polisi
apahabar.com

Nasional

Demi Penanganan Covid-19, Pemerintah Revisi APBN 2020
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com