Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans Resmi Dilepas, Kapolres Optimis Tim Voli Kotabaru Rebut Juara Piala Kapolda Kalsel

Taufik Hidayat Bongkar Skandal Suap Oknum Malaysia, BWF Buka Suara!

- Apahabar.com     Kamis, 26 Agustus 2021 - 19:47 WITA

Taufik Hidayat Bongkar Skandal Suap Oknum Malaysia, BWF Buka Suara!

Taufik Hidayat, peraih medali emas di Olimpiade Athena 2004. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) akhirnya buka suara terkait pengalaman Taufik Hidayat pernah coba disuap oknum ofisial Malaysia di Asian Games 2006.

Kasus ini mencuat untuk pertama kalinya ketika Taufik Hidayat diwawancarai Raffi Ahmad di Trans TV dan menceritakan pengalamannya saat berlaga di Asian Games 2006.

Ketika itu, Taufik Hidayat mengaku pernah nyaris disuap sebesar 400 juta rupiah oleh oknum ofisial Malaysia agar mau mengalah dari legenda Lee Chong Wei dalam satu pertandingan.

Namun, Taufik Hidayat saat itu langsung menolak tawaran tersebut dan memenangi laga versus Lee Chong Wei, 21-16, 21-18.

Lantas pengakuan Taufik Hidayat mengundang perhatian dari berbagai pihak, termasuk Lee Chong Wei yang dikalahkannya di semifinal Asian Games Doha 2006.

Lee Chong Wei terkejut mendengar kabar tersebut. Ia sampai mengontak Taufik Hidayat demi mencari konfirmasi dari rekannya itu.

Bukan hanya itu, BWF juga memberikan pernyataan resmi bahwa pihaknya tidak bisa mengonfirmasi ataupun menyangkal pengakuan peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 tersebut.

“BWF tidak menanggapi pertanyaan tentang masalah integritas yang terkait dengan individu atau asosiasi anggota mana pun, kecuali jika BWF memiliki pengumuman tentang hasil dengar pendapat yang dilakukan oleh Panel Dengar Pendapat Independen BWF,” kata BWF dilansir dari The Star.

“Tetapi BWF memiliki unit Integritas sangat kuat yang menjalankan program anti-pengaturan pertandingan dan anti-manipulasi program pertandingan, serta program anti-doping,”tegas BWF.

BWF Punya Hak untuk Menyelidiki Skandal Suap

Menurut kebijakan, BWF nantinya bisa bertindak melalui Unit Integritas yang berbasis di Kuala Lumpur, jika mereka menemukan bukti-bukti yang perlu diselidiki.

“Unit Integritas dapat meluncurkan penyelidikan kapan saja, atas kebijakannya sendiri,” sambung BWF di situs resmi mereka.

BWF memiliki berbagai wewenang untuk menyelidiki tuduhan doping, pengaturan pertandingan, dan bentuk perilaku korup lainnya.

Unit Integritas dapat meminta organisasi dan individu eksternal termasuk polisi, pejabat bea cukai, serta lembaga antikorupsi di negara lain untuk membantu penyelidikan di mana BWF tidak memiliki yurisdiksi.

Editor: Muhammad Robby - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Sport

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Cristiano Ronaldo Bikin Rekor, Inggris Tertahan
apahabar.com

Sport

Ketum PSSI Dijabat Jenderal Polisi, Ini Harapan Martapura FC
apahabar.com

Sport

Imbas Pandemi, Atlet Nasional dari Batola Ini Berlatih Via Zoom
apahabar.com

Sport

Andik Vermansah Resmi Bela Madura United
apahabar.com

Sport

Juara MotoGP Catalunya, Fabio Quartararo: Kemenangan Ini Terasa Lebih Baik dari Jerez

Sport

Video 3 Gol Timnas U19 Indonesia vs NK Dugopolje di Babak Pertama, Garuda Muda Unggul 3-0
Piala Asia 2023

Sport

Shin Tae-yong Panggil 3 Bintang Barito Putera Jelang Piala Asia 2023

Sport

Persis Solo Bertemu Klub Atta Halilintar di Liga 2, Putra Jokowi Singgung Skill Kungfu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com