Jadwal Penumpang Banjarmasin Tujuan Bali Transit di Surabaya Berubah, Begini Respons Lion Air Mulai Berlaku, Syarat Wajib PCR Bikin Warga Kalsel Terbang ke Bali Berpikir Dua Kali Pembacok Jurkani di Tanbu Juga Rampas Barang Pribadi, Pelaku Disebut Berhalusinasi Jasad Wanita Muda Banjarmasin dengan Luka Tusuk di Dada Itu Ternyata… Sosok Pembacok Advokat Jurkani di Tanah Bumbu, dan Detik-Detik Penganiayaan

Turun, Segini Harga Emas Antam Hari Ini 26 Agustus

- Apahabar.com     Kamis, 26 Agustus 2021 - 12:06 WITA

Turun, Segini Harga Emas Antam Hari Ini 26 Agustus

Harga jual emas Antam tergelincir Rp8.000 ke Rp942 ribu per gram pada perdagangan Kamis (26/8) pagi. Ilustrasi. Foto-CNN Indonesia

apahabar.com, JAKARTA – Harga jual emas PT Antam (Persero) Tbk berada di posisi Rp942 ribu per gram pada Kamis (26/8). Harganya turun Rp8.000 dibandingkan perdagangan Rabu (25/8), Rp950 ribu per gram.

Serupa, harga pembelian kembali (buyback) juga melemah Rp6.000 dari Rp835 ribu menjadi Rp829 ribu per gram hari ini.

Berdasarkan data Antam, harga jual emas berukuran 0,5 gram senilai Rp521 ribu, 2 gram Rp1,82 juta, 3 gram Rp2,71 juta, 5 gram Rp4,48 juta, 10 gram Rp8,91 juta, 25 gram Rp22,16 juta, dan 50 gram Rp44,24 juta.

Harga jual emas tersebut sudah termasuk Pajak Penghasilan (PPh) 22 atas emas batangan sebesar 0,45 persen bagi pemegang Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Sedangkan, pembeli yang tidak menyertakan NPWP dikenakan potongan pajak lebih tinggi sebesar 0,9 persen.

Sementara, harga emas di perdagangan internasional berdasarkan acuan pasar Commodity Exchange COMEX menguat 0,01 persen menjadi US$1.791,1 per troy ons. Lalu, harga emas di perdagangan spot melemah 0,07 persen ke US$1.789,8 per troy ons pada pagi ini.

Direktur PT Solid Gold Berjangka Dikki Soetopo mengatakan pelemahan harga emas dipicu oleh penguatan dolar AS usai rilis data pesanan durable goods AS yang menunjukkan kenaikan melebihi perkiraan yakni 0,7 persen. Imbasnya, investor lebih melirik dolar AS.

“Hal ini, menyebabkan indeks dolar AS menguat dan alhasil, harga emas koreksi di bawah US$1.800 per troy ons,” ujarnya, kutip CNNIndonesia.com.

Selain itu, fokus investor global pekan ini masih berpusat pada Jackson Hole, simposium tahunan bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserves (The Fed) yang akan berlangsung Kamis dan Jumat pekan ini.

Acara ini menghadirkan para bankir sentral dari seluruh dunia untuk membahas kebijakan moneter masing-masing negara.

Gubernur The Fed Jerome Powell akan menyampaikan pidato berjudul “The Economic Outlook” yang diperkirakan menyinggung nasib program pembelian obligasi bulanan yang selama ini dijalankan The Fed. Pidato ini berkaitan dengan rencana pengetatan (tapering) kebijakan moneter The Fed.

“Investor akan mendengarkan dengan cermat pidato Powell tersebut dan akan memantau kapan The Fed mungkin akan mulai meluncurkan program tapering tersebut. Namun sejauh ini, mereka memperkirakan bank sentral terkuat dunia tersebut tidak akan terburu-buru,” imbuhnya.

Perkiraannya, harga logam mulia akan melaju di rentang US$1.776 hingga US$1.800 per troy ons hari ini.

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kotabaru

Ekbis

Ucapan Jokowi Terbukti! Komoditas Kotabaru Rambah Pasar Internasional
apahabar.com

Ekbis

Bulog Ekspor Beras Kemasan Renceng ke Arab Pekan Depan
Impor Tersendat Akibat Corona, Bawang Putih Picu Inflasi Kalsel 0,08 Persen

Ekbis

Impor Tersendat Akibat Corona, Bawang Putih Picu Inflasi Kalsel 0,08 Persen

Ekbis

Terima Kasih Donald Trump, IHSG Hari Ini Menguat
apahabar.com

Ekbis

Operasional BRT, Pengamat: Pacu Ekonomi Kalsel
apahabar.com

Ekbis

Kurir Sepeda, Jasa Pengiriman Barang Ramah Lingkungan
apahabar.com

Ekbis

Minyak Naik karena Optimisme Pengurangan Produksi OPEC+

Ekbis

IHSG Awal Pekan Ditutup Menguat Mengikuti Bursa Kawasan Asia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com