Jokowi Tiba di Kalsel, Panggung Alalak Jadi Tontonan Warga BREAKING! Presiden Jokowi Tiba di Kalsel Jelang Peresmian, Jembatan Sei Alalak Belum Ditutup Total Kunjungi Tanbu, Warga Berharap Jokowi Ikut Tanam Mangrove di Pulau Burung Truk Terbalik di Balangan Belum Dievakuasi, 8 Jam Listrik Padam

Usai Isoman Tak Perlu Tes PCR, Dokter Relawan Covid-19 Tegaskan Alasannya

- Apahabar.com     Senin, 16 Agustus 2021 - 12:52 WITA

Usai Isoman Tak Perlu Tes PCR, Dokter Relawan Covid-19 Tegaskan Alasannya

Tes PCR Covid-19. Foto-Medical Daily

apahabar.com , JAKARTA – Banyak orang melakukan isoman di tengah pandemi saat terinfeksi Covid-19 bergejala ringan atau tanpa gejala.

Meski demikian, beredar kabar bahwa seseorang yang telah menjalani isolasi mandiri wajib menjalani tes Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk meyakinkan dirinya negatif Covid-19.

Menjawab hal tersebut Influencer Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i melalui akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai menegaskan, masyarakat tidak perlu mengecek PCR ulang setelah masa isolasi mandiri selesai.

Dokter Fajri mengatakan, aturan tersebut tertulis dalam Protokol Tatalaksana Covid-19 Lima Organisasi Profesi pada 14 Juli 2021 sejalan dengan pedoman Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Tes PCR wajib dilakukan bila seorang pasien mengalami kondisi berat atau kritis dan indikasi tertentu berdasarkan permintaan dokter.

Untuk gejala ringan dan sedang yang tidak dirawat di rumah sakit minimal 10 hari (atau sampai gejalanya hilang) + 3 hari. Atau 10 hari isolasi jika benar-benar tanpa gejala.

Namun, penentuan wajib atau tidaknya melakukan tes PCR tergantung dengan dokter yang merawat untuk menyatakan kesembuhan.

Sebagian orang yang melakukan PCR test biasanya akan melihat hasil Cycle Threshold Value (CT Value) yang tertera dalam hasil swab. Hal inilah yang kerap membuat masyarakat blunder terkait dengan nilai tersebut.

Menurut dr Fajri berapapun hasil CT Value yang diperoleh seseorang, namun jika hasil tes PCR positif, maka seseorang wajib menjalani isolasi dan segera konsultasi dengan dokter.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Masih Ingat Aa Gatot Brajamusti, Kini Telah Tiada
apahabar.com

Nasional

BPOM Sebut Tidak Ada Efek Samping Serius Saat Uji Vaksin Covid-19
Covid-19 di Indonesia

Nasional

Covid-19 di Indonesia Naik 6.740 Kasus, Total Sudah 706.837
Geng Motor

Nasional

Bentrok Dua Kelompok Geng Motor, 2 Orang Terluka
apahabar.com

Nasional

Jual Tuyul dengan Harga Mahal, Agus Dilaporkan ke Polisi
apahabar.com

Nasional

Pemkot Surabaya Bantah Lamban Tangani Covid-19 di Sampoerna
Covid-19

Nasional

Datang Dari Jakarta, Aa Gym Positif Covid-19
apahabar.com

Nasional

Tips Mudik Aman Dengan Kendaraan Pribadi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com