IKN Dipimpin Kepala Otorita, Sederet Nama Kandidat Termasuk Ahok Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung? Mimpi Ibnu Sina, Masyarakat Banjarmasin Lepas Masker Awal Tahun 2022 Bocah 8 Tahun Hilang di Samarinda, Pencarian Selami Selokan Genangan Banjir Target Vaksinasi di Tanah Laut Terkendala Stok Vaksin

871.650 Dosis Vaksin Pfizer dari AS Tiba di Indonesia

- Apahabar.com     Kamis, 23 September 2021 - 21:56 WITA

871.650 Dosis Vaksin Pfizer dari AS Tiba di Indonesia

Arsip - Petugas kargo membawa boks berisi vaksin Covid-19 Pfizer setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (17/9/2021). Foto-Antara/Fauzan

apahabar.com, JAKARTA – Sebanyak 871.850 dosis vaksin Pfizer dari Amerika Serikat tiba di Bandara Internasinal Soekarno-Hatta Jakarta pada Kamis (23/9).

Kedatangan ratusan ribu dosis vaksin Pfizer tersebut merupakan kiriman terakhir donasi vaksin Covid-19 dari AS untuk Indonesia.

Kedutaan Besar AS di Jakarta dalam keterangan tertulisnya seperti dilansir Antara, menyatakan total donasi vaksin AS untuk Indonesia mencapai 8 juta dosis vaksin Moderna dan 4,6 juta dosis vaksin Pfizer.

“Sejak awal pandemi, pemerintah AS telah berkomitmen lebih dari 77 juta dolar [sekitar Rp1 triliun] untuk mendukung bantuan tanggap Covid-19 di Indonesia,” kata Kedubes AS.

Seperti diketahui AS bekerja sama dengan Indonesia untuk mempercepat deteksi dan pelacakan kasus Covid-19, meningkatkan laboratorium, pengawasan penyakit, dan kapasitas respons cepat, serta memastikan lebih banyak orang tahu apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain.

Sejak Maret 2020, dukungan AS telah menjangkau 165 juta orang di Indonesia atau mencakup 60 persen dari populasi negara.

AS membantu sekitar 43.000 tenaga kesehatan garis depan dan memperkuat lebih dari 1.300 rumah sakit dan klinik di Indonesia.

Pada KTT Global Covid-19 yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (22/9), Presiden Joe Biden mengumumkan bahwa AS akan menyumbangkan tambahan 500 juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di seluruh dunia. Pengirimannya dimulai pada Januari 2022.

Komitmen tersebut menambah jumlah vaksin yang disumbangkan oleh AS menjadi lebih dari 1,1 miliar dosis.

Hingga saat ini, AS telah mengirimkan hampir 160 juta dosis vaksin Covid-19 ke 100 negara secara gratis dan tanpa syarat dengan pengiriman jutaan dosis setiap harinya.

“Kita harus bersatu di seluruh dunia dengan beberapa prinsip: bahwa kita berkomitmen untuk menyumbang, bukan menjual dosis-dosis vaksin ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah, dan bahwa sumbangan itu tanpa syarat politik,” kata Presiden Biden.

Biden juga menegaskan dukungan AS pada COVAX, sebagai distributor utama untuk berbagi vaksin yang disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS berencana untuk memberikan tambahan 370 juta dolar (sekitar Rp5,3 triliun) untuk kesiapan dan kapasitas vaksin global guna disuntikkan kepada orang-orang di tempat-tempat yang paling membutuhkan.

Lembaga keuangan milik pemerintah AS, US International Development Finance Corporation (DFC) akan memberikan lebih dari 383 juta dolar (sekira Rp5,5 triliun) berupa asuransi risiko politik kepada Aliansi Vaksin Gavi untuk memfasilitasi pengiriman vaksin ke sembilan negara di tiga benua, serta mempercepat pengiriman vaksin ke wilayah yang paling membutuhkan.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Polda Metro Jaya Tetapkan 9 Tersangka Pesta Gay di The Kuningan Suite Jaksel
apahabar.com

Nasional

Tinjau Gugus Tugas, Presiden Ingatkan ‘Second Wafe’ Covid-19
Bom

Nasional

Pelaku Bom Bunuh Diri Makassar, Kapolri: Anggota Kelompok JAD
Hipmi Jatim

Nasional

Pengurus di Tanbu Bangga RSM Maju Caketum Hipmi Jatim
apahabar.com

Nasional

Indonesia Ingin Tiru Korsel Sukses Pemilu di Tengah Pandemi Covid-19
apahabar.com

Nasional

Jadi Ibu Kota, Wagub Harap Uang dari Pusat Banyak Masuk ke Kaltim

Nasional

Tata Cara Pelaporan Harta Kekayaan PNS Sesuai Aturan Presiden Jokowi
apahabar.com

Nasional

Tahlilan Personil Seventeen Korban Tsunami Didatangi Banyak Sahabat Artis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com