Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas Masih Berlangsung! Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUP HSU

Ada WN Afsel dan Portugal di Antara 41 Napi Lapas Tangerang yang Tewas

- Apahabar.com     Rabu, 8 September 2021 - 12:35 WITA

Ada WN Afsel dan Portugal di Antara 41 Napi Lapas Tangerang yang Tewas

Menkum HAM Yasonna Laoly saat tinjau Lapas Kelas 1 Tangerang usai kebakaran. Foto-detik.com

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly menyampaikan duka atas peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang. Total ada 41 korban tewas yang keseluruhannya adalah narapidana atau napi.

“Rasa duka mendalam saya sampaikan atas jatuhnya korban dalam kebakaran ini,” ucap Yasonna dalam keterangannya, Rabu (8/9/2021).

Yasonna mengamini jumlah korban tewas kebakaran itu adalah 41 orang. Disebutkan Yasonna bila 2 orang di antaranya merupakan warga negara (WN) Afrika Selatan atau Afsel dan Portugal.

“Data yang saya peroleh menyebutkan ada 41 orang yang meninggal akibat kebakaran ini. Salah satu korban meninggal adalah warga binaan kasus terorisme, satu tindak pidana pembunuhan, sementara lainnya narkoba. Dua di antara korban meninggal merupakan warga negara asing dari Afrika Selatan dan Portugal,” tuturnya.

Kebakaran maut di Lapas Kelas I Tangerang juga diselimuti masalah klasik overkapasitas. Pada saat kejadian kabakaran, lapas itu berisi 2.069 narapidana (napi) dan tahanan di mana seharusnya hanya berisi 900-an orang. Sementara total penjaga yaitu 13 orang untuk 4 blok yang ada di lapas itu.

Dari 4 blok itu disebutkan kebakaran menghanguskan Blok C2, sementara blok lainnya aman. Untuk Blok C2 disebut seharusnya berisi 38 orang tetapi saat kejadian berisi 122 orang.

Kebakaran terjadi pukul 02.00 WIB dini hari tadi. Api berhasil dipadamkan pada pukul 04.00 WIB. Penyebab kebakaran sementara ini diduga akibat korsleting listrik.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Beri Bantuan Modal Kerja kepada Pedagang Mikro dan Kecil
apahabar.com

Nasional

Ketika MK Lempar Bola Panas Pemenjaraan Hidung Belang ke DPR
apahabar.com

Nasional

Belajar dari Bali, Pelindo III Kalimantan Ingin Kembangkan Fasilitas Penunjang Pariwisata
apahabar.com

Nasional

Subsidi ‘Si Melon’ Dicabut, Bagaimana Nasib Pedagang Kecil?
apahabar.com

Nasional

“Maafkan Saya Merepotkan Pepo”

Nasional

Jokowi: Pandemi Covid-19, Krisis dan Resesi Seperti Api Membakar Sekaligus Menerangi

Nasional

BNPT Sebut Bomber Gereja Katedral Makassar Berideologi Salafi Wahabi
Viral Mesum di TikTok

Nasional

Viral! Video Mesum Sejoli di Sebelah Bocah yang Mabar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com