Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Anggota DPRD Barut Sebut Pembangunan Bidang Pertanian Sangat Krusial

- Apahabar.com     Minggu, 26 September 2021 - 17:01 WITA

Anggota DPRD Barut Sebut Pembangunan Bidang Pertanian Sangat Krusial

Anggota DPRD Barito Utara, Sunario SH.Foto-Istimewa

apahabar.com, MUARA TEWEH – Sektor usaha tani menjadi salah satu usaha menjanjikan saat ini. Usaha ini mendapat peluang serapan tenaga kerja produktif, sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan tidak lagi dipandang sebagai usaha sampingan.

“Dewan sangat mengapersiasi keberhasilan beberapa kelompok tani meski dihadapkan dengan musim yang terkesan ektrem,” kata legislator DPRD Barito Utara, Sunario SH.

Keberhasilan itu, kata dia, tentu tidak terlepas dari kesungguhan dan keuletan para petani dalam mengelola usahanya yang ditunjang pemerintah daerah melalui dinas terkait berupa pembinaan dan pendampingan.

Dia berharap fasilitas sarana produksi pertanian sebagai stimulan dan prasarana produksi pertanian seperti jaringan irigasi, jalan usaha tani maupun alat /mesin pertanian yang kualitas juga kuantitasnya terus ditingkatkan untuk masyarakat pedesaan.

Petani agar selalu menjaga keberlangsungan aktivitas pembangunan pertanian secara bijaksana dengan menjaga dan memanfaatkan secara baik seluruh fasilitas yang telah diberikan oleh pemerintah daerah, termasuk dalam hal ini menjaga kualitas lingkungan hidup dengan tidak melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan dampak negativ seperti membakar lahan tidak sebagaimana mestinya .

“Kita cukup bangga karena pada umumnya usaha tani kita bisa dikatakan berhasil, namun kita harus tetap berusaha semaksimal mungkin untuk lebih meningkatkan lagi hasil yang telah dicapai dengan pengelolaan usaha tani dari tradisonal ke arah lebih modern sehingga mampu bersaing dengan daerah lain,” kata anggota dewan dari PDIP ini.

Sunario menambahkan, suasana kondusif harus tetap terjaga, jangan sampai program ataupun fasilitas yang diberikan malah menjadi polemik atau masalah, sehingga menjadi penghambat pelaksanaan pembangunan pertanian.

“Sesungguhnya pembangunan pertanian sangat krusial karena menyangkut ketersedian bahan pangan yang menjadi salah satu kebutuhan utama seluruh maasyarakat,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

DPRD Barut

Dewan Desak Agar Pendidikan di Barito Utara Merata
DPRD

DPRD Barut

Wakil Ketua DPRD Barut: Awasi Jauhkan Pergaulan Remaja dari Arah Negatif!
HPN ke 75

DPRD Barut

HPN ke 75, Waket I DPRD Barut: Pers Adalah Urat Nadi

DPRD Barut

Srikandi DPRD Barut Imbau Pemuda Perangi Narkoba

DPRD Barut

Sejumlah Desa di Barut Blank Spot, Wakil Rakyat Panggil Telkomsel dan Indosat

DPRD Barut

DPRD Barut dan DAD Bahas Raperda Kelembagaan Adat Dayak
Dinas PUPR

DPRD Barut

Dewan Apresiasi Kinerja Dinas PUPR Barito Utara Terkait Perbaikan Jalan ke Desa Panaen
ekonomi kerakyatan

DPRD Barut

Legislator Barut Dorong Pemberdayaan Potensi Ekonomi Kerakyatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com