Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas Masih Berlangsung! Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUP HSU

Antisipasi Gangguan PON Papua, PLN Gelar Simulasi Listrik Padam

- Apahabar.com     Minggu, 12 September 2021 - 14:59 WITA

Antisipasi Gangguan PON Papua, PLN Gelar Simulasi Listrik Padam

PLN melaksanakan simulasi untuk antisipasi listrik padam saat pelaksanaan PON XX Papua pada 2-15 Oktober 2021. Foto-Antara/HO-PLN

apahabar.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) menggelar simulasi kelistrikan anti padam.

Hal itu sebagai bentuk antisipasi gangguan saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2-15 Oktober 2021.

Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, Syamsul Huda, mengatakan simulasi kelistrikan ini dilakukan untuk melihat kesiapan perseroan dalam menghadapi gangguan saat pelaksanaan PON, salah satunya di lokasi Mimika Sport Complex (MSC), Kabupaten Mimika.

“Jika sistem listrik dari PLN itu padam, backup-nya sudah bisa jalan, ada UPS dan Mobile Genset yang kita pasang, sehingga praktis tidak ada kedip saat terjadi gangguan pada sistem kelistrikan PLN,” kata Huda dalam keterangan, seperti dilansir Antara, Minggu (12/9).

Huda menjelaskan pelaksanaan simulasi dimulai dari keadaan normal dengan beban venue disuplai oleh jaringan listrik yang ada.

Kemudian petugas yang bersiaga pada Load Break Switch Three Ways memadamkan suplai listrik ke venue guna membuat seolah-olah terjadi gangguan pada sistem kelistrikan.

Kondisi ini menyebabkan suplai listrik instalasi venue secara otomatis diambil alih oleh baterai Uninterruptible Power Supply (UPS), sebelum akhirnya genset beroperasi secara otomatis mengalirkan listrik ke venue.

“Dengan cara ini listrik pada venue tidak mengalami kedip atau padam,” jelas Huda.

Sistem suplai backup dengan Mobile Genset dan UPS digunakan di sebagian besar venue PON XX Papua. Sistem ini digunakan untuk menjaga instalasi penting yang tidak boleh terjadi padam, seperti lampu penerangan dan videotron.

Sementara itu, dari kesiapan jumlah personel pengamanan kelistrikan PON XX Papua, PLN akan menyiapkan 1.574 petugas yang tersebar di empat klaster penyelenggara.

“Kami akan mengirimkan tambahan personel dari unit-unit di sekitar Papua, khususnya Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara agar semua mengirimkan petugas ke Papua untuk membantu pelaksanaan PON,” ujar Huda.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Wagub Hadi Sesumbar 82 Persen Kaltim Jadi Ibu Kota Negara
apahabar.com

Nasional

Rencana Blokir Ponsel BM Hari Ini, Apa Benar?
Pelat Nomor

Nasional

Yang Harus Diketahui dari Pelat Nomor Kendaraan Ubah Warna
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Segera Lakukan Tes Cepat dan Siapkan Jutaan Obat
apahabar.com

Nasional

Antisipasi Stok Pangan Akhir Tahun, Peneliti Ingin Pemerintah Buat Kebijakan Strategis
apahabar.com

Nasional

LIVE STREAMING: Presiden Jokowi Umumkan Ibu Kota Baru
apahabar.com

Nasional

Jumlah Pasien Sembuh di Indonesia Meningkat, Simak Rinciannya
apahabar.com

Nasional

Menpora Imam Nahrawi Katakan Akan Patuh Terhadap Masalah Hukum
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com