Asyik Belanja di Ramayana Banjarmasin, Pelaku Gendam ATM Dingkus Polisi Viral Perkelahian Massal di Siring Banjarmasin: 14 Remaja Diamankan, 1 Bocah SD Siap Siap! Distribusi Air Bersih Sejumlah Wilayah Banjarmasin Terganggu Siang ini Jembatan Alalak Hanya Riak, Habib Banua: Aspirasi Besar Kalsel Adalah Otonomi Khusus Berkuasa, Taliban Buru Harta Karun Paling Berharga Afganistan

Aturan Baru Ongkos Perdinas PNS, Tarif Hotel Maksimal Rp 4,4 Juta

- Apahabar.com     Jumat, 3 September 2021 - 08:03 WITA

Aturan Baru Ongkos Perdinas PNS, Tarif Hotel Maksimal Rp 4,4 Juta

Sejumlah pegawai sipil di instansi pemerintah Pemprov Kalsel dianjurkan tidak melakukan perjalanan dinas keluar daerah. Foto: RRI

apahabar.com, JAKARTA – Ada aturan baru mengenai batas tertinggi dan estimasi biaya perjalanan dinas (perdinas) ASN di seluruh kementerian atau lembaga pada tahun depan.

Biaya dimaksud mencakup aturan uang makan, uang harian, uang transportasi pulang pergi, hingga biaya penginapan. Biaya perjalanan dinas ditetapkan berdasarkan wilayah yang dituju dan golongannya.

Uang harian dinas dalam negeri ke Aceh, misalnya, jika ke luar kota maka besaran yang akan diberikan Rp360 ribu. Sedangkan jika di dalam kota dan lebih dari 8 jam maka besarannya Rp140 ribu.

“Satuan biaya uang harian perjalanan dinas dalam negeri merupakan penggantian biaya keperluan sehari-hari pejabat negara/Pegawai Aparatur Sipil Negara/Anggota Polri/TNI/pihak lain dalam menjalankan perintah perjalanan dinas di dalam negeri,” tutur Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati merilis dilansir Detik.com, dalam salinan putusannya, Jumat (3/9).

Bagaimana dengan kunjungan ke luar negeri?

Jika ke luar negeri, Amerika Serikat (AS) misalnya, maka uang hariannya sebesar US$ 659 untuk golongan A per hari, US$ 563 golongan B per hari, US$ 505 golongan C dan US$ 447 golongan D per hari.

Kemudian untuk biaya penginapan perjalanan dinas besarannya berbeda tergantung tingkat jabatan.

Jika pejabat eselon I ke Aceh misalnya, tarif hotel maksimal diberikan Rp 4.420.000/hari, eselon II Rp 3.526.000/hari, eselon III atau golongan IV Rp 1.294.000/hari, dan eselon IV atau golongan III, II, I Rp 556.000/hari.

“Dalam pelaksanaannya, mekanisme pertanggungjawaban disesuaikan dengan bukti pengeluaran yang sah,” imbuhnya.

Lalu, ada satuan biaya makan untuk penambah daya tahan tubuh, per hari masing-masing tujuan perjalanan dinas diberikan berbeda. Kalau ke Aceh besarannya Rp 19.000.

Untuk sewa kendaraan operasional pejabat, per bulan maksimal Rp 17.660.000. Sedangkan untuk sewa kendaraan operasional/kantor ke Aceh per bulan Rp 6.300.000 untuk mobil pikap, Rp 6.530.000 untuk minibus, dan Rp 15.320.000 untuk double gardan.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

31 Pekerja Jalan Trans Papua Dibantai dengan Sadis
apahabar.com

Nasional

KPU: 7.106 Pemilih Difabel Di Kalimantan Selatan
apahabar.com

Nasional

Heboh, Beredar Soal UN Matematika di Jejaringan Line
apahabar.com

Nasional

Menaker Minta Rekruitmen Pekerja Berbasis Kompetensi
Pelajar Bunuh Begal di Malang Divonis Hukuman Pembinaan

Nasional

Pelajar Bunuh Begal di Malang Divonis Hukuman Pembinaan
apahabar.com

Nasional

289 Anak di Papua Terpapar Covid-19
apahabar.com

Nasional

Alasan ULM Beri Gelar Warga Belanda Doktor Kehormatan
Bali

Nasional

Ramai-Ramai Dongkrak Pariwisata Bali, dari WFB hingga MICE
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com