OTT di Amuntai dan Sejarah Korupsi di Kalsel yang Sudah Ada Sejak Zaman Kesultanan Simpan Sabu di Dapur, Pemuda Kelumpang Tengah Kotabaru Ditangkap Catat Tanggalnya, BPJN Kalsel Tutup Jembatan Paringin Selama Perbaikan Jaringan Internet Telkom Down, Panitia Tes SKD CPNS HSS Tak Kehabisan Akal Ciaatt! Serunya Lomba Lawang Sakepeng Seni Bela Diri Dayak Ngaju di Kapuas

Bangganya, Menteri Sandiaga Sebut Kalsel Punya Wisata Religi Level Dunia

- Apahabar.com     Kamis, 2 September 2021 - 08:29 WITA

Bangganya, Menteri Sandiaga Sebut Kalsel Punya Wisata Religi Level Dunia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat bertandang ke Kalsel, Rabu (1/9). Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Warga Kalsel patut bangga. Pasalnya, di Kabupaten Banjar, dinilai punya wisata religi level di dunia.

Penilaian itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menperekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat bertandang ke Kalsel, Rabu (1/9).

Ia menyebutkan Kalsel memiliki destinasi wisata religi yang levelnya dunia. Wisata religi bertaraf dunia tersebut adalah momen haul ulama karismatik yakni Guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari di Martapura.

“Ini salah satu wisata religi terbesar di dunia, baik saat haul beliau mapun ziarah ke makamnya,” ujar Sandiaga seperti dilansir Antara.

Sandiaga datang disambut Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau lebih akrab disapa Paman Birin dan Ketua DPRD Kalsel H Supian HK, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, dan pejabat Pemprov Kalsel lainnya di Mahligai Pancasila, Banjarmasin.

Dia menyebut Kalsel tidak hanya memiliki kekayaan sumber daya alam, keindahan alam, tapi juga memiliki daya tarik wisata religi, di mana ini bisa jadi andalan yang mendunia.

“Ini akan kami kembangkan ke depan, karena kan wisatawan kita (Indonesia) suka sekali wisata religinya ke Kairo atau ke Istanbul, ini bisa diarahkan ke Kalsel ini,” ujarnya.

Jika wisata religi di Kalsel dikemas dengan baik, maka 11 miliar dolar AS yang biasa dihabiskan wisatawan negeri ini ke luar negeri, bisa diarahkan ke Kalsel ini. “Sehingga bisa menambah kesejahteraan masyarakat Kalsel,” ujarnya.

Kemenparekraf berharap Gubernur Kalsel bisa bekerja sama untuk membuat terobosan bagi kemajuan wisata nasional di Provinsi Kalsel ini.

Pada masa pandemi Covid-19, pihaknya mengajak untuk meningkatkan keterampilan dan kolaborasi guna membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dia mengatakan pandemi Covid-19 memengaruhi 34 juta pelaku yang bergerak di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. “Termasuk di Kalsel ini, dapat guncang dahsyat itu, semoga ini cepat berlalu, hingga pariwisata negeri kita kembali bangkit,” ujarnya.

Update Pembangunan Ibu Kota Negara Baru di Kaltim, Sabar! Butuh 15-20 Tahun

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Foto Guru Sekumpul dan Alquran Selamat dari Amukan Api
raffi ahmad

Nasional

Sebelum Disidang, Raffi Ahmad Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

Nasional

Jokowi Turunkan Harga Tes PCR, Ini Harga PCR di 10 Negara

Kalsel

Cuaca Kalsel Hari Ini: Waspada Hujan Disertai Petir
apahabar.com

Nasional

Ibu Kota Mulai Terkepung Asap, Kalsel Siaga Bencana
apahabar.com

Nasional

8 Tuntutan Demo Aliansi Gelombang Rakyat Kalsel di Banjarmasin
Banjir Susulan

Kalsel

Banjir Susulan di Banjar Berangsur Surut, Hujan Deras Diprediksi Sampai Pertengahan Maret
apahabar.com

Kalsel

Kasus Pria Bau Tanah yang Cabuli Anak Tetangga Memasuki Babak baru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com